Cepra A

13 Januari 2023 16:22

Iklan

Iklan

Cepra A

13 Januari 2023 16:22

Pertanyaan

Reaksi yang melibatkan karbon dioksida dan air dengan bantuan cahaya matahari yang ditangkap oleh klorofil sehingga dihasilkan oksigen dan glukosa terjadi di dalam organel.... a. ribosom b. plastida c. vakuola d. badan golgi e. mitokondria


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

22 September 2023 04:28

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah b. plastida.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>&nbsp;</p><p>Reaksi yang melibatkan karbon dioksida dan air dengan bantuan cahaya matahari yang ditangkap oleh klorofil sehingga dihasilkan oksigen dan glukosa adalah fotosintesis. Reaksi tersebut terjadi pada organel yang bernama plastida.</p><p>&nbsp;</p><p>Plastida adalah organel dobel membran yang ditemukan pada tumbuhan dan sejumlah spesies alga, yang utamanya berperan dalam aktivitas yang berkaitan dengan pembuatan dan penyimpanan makanan.</p><p>&nbsp;</p><p>Plastida memiliki fungsi yang bermacam-macam, tergantung dari tipenya. Plastida dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu leukoplas, kloroplas, dan kromoplas.</p><p>&nbsp;</p><p>Leukoplas merupakan tipe plastida yang tidak memiliki pigmen.&nbsp; Leukoplas banyak ditemukan di bagian non-fotosintesis tumbuhan&nbsp;dan&nbsp;banyak digunakan untuk menyimpan hasil metabolisme. Berikut ini beberapa jenis dari leukoplas:</p><ul><li>Amiloplas: sebagai tempat pembentukan dan penyimpanan amilum</li><li>Elaioplas: sebagai tempat pembentukan dan penyimpanan lemak</li><li>Proteinoplas: sebagai tempat penyimpanan protein&nbsp;<br>&nbsp;</li></ul><p>Kloroplas merupakan tipe plastida yang mengandung pigmen klorofil, sehingga bewarna hijau. Fungsi dari kloroplas adalah sebagai tempat fotosintesis. Kloroplas banyak ditemukan pada daun atau bagian lain yang berperan dalam proses fotosintesis.</p><p>&nbsp;</p><p>Kromoplas merupakan tipe plastida yang mengandung pigmen selain klorofil, sehingga memiliki warna selain hijau. Fungsi kromoplas adalah sebagai tempat pembentukan dan penyimpanan pigmen. Contoh dari pigmen pada kromoplas adalah karoten (warna kuning) dan antosianin (warna merah). Kromoplas dapat ditemukan pada bunga, buah, dan daun yang menua.</p><h2>&nbsp;</h2><p>Jadi, reaksi yang melibatkan karbon dioksida dan air dengan bantuan cahaya matahari yang ditangkap oleh klorofil sehingga dihasilkan oksigen dan glukosa terjadi di dalam organel plastida.</p>

Jawaban yang benar adalah b. plastida.

 

Pembahasan:

 

Reaksi yang melibatkan karbon dioksida dan air dengan bantuan cahaya matahari yang ditangkap oleh klorofil sehingga dihasilkan oksigen dan glukosa adalah fotosintesis. Reaksi tersebut terjadi pada organel yang bernama plastida.

 

Plastida adalah organel dobel membran yang ditemukan pada tumbuhan dan sejumlah spesies alga, yang utamanya berperan dalam aktivitas yang berkaitan dengan pembuatan dan penyimpanan makanan.

 

Plastida memiliki fungsi yang bermacam-macam, tergantung dari tipenya. Plastida dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu leukoplas, kloroplas, dan kromoplas.

 

Leukoplas merupakan tipe plastida yang tidak memiliki pigmen.  Leukoplas banyak ditemukan di bagian non-fotosintesis tumbuhan dan banyak digunakan untuk menyimpan hasil metabolisme. Berikut ini beberapa jenis dari leukoplas:

  • Amiloplas: sebagai tempat pembentukan dan penyimpanan amilum
  • Elaioplas: sebagai tempat pembentukan dan penyimpanan lemak
  • Proteinoplas: sebagai tempat penyimpanan protein 
     

Kloroplas merupakan tipe plastida yang mengandung pigmen klorofil, sehingga bewarna hijau. Fungsi dari kloroplas adalah sebagai tempat fotosintesis. Kloroplas banyak ditemukan pada daun atau bagian lain yang berperan dalam proses fotosintesis.

 

Kromoplas merupakan tipe plastida yang mengandung pigmen selain klorofil, sehingga memiliki warna selain hijau. Fungsi kromoplas adalah sebagai tempat pembentukan dan penyimpanan pigmen. Contoh dari pigmen pada kromoplas adalah karoten (warna kuning) dan antosianin (warna merah). Kromoplas dapat ditemukan pada bunga, buah, dan daun yang menua.

 

Jadi, reaksi yang melibatkan karbon dioksida dan air dengan bantuan cahaya matahari yang ditangkap oleh klorofil sehingga dihasilkan oksigen dan glukosa terjadi di dalam organel plastida.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

547

0.0

Jawaban terverifikasi