Ahn H

12 Agustus 2022 09:19

Iklan

Iklan

Ahn H

12 Agustus 2022 09:19

Pertanyaan

Pusi Si Detektif Malam itu, kami baru pulang dari berlibur. Suasana hujan rintik menambah kantuk kami. Setelah ayah memarkir mobil dan mengunci pagar dan pintu, kami segera membersihkan diri dan langsung tidur. Aku terbangun mendengar suara pintu seperti digedor-gedor. Aku melihat ke arah jam dinding yang menunjukkan pukul 3 lewat 30 menit. Berarti sudah hampir pagi. Aku berpikir, siapa gerangan yang menggedor pintu rumah. Akhirnya, aku putuskan untuk menengok melalui jendela. Jantungku berdegup kencang, manakala ada dua sosok yang samar-samar aku lihat sedang mencari sesuatu di ruang tamu depan. Aku tidak bisa melihat dengan jelas wajah mereka, karena lampu rumah yang temaram. Mereka mengenakan tutup kepala. Aku bingung, bagaimana cara membangunkan ayah yang berbeda kamar denganku. Akhirnya, aku punya ide. Pusi, kucingku yang tidur di kamarku, aku bangunkan. Pelan-pelan, aku suruh Pusi keluar melalui lubang jendela. Tidak lama kemudian, Pusi mengeong dengan keras. Kegaduhan Pusi membuat dua orang asing itu panik. Mereka berusaha mengusir Pusi, namun Pusi tidak kalah sigap. la berlari ke sana ke mari sambil mengeong dengan keras. Kedua orang itu pun berlari ke luar rumah terbirit-birit. Segera aku membuka pintu, menyalakan lampu dan membangunkan ayah dan seluruh keluarga. Kami menyaksikan ruang tamu sudah diacak-acak oleh pencuri. Pusi masih tetap mengeong sambil kedua kaki depannya mencengkeram kain berwarna hitam. Ya, kain itu adalah kain penutup kepala pencuri. Di kain itu tertulis nama toko dan nomor teleponnya. Esok harinya, kami laporkan kepada polisi. Polisi mendatangi toko penjual kain dan menanyakan siapa saja yang datang terakhir membeli kain. Lewat CCTV yang terpasang di toko, wajah pembeli dapat dikenali. Akhirnya, kedua pencuri itu dapat ditangkap polisi. Pusi hebat, kucingku membantu menemukan pencuri. Pusi adalah detektif di rumahku. Sumber: Dokumen penerbit 4. Bagaimana watak tokoh Pusi pada cerita di atas?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

26 September 2022 15:19

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah watak tokoh Pusi pada cerita di atas adalah cerdas dan penurut. Berdasarkan pemaparan cerita di atas, dapat dipahami bahwa tokoh Pusi adalah seekor kucing yang cerdas dan penurut. Pernyataan tersebut dapat dilihat pada kalimat ke-16, 17, dan 19. Sehingga kesimpulannya, Jawaban yang benar adalah watak tokoh Pusi pada cerita di atas adalah cerdas dan penurut.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam teks eksplanasi, pernyataan umum, isi, dan penutup harus berkaitan dan saling ... . a. memahami b. mendorong c. menggambarkan d. menjelaskan

78

1.0

Jawaban terverifikasi