Okedia O

31 Mei 2022 07:44

Iklan

Iklan

Okedia O

31 Mei 2022 07:44

Pertanyaan

SD Garuda Raya Jalan RA Kartini No. 45-47 Serang, Banten Serang, 8 Oktober 2015 Nomor : 023/SEKRUSDGR/X/2015 Perihal : Undangan menghadiri pentas seni Yth. Seluruh orang tua/wali siswa SD Garuda Raya di Tempat Dengan hormat (1) Sehubungan dengan perayaan ulang tahun ke-15 SD Garuda Raya, kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri pentas seni yang diselenggarakan pada (2) hari : Sabtu, 10 Oktober 2015 waktu : pukul 08.00 s.d. selesai tempat : Lapangan SD Garuda Raya ____. Atas perhatian Bapak/lbu, kami mengucapkan terima kasih. Hormat kami, Wakil Kepala SD Garuda Raya H. Sunarto, M. Hum. Kalimat efektif yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah ... A. Kami harap Bapak/Ibu dapat menghadiri acara pentas seni tersebut. B. Kami harap Bapak/lbu dapat hadir secepatnya dan tepat waktu. C. Kami sangat menginginkan kedatangan Saudara dalam acara tersebut. D. Kami sangat menginginkan Anda dapat mengisi acara pentas seni itu.


7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

H. PRATIWI

01 Juni 2022 04:59

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat adalah A. Simak pembahasan berikut. Kalimat efektif merupakan kalimat yang dapat menyampaikan pesan, ide, gagasan, atau informasi secara jelas dan tepat sehingga pembaca/pendengar dapat memahami maksud penulis/pembicara. Syarat kalimat efektif sebagai berikut. 1. Kalimat efektif harus memiliki kesepadanan struktur. 2. Memiliki subjek dan predikat yang jelas. 3. Tidak meletakkan kata 'yang' sebelum predikat. 4. Memiliki bentuk yang paralel. 5. Kalimat efektif tidak mengandung pengulangan subjek. 6. Kalimat efektif harus memperhatikan pemilihan kata-kata agar tidak menimbulkan makna ganda. 7. Bahasa yang digunakan pada kalimat efektif harus logis agar ide atau gagasan pada kalimat dapat diterima oleh pembaca/pendengar. Surat undangan dari sekolah termasuk dalam surat resmi, sehingga penulisannya harus menggunakan kalimat efektif. Penutup yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah "Kami harap Bapak/Ibu dapat menghadiri acara pentas seni tersebut". Kalimat tersebut efektif karena strukturnya lengkap, bahasanya resmi, dan sapaan 'Bapak/Ibu' menggunakan huruf kapital sesuai dengan kaidah. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam teks eksplanasi, pernyataan umum, isi, dan penutup harus berkaitan dan saling ... . a. memahami b. mendorong c. menggambarkan d. menjelaskan

72

3.0

Jawaban terverifikasi