Anonim A

22 Agustus 2023 10:07

Iklan

Iklan

Anonim A

22 Agustus 2023 10:07

Pertanyaan

Prediksi jumlah ATP yang diperoleh dari 1 molekul galaktosa dan fruktosa, jika berada pada kondisi respirasi aerob

Prediksi jumlah ATP yang diperoleh dari 1 molekul galaktosa dan fruktosa, jika berada pada kondisi respirasi aerob


1

2


Iklan

Iklan

Miftah B

Community

22 Agustus 2023 12:03

Halo sobat πŸ‘‹ Jawaban: Dalam glikolisis anaerobik, 1 molekul glukosa akan menghasilkan 2 molekul ATP melalui fosforilasi tingkat substrat langsung. Namun, dalam kondisi respirasi aerobik, glukosa, galaktosa, dan fruktosa akan mengikuti jalur yang sama dan akan lebih banyak menghasilkan ATP karena proses oksidasi yang lebih lanjut. Galaktosa dapat diubah menjadi senyawa antara glikolisis seperti glukosa 6-fosfat. Dalam glikolisis, setiap molekul glukosa 6-fosfat menghasilkan 2 molekul piruvat. Setiap piruvat kemudian akan masuk ke siklus Krebs, menghasilkan 3 molekul NADH dan 1 molekul FADH2, yang berperan dalam rantai transpor elektron. Fruktosa juga akan masuk ke siklus glikolisis, menghasilkan produk yang sama seperti dalam peluruhan glukosa. Dalam siklus Krebs, fruktosa akan menghasilkan 2 molekul NADH dan 1 molekul FADH2. Dalam rantai transpor elektron, setiap pasangan NADH akan menghasilkan sekitar 2,5 - 3 ATP, sementara setiap pasangan FADH2 akan menghasilkan sekitar 1,5 - 2 ATP. Jumlah ATP yang dihasilkan bergantung pada efisiensi transportasi elektron dan kondisi spesifik mitokondria. Dengan menggabungkan informasi di atas, jumlah total ATP yang diperoleh dari oksidasi 1 molekul galaktosa atau fruktosa dalam respirasi aerobik dapat diperkirakan sebagai berikut: Jumlah ATP dari proses glikolisis (anaerobik dan aerobik): 2 ATP Jumlah ATP dari siklus Krebs (2 NADH dan 1 FADH2): 8 - 10 ATP Jumlah ATP dari rantai transpor elektron (ATP yang dihasilkan dari NADH dan FADH2): sekitar 22 - 32 ATP Total jumlah ATP yang diperoleh dari oksidasi 1 molekul galaktosa atau fruktosa dalam respirasi aerobik berkisar antara 32 - 44 ATP.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

22 Agustus 2023 15:10

<p>Ketika galaktosa dan fruktosa diuraikan melalui proses respirasi aerob, keduanya akan masuk ke dalam jalur glikolisis dan siklus asam sitrat (siklus Krebs) untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Mari kita hitung perkiraan jumlah ATP yang dihasilkan dari 1 molekul galaktosa dan 1 molekul fruktosa dalam kondisi respirasi aerob:</p><p><strong>Galaktosa</strong>:</p><p>Glikolisis: Galaktosa akan diubah menjadi glukosa-6-fosfat dan masuk ke dalam jalur glikolisis. Dalam glikolisis, 1 molekul glukosa akan menghasilkan sekitar 2 molekul ATP (karena jalur ini dimulai dengan pengeluaran ATP dan menghasilkan 4 ATP, tetapi netto 2 ATP setelah pengeluaran yang awal).</p><p>Siklus Asam Sitrat: Produk glikolisis, seperti piruvat, dapat masuk ke dalam siklus asam sitrat. Namun, galaktosa memasuki jalur glikolisis sebagai glukosa-6-fosfat dan tidak langsung masuk ke siklus asam sitrat.</p><p><strong>Fruktosa</strong>:</p><p>Glikolisis: Fruktosa akan diubah menjadi dihidroksi asetona fosfat dan masuk ke dalam jalur glikolisis. Dalam glikolisis, 1 molekul fruktosa akan menghasilkan sekitar 2 molekul ATP (seperti dalam kasus galaktosa).</p><p>Siklus Asam Sitrat: Produk glikolisis, seperti piruvat, dapat masuk ke dalam siklus asam sitrat. Namun, fruktosa memasuki jalur glikolisis sebagai dihidroksi asetona fosfat dan tidak langsung masuk ke siklus asam sitrat.</p><p>Jadi, secara perkiraan, 1 molekul galaktosa dan 1 molekul fruktosa dalam kondisi respirasi aerob akan menghasilkan sekitar 2 molekul ATP melalui jalur glikolisis. Namun, tidak ada kontribusi langsung dari siklus asam sitrat untuk keduanya karena jalur glikolisis terjadi sebelum masuknya produk-produk ini ke siklus asam sitrat.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Ketika galaktosa dan fruktosa diuraikan melalui proses respirasi aerob, keduanya akan masuk ke dalam jalur glikolisis dan siklus asam sitrat (siklus Krebs) untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Mari kita hitung perkiraan jumlah ATP yang dihasilkan dari 1 molekul galaktosa dan 1 molekul fruktosa dalam kondisi respirasi aerob:

Galaktosa:

Glikolisis: Galaktosa akan diubah menjadi glukosa-6-fosfat dan masuk ke dalam jalur glikolisis. Dalam glikolisis, 1 molekul glukosa akan menghasilkan sekitar 2 molekul ATP (karena jalur ini dimulai dengan pengeluaran ATP dan menghasilkan 4 ATP, tetapi netto 2 ATP setelah pengeluaran yang awal).

Siklus Asam Sitrat: Produk glikolisis, seperti piruvat, dapat masuk ke dalam siklus asam sitrat. Namun, galaktosa memasuki jalur glikolisis sebagai glukosa-6-fosfat dan tidak langsung masuk ke siklus asam sitrat.

Fruktosa:

Glikolisis: Fruktosa akan diubah menjadi dihidroksi asetona fosfat dan masuk ke dalam jalur glikolisis. Dalam glikolisis, 1 molekul fruktosa akan menghasilkan sekitar 2 molekul ATP (seperti dalam kasus galaktosa).

Siklus Asam Sitrat: Produk glikolisis, seperti piruvat, dapat masuk ke dalam siklus asam sitrat. Namun, fruktosa memasuki jalur glikolisis sebagai dihidroksi asetona fosfat dan tidak langsung masuk ke siklus asam sitrat.

Jadi, secara perkiraan, 1 molekul galaktosa dan 1 molekul fruktosa dalam kondisi respirasi aerob akan menghasilkan sekitar 2 molekul ATP melalui jalur glikolisis. Namun, tidak ada kontribusi langsung dari siklus asam sitrat untuk keduanya karena jalur glikolisis terjadi sebelum masuknya produk-produk ini ke siklus asam sitrat.

 

 


 


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

631

5.0

Jawaban terverifikasi