Paskah O

22 Agustus 2023 12:08

Iklan

Iklan

Paskah O

22 Agustus 2023 12:08

Pertanyaan

Proses apa yang terjadi gerakan tubuh yang dilakukan seorang petinju untuk menghindari pukulan dari lawan bertanding merupakan pola koordinasi antar sistem apa saja yang bekerja di dalamnya

Proses apa yang terjadi gerakan tubuh yang dilakukan seorang petinju untuk menghindari pukulan dari lawan bertanding merupakan pola koordinasi antar sistem apa saja yang bekerja di dalamnya


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Vincent M

Community

22 Agustus 2023 15:10

Jawaban terverifikasi

<p>Gerakan tubuh yang dilakukan oleh seorang petinju untuk menghindari pukulan dari lawan bertanding melibatkan pola koordinasi antar berbagai sistem dalam tubuh. Pola koordinasi ini melibatkan interaksi antara sistem saraf, sistem muskuloskeletal, dan sistem sensorik untuk menghasilkan gerakan yang cepat dan akurat. Beberapa sistem yang bekerja dalam pola koordinasi ini adalah:</p><p><strong>Sistem Saraf Pusat (Pusat Kontrol):</strong> Otak dan sumsum tulang belakang merupakan pusat kontrol utama yang menerima informasi dari sistem sensorik dan mengirim sinyal untuk mengkoordinasi gerakan. Pusat kontrol ini menghitung informasi mengenai posisi dan kecepatan tubuh serta pukulan lawan.</p><p><strong>Sistem Sensorik:</strong> Sistem sensorik, termasuk reseptor kulit, mata, dan telinga, memberikan informasi tentang posisi tubuh, gerakan lawan, dan lingkungan sekitar. Ini membantu dalam mengidentifikasi ancaman dan menentukan tindakan respons.</p><p><strong>Sistem Muskuloskeletal:</strong> Otot dan tulang bekerja bersama untuk menghasilkan gerakan. Ketika petinju menghindari pukulan, otot-otot dalam tubuhnya harus berkontraksi dan berelongasi dengan cepat dan akurat untuk mengubah posisi tubuh dengan tepat.</p><p><strong>Sistem Koordinasi Motorik:</strong> Sistem ini mengatur urutan kontraksi otot dan gerakan tubuh secara keseluruhan. Ini melibatkan koordinasi otot-otot yang berbeda untuk menghasilkan gerakan yang diperlukan dalam menghindari pukulan.</p><p><strong>Sistem Keseimbangan dan Propriocepsi:</strong> Sistem ini membantu dalam mempertahankan keseimbangan tubuh. Informasi dari sistem vestibular (keseimbangan) dan propriocepsi (perasaan posisi tubuh) membantu petinju menghindari pukulan tanpa kehilangan keseimbangan.</p><p><strong>Sistem Motorik:</strong> Sinyal dari otak menuju otot melalui sistem saraf perifer untuk menginstruksikan otot-otot untuk berkontraksi atau berelongasi. Ini menghasilkan gerakan yang diinginkan.</p><p>Semua sistem ini bekerja secara terpadu untuk menghasilkan gerakan yang kompleks dan terkoordinasi dalam rangka menghindari pukulan dari lawan bertanding. Pola koordinasi ini menggabungkan persepsi, pengambilan keputusan, dan respons motorik yang cepat dan presisi.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Gerakan tubuh yang dilakukan oleh seorang petinju untuk menghindari pukulan dari lawan bertanding melibatkan pola koordinasi antar berbagai sistem dalam tubuh. Pola koordinasi ini melibatkan interaksi antara sistem saraf, sistem muskuloskeletal, dan sistem sensorik untuk menghasilkan gerakan yang cepat dan akurat. Beberapa sistem yang bekerja dalam pola koordinasi ini adalah:

Sistem Saraf Pusat (Pusat Kontrol): Otak dan sumsum tulang belakang merupakan pusat kontrol utama yang menerima informasi dari sistem sensorik dan mengirim sinyal untuk mengkoordinasi gerakan. Pusat kontrol ini menghitung informasi mengenai posisi dan kecepatan tubuh serta pukulan lawan.

Sistem Sensorik: Sistem sensorik, termasuk reseptor kulit, mata, dan telinga, memberikan informasi tentang posisi tubuh, gerakan lawan, dan lingkungan sekitar. Ini membantu dalam mengidentifikasi ancaman dan menentukan tindakan respons.

Sistem Muskuloskeletal: Otot dan tulang bekerja bersama untuk menghasilkan gerakan. Ketika petinju menghindari pukulan, otot-otot dalam tubuhnya harus berkontraksi dan berelongasi dengan cepat dan akurat untuk mengubah posisi tubuh dengan tepat.

Sistem Koordinasi Motorik: Sistem ini mengatur urutan kontraksi otot dan gerakan tubuh secara keseluruhan. Ini melibatkan koordinasi otot-otot yang berbeda untuk menghasilkan gerakan yang diperlukan dalam menghindari pukulan.

Sistem Keseimbangan dan Propriocepsi: Sistem ini membantu dalam mempertahankan keseimbangan tubuh. Informasi dari sistem vestibular (keseimbangan) dan propriocepsi (perasaan posisi tubuh) membantu petinju menghindari pukulan tanpa kehilangan keseimbangan.

Sistem Motorik: Sinyal dari otak menuju otot melalui sistem saraf perifer untuk menginstruksikan otot-otot untuk berkontraksi atau berelongasi. Ini menghasilkan gerakan yang diinginkan.

Semua sistem ini bekerja secara terpadu untuk menghasilkan gerakan yang kompleks dan terkoordinasi dalam rangka menghindari pukulan dari lawan bertanding. Pola koordinasi ini menggabungkan persepsi, pengambilan keputusan, dan respons motorik yang cepat dan presisi.

 

 

 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

578

5.0

Jawaban terverifikasi