Angelina W

13 Maret 2024 13:48

Iklan

Iklan

Angelina W

13 Maret 2024 13:48

Pertanyaan

Putuskan pernyataan berikut ini benar atau salah. Diketahui dalam suatu sel terdapat 6 buah molekul G3P yang siap memasuki tahapan glikolisis respirasi seluler. A. (B/S) Jumlah enzim heksokinase yang dibutuhkan adalah 6 buah. B. (B/S) Jumlah ATP total yang dihasilkan dalam glikolisis adalah 6 molekul. C. (B/S) Jumlah piruvat yang dapat dimasukkan melintasi membrane luar mitokondria tidak lebih dari 6 molekul saja. D. (B/S) Jumlah karbon yang terlibat dalam reaksi adalah 18 karbon. E. (B/S) Jumlah enzim triosa fosfat dehydrogenase dan enzim enolase yang digunakan dalam keseluruhan reaksi adalah sama.


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Maret 2024 00:46

Jawaban terverifikasi

<p>A. Benar/Salah - Salah. Heksokinase hanya diperlukan satu molekul untuk mengfosforilasi glukosa menjadi glukosa-6-fosfat pada awal glikolisis. Oleh karena itu, hanya diperlukan satu molekul heksokinase untuk memproses 6 molekul G3P.</p><p>B. Benar/Salah - Salah. Dalam glikolisis, dua molekul ATP dibutuhkan pada tahap awal untuk mengaktifkan glukosa dan kemudian empat molekul ATP dihasilkan. Oleh karena itu, total ATP yang dihasilkan dalam glikolisis adalah 4 molekul, bukan 6 molekul.</p><p>C. Benar/Salah - Benar. Setiap molekul G3P akan diubah menjadi dua molekul piruvat. Jadi, jika ada 6 molekul G3P, maka akan dihasilkan 12 molekul piruvat. Namun, perlu dicatat bahwa jumlah piruvat yang dapat dimasukkan melintasi membran luar mitokondria bisa lebih besar dari 6 molekul, karena piruvat yang dihasilkan dalam glikolisis tidak langsung masuk ke dalam mitokondria tetapi terlebih dahulu diubah menjadi asetil-CoA.</p><p>D. Benar/Salah - Benar. Setiap molekul G3P memiliki 3 atom karbon. Jika ada 6 molekul G3P, maka total atom karbon yang terlibat adalah 6 x 3 = 18 karbon.</p><p>E. Benar/Salah - Salah. Enzim triosa fosfat dehydrogenase dan enolase digunakan dalam tahap-tahap yang berbeda dalam glikolisis, dan keduanya memiliki peran yang berbeda pula. Jumlah enzim yang dibutuhkan mungkin berbeda karena perbedaan dalam kecepatan reaksi dan ketersediaan substrat. Oleh karena itu, tidak benar bahwa jumlah enzim triosa fosfat dehydrogenase dan enolase yang digunakan dalam keseluruhan reaksi adalah sama.</p><p>Jadi, jawaban yang benar adalah: A. Salah B. Salah C. Benar D. Benar E. Salah</p>

A. Benar/Salah - Salah. Heksokinase hanya diperlukan satu molekul untuk mengfosforilasi glukosa menjadi glukosa-6-fosfat pada awal glikolisis. Oleh karena itu, hanya diperlukan satu molekul heksokinase untuk memproses 6 molekul G3P.

B. Benar/Salah - Salah. Dalam glikolisis, dua molekul ATP dibutuhkan pada tahap awal untuk mengaktifkan glukosa dan kemudian empat molekul ATP dihasilkan. Oleh karena itu, total ATP yang dihasilkan dalam glikolisis adalah 4 molekul, bukan 6 molekul.

C. Benar/Salah - Benar. Setiap molekul G3P akan diubah menjadi dua molekul piruvat. Jadi, jika ada 6 molekul G3P, maka akan dihasilkan 12 molekul piruvat. Namun, perlu dicatat bahwa jumlah piruvat yang dapat dimasukkan melintasi membran luar mitokondria bisa lebih besar dari 6 molekul, karena piruvat yang dihasilkan dalam glikolisis tidak langsung masuk ke dalam mitokondria tetapi terlebih dahulu diubah menjadi asetil-CoA.

D. Benar/Salah - Benar. Setiap molekul G3P memiliki 3 atom karbon. Jika ada 6 molekul G3P, maka total atom karbon yang terlibat adalah 6 x 3 = 18 karbon.

E. Benar/Salah - Salah. Enzim triosa fosfat dehydrogenase dan enolase digunakan dalam tahap-tahap yang berbeda dalam glikolisis, dan keduanya memiliki peran yang berbeda pula. Jumlah enzim yang dibutuhkan mungkin berbeda karena perbedaan dalam kecepatan reaksi dan ketersediaan substrat. Oleh karena itu, tidak benar bahwa jumlah enzim triosa fosfat dehydrogenase dan enolase yang digunakan dalam keseluruhan reaksi adalah sama.

Jadi, jawaban yang benar adalah: A. Salah B. Salah C. Benar D. Benar E. Salah


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Protein non-histon terdiri atas enzim yang berperan dalam replikasi dan perbaikan DNA SEBAB Kromatin adalah materi kromosom yang terdiri dari molekul DNA untai ganda, protein histon, protein nonhiston dan sejumlah kecil RNA. A. Pernyataan 1 dan 2 benar, saling berhubungan B. Pernyataan 1 dan 2 benar, tidak ada hubungan c. Pernyataan 1 benar dan pernyataan 2 salah d. Pernyataan 1 salah dan pernyataan 2 benar e. Pernyataan 1 dan 2 salah

5

0.0

Jawaban terverifikasi