Luqyana L

23 Agustus 2023 13:39

Iklan

Iklan

Luqyana L

23 Agustus 2023 13:39

Pertanyaan

poin utama isi pidato presiden ketiga RI, bj habibie tanggal 1 juni 2011

poin utama isi pidato presiden ketiga RI, bj habibie tanggal 1 juni 2011


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

24 Agustus 2023 16:04

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat, pidato kenegaraan dalam peringatan Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2011, BJ Habibie &nbsp;membahas dan menganalisis penyebab nilai-nilai Pancasila sekarang ini seolah terabaikan dan hilang.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;Mari simak pembahasan berikut !</p><p><i>Mengapa Pancasila seolah "lenyap" dari kehidupan kita. Pertama, situasi dan lingkungan kehidupan bangsa yang telah berubah baik di tingkat domestik, regional maupun global. Situasi dan lingkungan kehidupan bangsa pada tahun 1945 -- 66 tahun yang lalu -- telah mengalami perubahan yang amat nyata pada saat ini, dan akan terus berubah pada masa yang akan datang. Beberapa perubahan yang kita alami antara lain:</i></p><p><i>(1) terjadinya proses globalisasi dalam segala aspeknya;</i></p><p><i>(2) perkembangan gagasan hak asasi manusia (HAM) yang tidak diimbagi dengan kewajiban asasi manusia (KAM);</i></p><p><i>(3) lonjakan pemanfaatan teknologi informasi oleh masyarakat, di mana informasi menjadi kekuatan yang amat berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, tapi juga yang rentan terhadap "manipulasi" informasi dengan segala dampaknya.</i></p><p><i>Ketiga perubahan tersebut telah mendorong terjadinya pergeseran nilai yang dialami bangsa Indonesia, sebagaimana terlihat dalam pola hidup masyarakat pada umumnya, termasuk dalam corak perilaku kehidupan politik dan ekonomi yang terjadi saat ini.</i></p><p><br>Dengan demikian, jawaban yang tepat, &nbsp;adalah pidato kenegaraan dalam peringatan Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2011, BJ Habibie &nbsp;membahas dan menganalisis penyebab nilai-nilai Pancasila sekarang ini seolah terabaikan dan hilang.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu,ya &nbsp; : - )</p>

Jawaban yang tepat, pidato kenegaraan dalam peringatan Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2011, BJ Habibie  membahas dan menganalisis penyebab nilai-nilai Pancasila sekarang ini seolah terabaikan dan hilang.

 

 

 Mari simak pembahasan berikut !

Mengapa Pancasila seolah "lenyap" dari kehidupan kita. Pertama, situasi dan lingkungan kehidupan bangsa yang telah berubah baik di tingkat domestik, regional maupun global. Situasi dan lingkungan kehidupan bangsa pada tahun 1945 -- 66 tahun yang lalu -- telah mengalami perubahan yang amat nyata pada saat ini, dan akan terus berubah pada masa yang akan datang. Beberapa perubahan yang kita alami antara lain:

(1) terjadinya proses globalisasi dalam segala aspeknya;

(2) perkembangan gagasan hak asasi manusia (HAM) yang tidak diimbagi dengan kewajiban asasi manusia (KAM);

(3) lonjakan pemanfaatan teknologi informasi oleh masyarakat, di mana informasi menjadi kekuatan yang amat berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, tapi juga yang rentan terhadap "manipulasi" informasi dengan segala dampaknya.

Ketiga perubahan tersebut telah mendorong terjadinya pergeseran nilai yang dialami bangsa Indonesia, sebagaimana terlihat dalam pola hidup masyarakat pada umumnya, termasuk dalam corak perilaku kehidupan politik dan ekonomi yang terjadi saat ini.


Dengan demikian, jawaban yang tepat,  adalah pidato kenegaraan dalam peringatan Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2011, BJ Habibie  membahas dan menganalisis penyebab nilai-nilai Pancasila sekarang ini seolah terabaikan dan hilang.

 

 

 

Semoga membantu,ya   : - )


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Agustus 2023 06:40

Jawaban terverifikasi

Pada tanggal 1 Juni 2011, Presiden ketiga RI, BJ Habibie memberikan pidato yang berisi beberapa poin utama. Berikut adalah langkah-langkah menjawab pertanyaan ini: 1. Pahami konteks pidato Sebelum menjawab pertanyaan ini, penting untuk memahami konteks pidato yang diberikan oleh BJ Habibie pada tanggal 1 Juni 2011. Pada saat itu, BJ Habibie diundang untuk memberikan pidato dalam acara peringatan Hari Lahir Pancasila di Istana Negara. 2. Identifikasi poin utama Setelah memahami konteks pidato, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi poin utama yang disampaikan oleh BJ Habibie. Berdasarkan berbagai sumber, beberapa poin utama dalam pidato tersebut antara lain: - Pentingnya Pancasila sebagai dasar negara BJ Habibie menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara yang harus dijaga dan dipertahankan. Ia juga mengingatkan bahwa Pancasila bukan hanya sekadar slogan atau simbol, melainkan harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. - Kebutuhan akan pemimpin yang jujur dan berintegritas BJ Habibie menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan pemimpin yang jujur dan berintegritas untuk memajukan bangsa. Ia juga menekankan pentingnya menjaga kejujuran dan integritas dalam semua aspek kehidupan. - Peran generasi muda dalam membangun bangsa BJ Habibie mengajak generasi muda untuk terlibat aktif dalam membangun bangsa. Ia menyatakan bahwa generasi muda memiliki potensi besar untuk menciptakan perubahan positif dan harus diberikan kesempatan untuk berkontribusi. 3. Jelaskan setiap poin utama Setelah mengidentifikasi poin utama, langkah selanjutnya adalah menjelaskan setiap poin tersebut secara lebih detail. Misalnya, untuk poin pertama tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar negara, kita bisa menjelaskan bahwa Pancasila merupakan ideologi yang mengandung nilai-nilai luhur seperti keadilan, persatuan, dan kemanusiaan yang adil dan beradab. Kita juga bisa menyebutkan beberapa contoh implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti gotong royong dan toleransi antarumat beragama. 4. Berikan kesimpulan Setelah menjelaskan setiap poin utama, langkah terakhir adalah memberikan kesimpulan tentang isi pidato BJ Habibie pada tanggal 1 Juni 2011. Kesimpulan tersebut bisa berupa ringkasan singkat tentang poin-poin utama yang telah dijelaskan sebelumnya, atau bisa juga berupa refleksi atau pendapat pribadi tentang pesan yang ingin disampaikan oleh BJ Habibie dalam pidatonya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

rasa kebersamaan dari kegiatan gotong royong dikarenakan adanya sikap.... a merasa terbebani b individualisme c sosial tanpa pamrih d sama sama harus menanggung

384

5.0

Jawaban terverifikasi