HERMASARI H

12 Juni 2024 04:33

Iklan

Iklan

HERMASARI H

12 Juni 2024 04:33

Pertanyaan

Prosedur yang tepat untuk melakukan pengadaan bibit aneka ternak adalah, kecuali

Prosedur yang tepat untuk melakukan pengadaan bibit aneka ternak adalah, kecuali


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 04:01

Jawaban terverifikasi

<p>Prosedur yang tepat untuk melakukan pengadaan bibit aneka ternak meliputi langkah-langkah berikut:</p><p><strong>Menentukan jenis dan jumlah ternak yang dibutuhkan</strong>: Langkah pertama adalah menentukan jenis ternak yang diinginkan dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan.</p><p><strong>Memilih sumber bibit yang terpercaya</strong>: Pilihlah sumber bibit yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam penyediaan bibit ternak yang sehat dan berkualitas.</p><p><strong>Memeriksa kesehatan ternak</strong>: Sebelum membeli, pastikan untuk memeriksa kesehatan ternak yang akan dibeli. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa riwayat kesehatan, kondisi fisik, dan kebersihan ternak.</p><p><strong>Memastikan keberadaan dokumen dan sertifikasi yang diperlukan</strong>: Pastikan bibit ternak dilengkapi dengan dokumen dan sertifikasi yang diperlukan, seperti sertifikat kesehatan, kartu identitas, atau dokumen lain yang menjamin keaslian dan keabsahan ternak.</p><p><strong>Negosiasi harga dan persyaratan pembelian</strong>: Lakukan negosiasi harga dan persyaratan pembelian dengan penjual atau supplier bibit ternak untuk memperoleh harga yang kompetitif dan sesuai dengan anggaran yang tersedia.</p><p><strong>Mengangkut ternak ke tempat tujuan dengan aman</strong>: Setelah pembelian, pastikan untuk mengangkut bibit ternak dengan aman ke tempat tujuan agar tidak mengalami stres yang berlebihan yang dapat memengaruhi kesehatan mereka.</p><p><strong>Pemeliharaan awal</strong>: Setelah bibit ternak tiba di tempat tujuan, berikan pemeliharaan awal yang baik seperti memberikan pakan yang sesuai, memastikan ketersediaan air bersih, dan menyiapkan lingkungan yang nyaman bagi ternak tersebut.</p>

Prosedur yang tepat untuk melakukan pengadaan bibit aneka ternak meliputi langkah-langkah berikut:

Menentukan jenis dan jumlah ternak yang dibutuhkan: Langkah pertama adalah menentukan jenis ternak yang diinginkan dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan.

Memilih sumber bibit yang terpercaya: Pilihlah sumber bibit yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam penyediaan bibit ternak yang sehat dan berkualitas.

Memeriksa kesehatan ternak: Sebelum membeli, pastikan untuk memeriksa kesehatan ternak yang akan dibeli. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa riwayat kesehatan, kondisi fisik, dan kebersihan ternak.

Memastikan keberadaan dokumen dan sertifikasi yang diperlukan: Pastikan bibit ternak dilengkapi dengan dokumen dan sertifikasi yang diperlukan, seperti sertifikat kesehatan, kartu identitas, atau dokumen lain yang menjamin keaslian dan keabsahan ternak.

Negosiasi harga dan persyaratan pembelian: Lakukan negosiasi harga dan persyaratan pembelian dengan penjual atau supplier bibit ternak untuk memperoleh harga yang kompetitif dan sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Mengangkut ternak ke tempat tujuan dengan aman: Setelah pembelian, pastikan untuk mengangkut bibit ternak dengan aman ke tempat tujuan agar tidak mengalami stres yang berlebihan yang dapat memengaruhi kesehatan mereka.

Pemeliharaan awal: Setelah bibit ternak tiba di tempat tujuan, berikan pemeliharaan awal yang baik seperti memberikan pakan yang sesuai, memastikan ketersediaan air bersih, dan menyiapkan lingkungan yang nyaman bagi ternak tersebut.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

19 Juni 2024 04:33

Jawaban terverifikasi

Prosedur Pengadaan Bibit Aneka Ternak Prosedur pengadaan bibit aneka ternak yang tepat adalah sebagai berikut: Perencanaan * Menentukan jenis aneka ternak yang akan dibudidayakan Jenis aneka ternak yang akan dibudidayakan harus ditentukan berdasarkan beberapa faktor, seperti: * Kebutuhan pasar * Ketersediaan sumber daya * Kemampuan modal * Keterampilan dan pengalaman peternak * Menentukan jumlah bibit yang dibutuhkan Jumlah bibit yang dibutuhkan harus dihitung berdasarkan beberapa faktor, seperti: * Luas lahan * Sistem pemeliharaan * Target produksi Pemilihan Penyedia Bibit * Memilih penyedia bibit yang terpercaya Penyedia bibit yang terpercaya harus memiliki beberapa kriteria, seperti: * Memiliki izin usaha * Memiliki pengalaman dalam penyediaan bibit aneka ternak * Memiliki reputasi yang baik * Menyediakan bibit dengan kualitas yang baik * Melakukan survei ke beberapa penyedia bibit Survei ke beberapa penyedia bibit dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang: * Harga bibit * Kualitas bibit * Layanan yang diberikan Pemesanan Bibit * Membuat surat pemesanan bibit Surat pemesanan bibit harus memuat beberapa informasi, seperti: * Jenis aneka ternak * Jumlah bibit * Spesifikasi bibit * Harga bibit * Cara pembayaran * Waktu pengiriman * Melakukan pembayaran bibit Pembayaran bibit dapat dilakukan secara tunai, transfer bank, atau melalui sistem pembayaran lainnya. Penerimaan Bibit * Memeriksa kondisi bibit Kondisi bibit harus diperiksa dengan seksama sebelum diterima. Bibit yang diterima harus dalam kondisi sehat, bebas dari penyakit, dan sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati. * Menyimpan bibit dengan baik Bibit harus disimpan dengan baik di tempat yang sejuk dan kering. Bibit juga harus dilindungi dari sinar matahari langsung dan hewan predator. Pentingnya Memilih Bibit yang Tepat Memilih bibit yang tepat merupakan kunci penting dalam budidaya aneka ternak yang sukses. Bibit yang berkualitas baik akan menghasilkan anakan yang sehat dan produktif. Oleh karena itu, penting untuk memilih penyedia bibit yang terpercaya dan melakukan survei ke beberapa penyedia bibit sebelum memesan bibit. Opsi yang Tidak Tepat Opsi yang tidak tepat dalam prosedur pengadaan bibit aneka ternak adalah membeli bibit dari pasar tradisional. Bibit yang dijual di pasar tradisional umumnya tidak memiliki kualitas yang terjamin dan berisiko membawa penyakit pada ternak. Kesimpulan Prosedur pengadaan bibit aneka ternak yang tepat sangat penting untuk mendapatkan bibit yang berkualitas baik dan budidaya yang sukses. Memilih penyedia bibit yang terpercaya dan melakukan survei ke beberapa penyedia bibit sebelum memesan bibit adalah langkah penting dalam prosedur pengadaan bibit aneka ternak.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Mengapa soekarno dan hatta yang dipilih golongan pemuda untuk diculik pada peristiwa Rengasdengklok, mengapa bukan tokoh yang lain?

11

5.0

Jawaban terverifikasi