Aliya N

08 April 2020 15:01

Iklan

Iklan

Aliya N

08 April 2020 15:01

Pertanyaan

pertumbuhan dan perkembang merupakan dua hal yang tidak bisa di pisahkan dalam sebuah tanaman, apakah benar?, dan Bagaiman menurut anda apabila salah satunya tidak ada!


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Tri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

15 Februari 2022 05:03

Jawaban terverifikasi

Halo Aliya, Kakak bantu jawab ya :) Benar jika pertumbuhan dan perkembang merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan pada sebuah tanaman. Jika salah satunya tidak ada maka akan dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan karena pertumbuhan dan perkembangan adalah proses yang saling melengkapi. Mari kita bahas yuk! Pertumbuhan dalam biologi mengacu kepada perubahan fisik berupa pertambahan ukuran, volume, tinggi, dan massa, Hal ini terjadi karena selama dalam masa pertumbuhan, sel-sel dalam tubuh makhluk hidup bertambah banyak. Jaringan-jaringan dan organ-organ dalam tubuh makhluk hidup pun ikut berubah semakin besar. Perubahan tubuh dalam pertumbuhan ini dapat diukur secara kuantitatif. Pertumbuhan memiliki ciri yang sangat khas, yaitu bersifat irreversible alias tidak bisa balik lagi seperti semula. Contoh : pertambahan tinggi pada tumbuhan. Perkembangan berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang atau diukur dan ditimbang. Ini karena perkembangan dalam biologi mengacu kepada proses menuju kedewasaan. Karena tidak bisa diukur dan ditimbang, perkembangan cuma bisa diukur secara kualitatif. Contoh : Seiring dengan bertambah tingginya tumbuhan dan pertumbuhan pada tumbuhan maka akan diikuti dengan perkembangan tumbuhan seperti muncul bunga sebagai alat reproduksi. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Trie W

09 April 2020 12:35

Benar dan tak ada pertumbuhan tanpa perkembangan demikian juga sebaliknya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

formula kromosom / atau kariotipe dari lumba-lumba yang jumlah kromosomnya 44 dan tembakau jumlah kromosomnya 48 Baik pada sel somatic/ sel tubuh dan sel kelamin/ sel

13

0.0

Jawaban terverifikasi