Luqman R

17 Oktober 2023 10:11

Iklan

Iklan

Luqman R

17 Oktober 2023 10:11

Pertanyaan

Salah satu bentuk perubahan sosial budaya adalah revolusi. Contoh revolusi dalam kehidupan masyarakat adalah A. Penemuan varietas baru dalam bidang pertanian B. Perubahan mode pakaian di kalangan remaja saat ini C. Perkembangan peralatan yang digunakan masyarakat D. Perubahan sistem pemerintahan Indonesia pada 1998

Salah satu bentuk perubahan sosial budaya adalah revolusi. Contoh revolusi dalam kehidupan masyarakat adalah 
A. Penemuan varietas baru dalam bidang pertanian 
B. Perubahan mode pakaian di kalangan remaja saat ini 
C. Perkembangan peralatan yang digunakan masyarakat 
D. Perubahan sistem pemerintahan Indonesia pada 1998


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

17 Oktober 2023 10:26

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;jawabannya C.Perkembangan peralatan yang digunakan masyarakat&nbsp;</p><p>Salah satu contoh revolusi dalam kehidupan masyarakat adalah <strong>Revolusi Industri</strong> yang terjadi di Inggris pada abad ke-18. Revolusi ini ditandai dengan perubahan besar-besaran dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.</p><p>Dalam bidang ekonomi, Revolusi Industri ditandai dengan perkembangan mesin dan pabrik. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan dari ekonomi agraris ke ekonomi industri. Perubahan ini berdampak pada perubahan sosial, yaitu terjadinya urbanisasi, perubahan sistem kelas, dan munculnya kelas pekerja.</p><p>Dalam bidang budaya, Revolusi Industri ditandai dengan perubahan dalam gaya hidup, nilai-nilai, dan kepercayaan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.</p><p>Berikut adalah beberapa contoh revolusi dalam kehidupan masyarakat lainnya:</p><ul><li><strong>Revolusi Prancis</strong> (1789-1799)</li><li><strong>Revolusi Rusia</strong> (1917)</li><li><strong>Revolusi Cina</strong> (1949)</li><li><strong>Revolusi Iran</strong> (1979)</li><li><strong>Revolusi Indonesia</strong> (1945-1949)</li></ul><p>Revolusi-revolusi tersebut merupakan contoh perubahan sosial yang terjadi secara cepat dan radikal. Perubahan ini menyebabkan terjadinya perubahan besar-besaran dalam kehidupan masyarakat.</p>

 jawabannya C.Perkembangan peralatan yang digunakan masyarakat 

Salah satu contoh revolusi dalam kehidupan masyarakat adalah Revolusi Industri yang terjadi di Inggris pada abad ke-18. Revolusi ini ditandai dengan perubahan besar-besaran dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

Dalam bidang ekonomi, Revolusi Industri ditandai dengan perkembangan mesin dan pabrik. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan dari ekonomi agraris ke ekonomi industri. Perubahan ini berdampak pada perubahan sosial, yaitu terjadinya urbanisasi, perubahan sistem kelas, dan munculnya kelas pekerja.

Dalam bidang budaya, Revolusi Industri ditandai dengan perubahan dalam gaya hidup, nilai-nilai, dan kepercayaan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berikut adalah beberapa contoh revolusi dalam kehidupan masyarakat lainnya:

  • Revolusi Prancis (1789-1799)
  • Revolusi Rusia (1917)
  • Revolusi Cina (1949)
  • Revolusi Iran (1979)
  • Revolusi Indonesia (1945-1949)

Revolusi-revolusi tersebut merupakan contoh perubahan sosial yang terjadi secara cepat dan radikal. Perubahan ini menyebabkan terjadinya perubahan besar-besaran dalam kehidupan masyarakat.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

19 Oktober 2023 07:20

<p>D. Perubahan sistem pemerintahan Indonesia pada 1998</p><p>Revolusi adalah perubahan sosial budaya yang mendasar dan luas dalam masyarakat. Perubahan sistem pemerintahan Indonesia pada tahun 1998 merupakan contoh nyata revolusi dalam konteks perubahan sosial dan politik yang signifikan. Perubahan ini mencakup pergantian rezim politik dan dampak yang luas terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk tatanan politik, hak asasi manusia, kebebasan pers, dan banyak hal lainnya. Perubahan ini adalah contoh revolusi politik yang memengaruhi tatanan sosial budaya di Indonesia.</p><p>Pilihan A, B, dan C mungkin mencakup perubahan sosial atau budaya, tetapi tidak sejauh perubahan sistem pemerintahan pada tahun 1998 yang merupakan revolusi politik yang signifikan.</p>

D. Perubahan sistem pemerintahan Indonesia pada 1998

Revolusi adalah perubahan sosial budaya yang mendasar dan luas dalam masyarakat. Perubahan sistem pemerintahan Indonesia pada tahun 1998 merupakan contoh nyata revolusi dalam konteks perubahan sosial dan politik yang signifikan. Perubahan ini mencakup pergantian rezim politik dan dampak yang luas terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk tatanan politik, hak asasi manusia, kebebasan pers, dan banyak hal lainnya. Perubahan ini adalah contoh revolusi politik yang memengaruhi tatanan sosial budaya di Indonesia.

Pilihan A, B, dan C mungkin mencakup perubahan sosial atau budaya, tetapi tidak sejauh perubahan sistem pemerintahan pada tahun 1998 yang merupakan revolusi politik yang signifikan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jenis tanah humus adalah jenis tanah organosol. tanah ini cocok untuk budidaya tanaman padi, nanas dan kelapa. hal ini disebabkan tingginya kandungan a. silikat b. hara c. mineral d. air

140

5.0

Jawaban terverifikasi