Alya Z

19 Maret 2020 12:16

Pertanyaan

proses mekanisme pernafasan


19

4

Jawaban terverifikasi

N. Oki

Mahasiswa/Alumni UPN Veteran Jakarta

20 Januari 2022 05:13

Jawaban terverifikasi

Halo Alya, Kakak bantu jawab ya n_n Mekanisme pernapasan terjadi melalui dua proses, yaitu proses inspirasi atau menghirup napas dan ekspirasi atau menghembuskan napas. Selain itu, pernapasan juga terbagi menjadi dua, yaitu pernapasan dada yang dibantu oleh otot antar tulang rusuk, dan pernapasan perut yang dibantu oleh otot diafragma. 1.Proses mekanisme pernapasan dada Ketika menghirup napas, otot antar tulang rusuk kita akan berkontraksi, kemudian rongga dada akan mengembang dan terisi udara. Lalu ketika menghembuskan napas, otot antar tulang rusuk berelaksasi, sehingga volume rongga dada mengecil dan udara terdorong keluar. 2.Proses mekanisme pernapasan perut Otot diafragma akan berkontraksi dan berbentuk mendatar ketika kita menghirup napas. Saat itu pula volume rongga dada membesar, sehingga udara masuk. Saat menghembuskan napas, otot diafragma akan berelaksasi dan berbentuk melengkung, sehingga volume rongga dada mengecil dan udara keluar. Semoga jawabannya membantu ya, semangat !!


Iklan

Diran A

20 Maret 2020 03:18

ada 2 pernafasan perut dan diafragma


Diran A

20 Maret 2020 03:18

maaf kalo salah ya

— Tampilkan 2 balasan lainnya

Yupika P

20 Maret 2020 04:11

mekanisme pernapasan manusia dibedakan menjadi dua yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut 1. pernapasan dada proses inspirasi pada pernapasan dada diawali denganberkontraksinya muskulus interkostalis (otot antartulang rusuk) sehingga tulang rusuk terangkat rongga dada membesar dan paru-paru mengembang paru-paru yang mengembang menyebabkan tekanan udara dalam rongga paru-paru menjadi lebih rendah dari tekanan udara luar akibatnya udara luar akan masuk ke dalam paru-paru, sebaliknya proses ekspirasi berlangsung pada saat otot antar tulang rusuk berelaksasi sehingga tulang rusuk akan turun kembali sehingga rongga dada menyempit dan paru-paru mengecil paru-paru yang mengecil menyebabkan tekanan udara dalam rongga paru-paru menjadi lebih tinggi dari tekanan udara sehingga udara keluar dari paru-paru. 2.pada pernapasan perut proses inspirasi diawali dengan otot diafragma berkontraksi sehingga posisi diafragma akan horizontal akibatnya rongga dada membesar tekanan udara di dalam berkurang dan paru-paru membesar sehingga mengalirlah udara ke dalam paru-paru, sebaliknya proses ekspirasi pernapasan perut terjadi ketika otot diafragma relaksasi dan otot dinding perut berkontraksi maka isi rongga perut akan terdorong ke arah diafragma sehingga posisi diafragma akan melengkung kearah rongga dada hal ini mengakibatkan rongga dada menyempit dan menghimpit rongga paru-paru sehingga udara terdesak keluar.


Nasywaa F

20 Maret 2020 05:23

udara masuk ke tubuh = • otot diafragma berkontraksi (pernapasan perut) • otot antar tulang rusuk berkontraksi • tulang rusuk naik • volume dada membesar • tekanan udara di dalam perut menurun • udara masuk udara keluar dari tubuh = • otot diafragma berelaksasi (pernapasan perut) • otot antar tulang rusuk berelaksasi • tulang rusuk turun • volume dada mengecil • tekanan udara dalam perut meningkat • udara keluar


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

hubungan antara stimulus, impuls, dan respon adalah?

25

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan