Kristen K

22 Februari 2024 17:22

Iklan

Iklan

Kristen K

22 Februari 2024 17:22

Pertanyaan

Salah satu tujuan dari kebijakan moneter adalah untuk? A. Menjaga stabilitas ekonomi sehingga kinerja perekonomian berjalan pada rel yang ditentukan dengan bertujuan mensejahterakan rakyat B. Mengurangi jumlah uang beredar sehingga harga-harga dapat dikendalikan untuk memperbaiki kinerja perekonomian C. Menambah jumlah uang beredar dengan tujuan meningkatkan investasi dan dapat meningkatkan PDB D. Mengawasi penggunaan valuta uang asing dengan tujuan agar harga-harga tetap terkendali terutama menjaga cabang devisa E. Menaikkan tingkat suku bunga perbankan sehingga orang tertarik menabung dan pada gilirannya dapat menekan laju inflasi


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

23 Februari 2024 03:46

Jawaban terverifikasi

<p><br>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Jawaban yang tepat adalah <strong>A. Menjaga stabilitas ekonomi sehingga kinerja perekonomian berjalan pada rel yang ditentukan dengan bertujuan mensejahterakan rakyat.</strong></p><p>Kebijakan moneter adalah kebijakan yang diambil oleh Bank Sentral (di Indonesia, Bank Indonesia) untuk mengatur jumlah uang beredar dan suku bunga dengan tujuan untuk mencapai stabilitas ekonomi. Stabilitas ekonomi ini diukur dengan beberapa indikator, seperti:</p><ul><li><strong>Tingkat inflasi:</strong> Inflasi yang terkendali (rendah dan stabil) akan menjaga daya beli masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi.</li><li><strong>Suku bunga:</strong> Suku bunga yang stabil akan mendorong investasi dan konsumsi, yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.</li><li><strong>Nilai tukar rupiah:</strong> Nilai tukar rupiah yang stabil akan menjaga daya saing ekspor Indonesia dan mendorong investasi asing.</li></ul><p>Dengan menjaga stabilitas ekonomi, kebijakan moneter diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.</p><p>Berikut penjelasan pilihan lainnya:</p><ul><li><strong>B. Mengurangi jumlah uang beredar sehingga harga-harga dapat dikendalikan untuk memperbaiki kinerja perekonomian:</strong></li></ul><p>Kebijakan moneter memang dapat digunakan untuk mengurangi jumlah uang beredar, namun tujuannya bukan untuk memperbaiki kinerja perekonomian secara keseluruhan. Tujuan utama kebijakan moneter adalah untuk menjaga stabilitas ekonomi, yang pada akhirnya akan mendorong kinerja perekonomian.</p><ul><li><strong>C. Menambah jumlah uang beredar dengan tujuan meningkatkan investasi dan dapat meningkatkan PDB:</strong></li></ul><p>Kebijakan moneter juga dapat digunakan untuk menambah jumlah uang beredar, namun hal ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menyebabkan inflasi.</p><ul><li><strong>D. Mengawasi penggunaan valuta uang asing dengan tujuan agar harga-harga tetap terkendali terutama menjaga cabang devisa:</strong></li></ul><p>Kebijakan ini bukan termasuk dalam kebijakan moneter, melainkan kebijakan fiskal.</p><ul><li><strong>E. Menaikkan tingkat suku bunga perbankan sehingga orang tertarik menabung dan pada gilirannya dapat menekan laju inflasi:</strong></li></ul><p>Menaikkan suku bunga memang dapat menekan laju inflasi, namun hal ini dapat berakibat pada menurunnya investasi dan konsumsi.</p><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Kebijakan moneter bertujuan untuk menjaga stabilitas ekonomi, yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.</p>


 

 

Jawaban yang tepat adalah A. Menjaga stabilitas ekonomi sehingga kinerja perekonomian berjalan pada rel yang ditentukan dengan bertujuan mensejahterakan rakyat.

Kebijakan moneter adalah kebijakan yang diambil oleh Bank Sentral (di Indonesia, Bank Indonesia) untuk mengatur jumlah uang beredar dan suku bunga dengan tujuan untuk mencapai stabilitas ekonomi. Stabilitas ekonomi ini diukur dengan beberapa indikator, seperti:

  • Tingkat inflasi: Inflasi yang terkendali (rendah dan stabil) akan menjaga daya beli masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
  • Suku bunga: Suku bunga yang stabil akan mendorong investasi dan konsumsi, yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
  • Nilai tukar rupiah: Nilai tukar rupiah yang stabil akan menjaga daya saing ekspor Indonesia dan mendorong investasi asing.

Dengan menjaga stabilitas ekonomi, kebijakan moneter diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Berikut penjelasan pilihan lainnya:

  • B. Mengurangi jumlah uang beredar sehingga harga-harga dapat dikendalikan untuk memperbaiki kinerja perekonomian:

Kebijakan moneter memang dapat digunakan untuk mengurangi jumlah uang beredar, namun tujuannya bukan untuk memperbaiki kinerja perekonomian secara keseluruhan. Tujuan utama kebijakan moneter adalah untuk menjaga stabilitas ekonomi, yang pada akhirnya akan mendorong kinerja perekonomian.

  • C. Menambah jumlah uang beredar dengan tujuan meningkatkan investasi dan dapat meningkatkan PDB:

Kebijakan moneter juga dapat digunakan untuk menambah jumlah uang beredar, namun hal ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menyebabkan inflasi.

  • D. Mengawasi penggunaan valuta uang asing dengan tujuan agar harga-harga tetap terkendali terutama menjaga cabang devisa:

Kebijakan ini bukan termasuk dalam kebijakan moneter, melainkan kebijakan fiskal.

  • E. Menaikkan tingkat suku bunga perbankan sehingga orang tertarik menabung dan pada gilirannya dapat menekan laju inflasi:

Menaikkan suku bunga memang dapat menekan laju inflasi, namun hal ini dapat berakibat pada menurunnya investasi dan konsumsi.

Kesimpulan:

Kebijakan moneter bertujuan untuk menjaga stabilitas ekonomi, yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kebijakan moneter adalah kebijakan Bank Indonesia untuk mengendalikan jumlah uang beredar dan Tingkat suku bunga sebagai instrument dalam mengendalikan harga. Ada 3 instrumen kebijakan moneter antara lain... A. Operasi pasar terbuka, politik diskonto dan meningkatkan pengeluaran pemerintah B. Operasi pasar terbuka, peningkatan cadangan cash ratio dan meningkatkan pengeluaran pemerintah C. Peningkatan cadangan kash ratio, politik diskonto dan meningkatkan pengeluaran pemerintah. D. Operasi pasar terbuka, politik diskonto dan Peningkatan cadangan kash ratio E. Penerimaan tenaga kerja, politik diskonto dan meningkatkan pengeluaran pemerintah Mohon bantuannya, terima kasih 😊🙏

3

5.0

Jawaban terverifikasi