Nabil A

31 Mei 2022 06:17

Iklan

Iklan

Nabil A

31 Mei 2022 06:17

Pertanyaan

Rantai Makanan Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antarmakhluk hidup. Padi dimakan oleh tikus, kemudian tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh burung elang. Setelah beberapa waktu, burung elang mati. Bangkainya membusuk diuraikan oleh makhluk hidup pengurai dan bercampur dengan tanah membentuk humus. Humus sangat dibutuhkan tumbuhan, terutama rumput. Begitulah seterusnya sehingga proses ini berjalan dari waktu ke waktu. Di lautan, yang menjadi produsen adalah fitoplankton. Fitoplankton ialah sekumpulan tumbuhan hijau yang sangat kecil ukurannya dan melayang-layang dalam air. Konsumen I adalah zooplankton (hewan pemakan fitoplankton), konsumen II adalah ikan-ikan kecil, konsumen III adalah ikan-ikan sedang, dan konsumen IV adalah ikan-ikan besar. Urutan peristiwa memakan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dan lancar jika seluruh komponen tersebut ada. Jika salah satu komponen tidak ada, akan terjadi ketimpangan dalam urutan memakan dan dimakan tersebut. Agar rantai makanan dapat terus berjalan, jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen kesatu, konsumen kesatu lebih banyak daripada konsumen kedua, dan seterusnya. Ada satu lagi komponen yang berperan besar dalam rantai makanan, yaitu pengurai. Pengurai adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati. Hasil kerja pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur. Sumber: BSE kelas 4 Budi Wahyono. 2010 Berdasarkan bacaan di atas, tentukan pokok pikiran yang terdapat di setiap paragraf. Paragraf 4:


5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Septiyaningrum

01 Juni 2022 00:36

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah salah satu komponen yang berperan besar dalam rantai makanan yaitu pengurai. Pembahasan: Pikiran utama atau gagasan pokok adalah inti dari suatu pembahasan yang terdapat dalam paragraf. Pikiran utama atau gagasan pokok terdiri dari kalimat utama dan kalimat pendukung. Kalimat utama yaitu kalimat yang memuat pikiran utama atau gagasan pokok paragraf. Kalimat pendukung yaitu kalimat yang menjelaskan, merinci, menguraikan kalimat utama. Pikiran utama paragraf 4 bacaan diatas adalah salah satu komponen yang berperan besar dalam rantai makanan yaitu pengurai. Karena kalimat ke 2 dan selanjutnya adalah kalimat pendukung yang menjelaskan kalimat pertama. Jadi, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah salah satu komponen yang berperan besar dalam rantai makanan yaitu pengurai.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia. Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah

144

5.0

Jawaban terverifikasi