Komang E

12 Agustus 2024 10:42

Iklan

Komang E

12 Agustus 2024 10:42

Pertanyaan

Pls tolong aku gak bisa tlg secepatnya mungkin soalnya dikumpulkan besok:(:( cepat yaa, semua ya jawabannya hehe

Pls tolong aku gak bisa tlg secepatnya mungkin soalnya dikumpulkan besok:(:(  cepat yaa, semua ya jawabannya hehe

alt

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

00

:

14

:

00

Klaim

8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Zacky A

12 Agustus 2024 11:41

Jawaban terverifikasi

<p>1. a. 2089+3127 = 2090 + 3130 = 5220</p><p>&nbsp;b. 9728-6425 = 9730 - 6430 = 3300</p><p>c. 86x72 = 90x70 = 6300</p><p>d. 92:29 = 90 : 30 = 3</p><p>e. 3674-39:16= 3670 - (40:20) = 3668 = 3670</p><p>&nbsp;</p><p>2. a. 3672+2891 = 3700 + 2900 = 6600</p><p>b. 18291-2607= 18300 - 2600 = 15.700</p><p>c. 785x128+ 800 x 100 = 80.000</p><p>d. 519:98 = 500 : 100 = 5</p><p>e. (5.814-2.472) : 349 = (5800 - 2.500) :300 = 3300:300= 11</p><p>&nbsp;</p><p>3. a. 6816+4092 = 7000+4000 = 11.000</p><p>b. 3251-1067 = 3000-1000 = 2000</p><p>c. 2194x875 = 2000x1000 = 2.000.000</p><p>d. 18756:958 = 19.000: 1000 = 19</p><p>e. 25.814-6719+2483= 26.000-7000+ 2000= 21.000</p>

1. a. 2089+3127 = 2090 + 3130 = 5220

 b. 9728-6425 = 9730 - 6430 = 3300

c. 86x72 = 90x70 = 6300

d. 92:29 = 90 : 30 = 3

e. 3674-39:16= 3670 - (40:20) = 3668 = 3670

 

2. a. 3672+2891 = 3700 + 2900 = 6600

b. 18291-2607= 18300 - 2600 = 15.700

c. 785x128+ 800 x 100 = 80.000

d. 519:98 = 500 : 100 = 5

e. (5.814-2.472) : 349 = (5800 - 2.500) :300 = 3300:300= 11

 

3. a. 6816+4092 = 7000+4000 = 11.000

b. 3251-1067 = 3000-1000 = 2000

c. 2194x875 = 2000x1000 = 2.000.000

d. 18756:958 = 19.000: 1000 = 19

e. 25.814-6719+2483= 26.000-7000+ 2000= 21.000


Iklan

Kevin L

Gold

12 Agustus 2024 11:52

Jawaban terverifikasi

Penjelasan Soal ini meminta kita untuk menafsirkan hasil operasi hitung ke puluhan, ratusan, dan ribuan terdekat. Ini berarti kita perlu membulatkan hasil operasi hitung ke nilai terdekat pada tempat nilai yang diminta. **Cara Membulatkan:** 1. **Tentukan tempat nilai yang ingin dibulatkan.** Misalnya, jika diminta membulatkan ke puluhan terdekat, maka kita fokus pada digit puluhan. 2. **Lihat digit di sebelah kanan tempat nilai yang ingin dibulatkan.** 3. **Jika digit di sebelah kanan lebih besar dari atau sama dengan 5, bulatkan digit di tempat nilai yang ingin dibulatkan ke atas.** 4. **Jika digit di sebelah kanan kurang dari 5, bulatkan digit di tempat nilai yang ingin dibulatkan ke bawah.** **Contoh:** * 2.089 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 2.090 karena digit satuan (9) lebih besar dari atau sama dengan 5. * 16.153 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 16.150 karena digit satuan (3) kurang dari 5. ## Jawaban **Soal 1: Tafsir ke Puluhan Terdekat** **A. 2.089 + 3.127 =** * Hasil operasi hitung: 2.089 + 3.127 = 5.216 * Digit satuan: 6 * Karena digit satuan lebih besar dari atau sama dengan 5, maka kita bulatkan ke atas digit puluhan. * Jawaban: 5.216 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 5.220 **B. 9.728 + 6.425 =** * Hasil operasi hitung: 9.728 + 6.425 = 16.153 * Digit satuan: 3 * Karena digit satuan kurang dari 5, maka kita bulatkan ke bawah digit puluhan. * Jawaban: 16.153 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 16.150 **C. 86 x 72 =** * Hasil operasi hitung: 86 x 72 = 6.192 * Digit satuan: 2 * Karena digit satuan kurang dari 5, maka kita bulatkan ke bawah digit puluhan. * Jawaban: 6.192 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 6.190 **D. 92 : 29 =** * Hasil operasi hitung: 92 : 29 = 3,17 (dibulatkan ke dua desimal) * Digit satuan: 7 * Karena digit satuan lebih besar dari atau sama dengan 5, maka kita bulatkan ke atas digit puluhan. * Jawaban: 3,17 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 3,20 **E. 3.674 - 39 : 16 =** * Hasil operasi hitung: 39 : 16 = 2,44 (dibulatkan ke dua desimal) * Hasil operasi hitung: 3.674 - 2,44 = 3.671,56 * Digit satuan: 6 * Karena digit satuan lebih besar dari atau sama dengan 5, maka kita bulatkan ke atas digit puluhan. * Jawaban: 3.671,56 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 3.670 **Soal 2: Tafsir ke Ratusan Terdekat** **A. 3.672 + 2.891 =** * Hasil operasi hitung: 3.672 + 2.891 = 6.563 * Digit puluhan: 6 * Karena digit puluhan lebih besar dari atau sama dengan 5, maka kita bulatkan ke atas digit ratusan. * Jawaban: 6.563 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 6.600 **B. 18.291 - 2.607 =** * Hasil operasi hitung: 18.291 - 2.607 = 15.684 * Digit puluhan: 8 * Karena digit puluhan lebih besar dari atau sama dengan 5, maka kita bulatkan ke atas digit ratusan. * Jawaban: 15.684 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 15.700 **C. 785 x 128 =** * Hasil operasi hitung: 785 x 128 = 100.480 * Digit puluhan: 8 * Karena digit puluhan lebih besar dari atau sama dengan 5, maka kita bulatkan ke atas digit ratusan. * Jawaban: 100.480 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 100.500 **D. 519 : 98 =** * Hasil operasi hitung: 519 : 98 = 5,30 (dibulatkan ke dua desimal) * Digit puluhan: 3 * Karena digit puluhan kurang dari 5, maka kita bulatkan ke bawah digit ratusan. * Jawaban: 5,30 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 5,00 **E. (5.814 - 2.472) : 349 =** * Hasil operasi hitung: 5.814 - 2.472 = 3.342 * Hasil operasi hitung: 3.342 : 349 = 9,55 (dibulatkan ke dua desimal) * Digit puluhan: 5 * Karena digit puluhan lebih besar dari atau sama dengan 5, maka kita bulatkan ke atas digit ratusan. * Jawaban: 9,55 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 10,00 **Soal 3: Tafsir ke Ribuan Terdekat** **A. 6.816 + 4.092 =** * Hasil operasi hitung: 6.816 + 4.092 = 10.908 * Digit ratusan: 9 * Karena digit ratusan lebih besar dari atau sama dengan 5, maka kita bulatkan ke atas digit ribuan. * Jawaban: 10.908 dibulatkan ke ribuan terdekat menjadi 11.000 **B. 3.251 - 1.607 =** * Hasil operasi hitung: 3.251 - 1.607 = 1.644 * Digit ratusan: 6 * Karena digit ratusan lebih besar dari atau sama dengan 5, maka kita bulatkan ke atas digit ribuan. * Jawaban: 1.644 dibulatkan ke ribuan terdekat menjadi 2.000 **C. 2.154 x 975 =** * Hasil operasi hitung: 2.154 x 975 = 2.102.550 * Digit ratusan: 2 * Karena digit ratusan kurang dari 5, maka kita bulatkan ke bawah digit ribuan. * Jawaban: 2.102.550 dibulatkan ke ribuan terdekat menjadi 2.103.000 **D. 18.756 : 958 =** * Hasil operasi hitung: 18.756 : 958 = 19,58 (dibulatkan ke dua desimal) * Digit ratusan: 1 * Karena digit ratusan kurang dari 5, maka kita bulatkan ke bawah digit ribuan. * Jawaban: 19,58 dibulatkan ke ribuan terdekat menjadi 20,00 **E. 25.814 - 6.719 + 2.483 =** * Hasil operasi hitung: 25.814 - 6.719 = 19.095 * Hasil operasi hitung: 19.095 + 2.483 = 21.578 * Digit ratusan: 5 * Karena digit ratusan lebih besar dari atau sama dengan 5, maka kita bulatkan ke atas digit ribuan. * Jawaban: 21.578 dibulatkan ke ribuan terdekat menjadi 22.000


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tolong bantu secepatnya besok sudah mau dikumpulkan

14

0.0

Jawaban terverifikasi

Teks 1 Salah Kelas Pagi itu, Joni nampak bahagia sekali. Di meja makan, ibunya bertanya kepada Joni. "Jon, Ibu perhatikan dari tadi kamu senyum-senyum sendiri?" "Anu, Bu, semalam ibu wali kelas membagikan jadwal tatap muka terbatas. Senang rasanya karena besok aku bisa bertemu teman-teman. Belajar daring di rumah membosankan, Bu. Apalagi kalau zoom meeting Matematika." "Memangnya kenapa kalau Matematika, Jon?" Ibu bertanya kembali. "Gurunya galak, Bu, materinya juga susah, wong diajarkan di kelas saja masih susah pahamnya, apalagi daring," jawab Joni. "Oh, begitu," Ibu menimpali. "Ya sudah, Bu. Joni pamit, ya." Joni langsung pergi sambil mencium tangan ibunya. Sekolah sudah nampak ramai. Joni berjalan sambil sesekali melihat jadwal mapel yang dibagikan wali kelasnya. Lalu, dia segera masuk kelas dan ternyata sudah ada guru di dalam kelas. "Selamat pagi, Pak. Maaf, saya terlambat." "Selamat pagi juga, Nak, silakan duduk," sahut Pak Guru. Joni langsung mencari kursi dan duduk tanpa melihat kanan kiri. Saat mengeluarkan buku catatan, Joni mengedarkan pandangannya dan langsung kaget. Semua seperti asing. Dia seperti tidak mengenali teman sekelasnya, apalagi semuanya memakai masker. Dia berusaha meyakinkan diri sendiri bahwa mereka adalah teman kelasnya. Tidak berapa lama, Joni kaget ketika melihat ke papan tulis Pak Guru sedang menjelaskan soal Matematika, padahal seingatnya jadwal pagi itu adalah Bahasa Indonesia. "Astaga, ini kan kelasku satu tahun yang lalu, ini kan kelas satu. Sekarang kan aku sudah naik kelas dua." Keringat dingin keluar di wajah Joni, lalu dia memberanikan diri menemui Pak Guru. "Maaf, Pak, karena sudah satu tahun daring, saya lupa kalau sekarang saya sudah kelas dua. Saya salah masuk kelas, Pak." Semua peserta didik pun tertawa. Dengan wajah malu, Joni keluar kelas. Teks 2 PKH Pada suatu hari, dua orang ibu rumah tangga sedang berbincang-bincang di depan rumah. Mereka sedang asyik membahas tentang bantuan pemerintah yang dinamakan PKH. Bu Tuti : Mar, aku semakin heran dengan pemerintah sekarang. Bu Marni Loh, kenapa, Bu? Ada masalah? (penasaran) Bu Tuti : Ya jelas ada. Kalau enggak ada, buat apa saya repot-repot membahas masalah ini? Bu Marni: Oalah, Bu, sempat-sempatnya memikirkan pemerintah, memangnya pemerintah memikirkan nasib kita? Bu Tuti : Jangan salah. Tuh, lihat tetangga sebelah kita. Dia dapat bantuan dari pemerintah. Setiap bulan, dia rutin mengambil sembako di warung dekat balai desa sana. Bu Marni Masa? Enggak salah, sampeyan, Bu? Dia, kan, lumayan mampu. Lihat saja, kulkas ada, mesin cuci punya, motor dua, kalau pergi perhiasannya selalu menempel di tangannya. Benar enggak salah, Bu? (sedikit tidak percaya) Bu Tuti : Nah, itu yang membuat saya bingung. Kenapa dia dapat bantuan? Padahal, kalau dipikir, dia tergolong keluarga mampu. Coba kita bandingkan dengan tetangga kita yang lain. Ada yang jauh lebih berhak mendapatkan bantuan itu sebenarnya. Bu Marni : Iya betul Bu. Ngomong-ngomong, bantuan apa yang bisa dia dapat, Bu? Bu Tuti Bu Marni: Masa kamu enggak tahu? Itu, loh, bantuan PKH. Oh, yang rumahnya ditempeli stiker "Keluarga Miskin" itu, to? Bu Tuti Nah, itu kamu tahu, Mar. (mengacungkan jempol kepada Bu Marni) Bu Marni Bu Tuti Ya tahu lah, Bu. Apa, sih, yang tidak saya ketahui? Mar, PKH itu apa, to? (penasaran) Bu Marni Program Keluarga Harapan. Bu Tuti : Harapan apa? Bu Marni Harapan biar dikasih sembako tiap bulan, ha...ha...ha... Bu Tuti : Ngawur kamu, Mar. Tulislah persamaan dan perbedaan kedua teks tersebut

21

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan