Safa H

23 Februari 2024 12:55

Iklan

Iklan

Safa H

23 Februari 2024 12:55

Pertanyaan

Pliss kak tolong jawab?

Pliss kak tolong jawab?

alt

12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. A

Community

24 Februari 2024 03:50

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah <strong>c</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Penjelasan:</strong></p><p>Bedasarkan asal putik dan asal serbuk sari, jenis-jenis penyerbukan diantara lain:</p><p>Otogami (pennyerbukan sendiri, berasal dari kata <i>auto</i> yang berarti sendiri): Penyerbukan yang terjadi pada bunga yang sama.</p><p>Geitonogami (penyerbukan tetangga): Penyerbukan beda bunga tetapi sama tanaman.</p><p>Alogami (penyerbukan silang): Penyerbukan beda tanaman tetapi sama jenis.</p><p>Hibridisasi (penyerbukan bastas): Penyerbukan beda tanaman dan beda jenis, tetapi satu genus.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Demikianlah, maka jawaban yang tepat untuk menjawab soal tersebut adalah <u>c</u>.&nbsp;</strong></p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah c.

 

Penjelasan:

Bedasarkan asal putik dan asal serbuk sari, jenis-jenis penyerbukan diantara lain:

Otogami (pennyerbukan sendiri, berasal dari kata auto yang berarti sendiri): Penyerbukan yang terjadi pada bunga yang sama.

Geitonogami (penyerbukan tetangga): Penyerbukan beda bunga tetapi sama tanaman.

Alogami (penyerbukan silang): Penyerbukan beda tanaman tetapi sama jenis.

Hibridisasi (penyerbukan bastas): Penyerbukan beda tanaman dan beda jenis, tetapi satu genus.

 

Demikianlah, maka jawaban yang tepat untuk menjawab soal tersebut adalah c


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

28 Februari 2024 11:21

Jawaban terverifikasi

Geitonogami adalah proses penyerbukan yang terjadi pada suatu bunga dimana serbuk sari yang digunakan berasal dari bunga lain pada tumbuhan yang sama. Dengan kata lain, dalam geitonogami, penyerbukan terjadi antara dua bunga yang berbeda tetapi berada pada individu tanaman yang sama. Proses ini dapat terjadi karena serbuk sari dari satu bunga menempuh jarak untuk mencapai kepala putik bunga lain pada tanaman yang sama. Misalnya, pada tanaman jagung, bunga yang terletak di bagian atas tangkai dapat menumpahkan serbuk sari ke bunga yang terletak di bawahnya. Serbuk sari ini kemudian dapat jatuh ke kepala putik bunga yang berada di tempat yang sama atau berdekatan. Ini adalah contoh geitonogami, di mana penyerbukan terjadi antara bunga-bunga pada tanaman jagung yang sama. Pilihan a dan b tidak merujuk pada geitonogami. Pilihan a menjelaskan proses autogami, di mana penyerbukan terjadi pada bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri. Pilihan b menggambarkan proses allogami, di mana penyerbukan terjadi antara bunga-bunga pada individu tanaman yang berbeda. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan c, yang menjelaskan geitonogami dengan benar.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tolong ini kek mana ya caranya?

2

0.0

Jawaban terverifikasi