Daniel B

17 November 2022 05:18

Iklan

Daniel B

17 November 2022 05:18

Pertanyaan

saat ini banyak terjadi penyalahgunaan narkotikaa dan obat-obatan terlarang (narkobaa) dikalangan generasi muda merupakan salah satu dampak negatif yang di timbulkan dari perkembangan ipteks. penyalahgunaan narkobaa merupakan pola hidup hedonis atau glamor yang merupakan gaya hidup yang melanda kaum muda saat ini. penyalah gunaan narkobaa dan hedonis merupakan salah satu ancaman terhadap negara yang harus dihilangkan karena mengancam kelangsungan hidup bangsa. penyalahgunaan narkobaa dan pola hidup hedonis merupakan salah satu ancaman terhadap negara terutama dibidang….

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

16

:

48

:

52

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

K. KSheilaTA

14 Desember 2022 10:35

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban: sosial budaya.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pembahasan:</strong></p><p>Melihat bidang sosial budaya artinya melihat dari konsep budaya dan sosial dimana kedua konsep tersebut saling terkait satu sama lain.&nbsp;</p><p><strong>Budaya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),</strong> merupakan pikiran; akal budi; adat istiadat; sesuatu mengenai kebudayaan yang berkembang (beradab, meaju); sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dan sukar diubah.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Sosial dalam KBBI</strong> mengandung pengertian sebagai berkenaan dengan masyarakat; suka memperhatikan kepentingan umum (suka menolong, menderma, dan sebagainya).</p><p>Keadaan sosial budaya suatu negara merupakan keadaan yang dinamis terutama pada era globalisasi, dimana kebudayaan asing dapat masuk menembus ruang dan waktu tanpa batas yang menyebabkan kebudayaan saling bercampur mempengaruhi budaya lain atau bahkan berganti. Hal ini dapat menjadi ancaman bagi suatu bangsa.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Bentuk-bentuk ancaman di bidang sosial budaya adalah sebagai berikut:</strong></p><ul><li>Munculnya gaya hidup konsumtif dan selalu mengkonsumsi barang-barang dari luar negeri.</li><li>Munculnya sifat hedonisme, yaitu kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi.</li><li>Adanya sikap individualisme, yaitu sikap selalu mementingkan diri sendiri serta memandang orang lain itu tidak ada dan tidak bermakna.</li><li>Munculnya gejala westernisasi, yaitu gaya hidup yang selalu berorientasi kepada budaya barat tanpa diseleksi terlebih dahulu.</li><li>Semakin memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial.</li><li>Semakin lunturnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat.</li><li>Gaya hidup konsumtif yang merupakan perilaku membeli banyak barang yang diinginkan, padahal sebenarnya tidak dibutuhkan, melainkan hanya demi memuaskan hasrat akan pengakuan orang-orang sekitar.</li><li>Bentuk-bentuk kenakalan remaja yang dipengaruhi oleh pola hidup seperti narkoba dan seks bebas.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Dengan demikian, penyalahgunaan narkoba dan pola hidup hedonis merupakan salah satu ancaman terhadap negara terutama di bidang sosial budaya.</u></strong></p>

Jawaban: sosial budaya.

 

Pembahasan:

Melihat bidang sosial budaya artinya melihat dari konsep budaya dan sosial dimana kedua konsep tersebut saling terkait satu sama lain. 

Budaya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merupakan pikiran; akal budi; adat istiadat; sesuatu mengenai kebudayaan yang berkembang (beradab, meaju); sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dan sukar diubah. 

 

Sosial dalam KBBI mengandung pengertian sebagai berkenaan dengan masyarakat; suka memperhatikan kepentingan umum (suka menolong, menderma, dan sebagainya).

Keadaan sosial budaya suatu negara merupakan keadaan yang dinamis terutama pada era globalisasi, dimana kebudayaan asing dapat masuk menembus ruang dan waktu tanpa batas yang menyebabkan kebudayaan saling bercampur mempengaruhi budaya lain atau bahkan berganti. Hal ini dapat menjadi ancaman bagi suatu bangsa. 

 

Bentuk-bentuk ancaman di bidang sosial budaya adalah sebagai berikut:

  • Munculnya gaya hidup konsumtif dan selalu mengkonsumsi barang-barang dari luar negeri.
  • Munculnya sifat hedonisme, yaitu kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi.
  • Adanya sikap individualisme, yaitu sikap selalu mementingkan diri sendiri serta memandang orang lain itu tidak ada dan tidak bermakna.
  • Munculnya gejala westernisasi, yaitu gaya hidup yang selalu berorientasi kepada budaya barat tanpa diseleksi terlebih dahulu.
  • Semakin memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial.
  • Semakin lunturnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Gaya hidup konsumtif yang merupakan perilaku membeli banyak barang yang diinginkan, padahal sebenarnya tidak dibutuhkan, melainkan hanya demi memuaskan hasrat akan pengakuan orang-orang sekitar.
  • Bentuk-bentuk kenakalan remaja yang dipengaruhi oleh pola hidup seperti narkoba dan seks bebas.

 

Dengan demikian, penyalahgunaan narkoba dan pola hidup hedonis merupakan salah satu ancaman terhadap negara terutama di bidang sosial budaya.


Iklan

27 M

27 September 2023 04:15

Ancaman militer pada dasarnya ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan ter organisasi yang di nilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa salah satu contoh ancaman militer bagi bangsa indonesia adalah....


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan