Sely A

07 Maret 2024 07:58

Iklan

Iklan

Sely A

07 Maret 2024 07:58

Pertanyaan

Pertanyaan pembuatan tape: a. Apa yang terjadi pada singkong setelah proses fermentasi? b. Mengapa ragi tape ditambahkan dalam pembuatan tape singkong? c. Bagaimana cara mengetahui bahwa tape singkong sudah siap untuk dikonsumsi?

Pertanyaan pembuatan tape:

a. Apa yang terjadi pada singkong setelah proses fermentasi?

b. Mengapa ragi tape ditambahkan dalam pembuatan tape singkong?

c. Bagaimana cara mengetahui bahwa tape singkong sudah siap untuk dikonsumsi?


51

2


Iklan

Iklan

Amelia M

07 Maret 2024 14:23

<p>1. Reaksi kimia pada fermentasi tape terjadi saat substrate seperti singkong atau ketan bertemu dengan ragi tape. <strong>Mikroba ragi akan mengubah pati menjadi glukosa di dalam singkong.</strong> <strong>Selanjutnya, mikroba yang semakin tumbuh segera mengeluarkan enzim yang membantu mengubah glukosa menjadi etanol</strong>.</p><p>2. Karena ragi adalah jamur Saccaromyces cereviceae yang berperan dalam proses fermentasi yang akan merubah singkong menjadi tape. Jika tidak ditambahkan ragi, makan proses fermentasi tidak akan berjalan.</p><p>3. Di cek aja sekitar 3 hari, ciri tapenya udah siap dikonsumsi,tape akan mengeluarkan bau khas,yaitu aroma tape yang wangi.</p>

1. Reaksi kimia pada fermentasi tape terjadi saat substrate seperti singkong atau ketan bertemu dengan ragi tape. Mikroba ragi akan mengubah pati menjadi glukosa di dalam singkong. Selanjutnya, mikroba yang semakin tumbuh segera mengeluarkan enzim yang membantu mengubah glukosa menjadi etanol.

2. Karena ragi adalah jamur Saccaromyces cereviceae yang berperan dalam proses fermentasi yang akan merubah singkong menjadi tape. Jika tidak ditambahkan ragi, makan proses fermentasi tidak akan berjalan.

3. Di cek aja sekitar 3 hari, ciri tapenya udah siap dikonsumsi,tape akan mengeluarkan bau khas,yaitu aroma tape yang wangi.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 00:58

<p><br>a. <strong>Apa yang terjadi pada singkong setelah proses fermentasi?</strong></p><p>Setelah proses fermentasi, singkong mengalami perubahan kimia yang disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme, terutama ragi. Ragi memfermentasi pati dalam singkong menjadi asam laktat dan etanol. Selain itu, tekstur singkong juga menjadi lebih lembut dan rasa tape menjadi sedikit asam dan manis.</p><p>b. <strong>Mengapa ragi tape ditambahkan dalam pembuatan tape singkong?</strong></p><p>Penambahan ragi tape dalam pembuatan tape singkong memiliki peran penting dalam menginisiasi proses fermentasi. Ragi tersebut mengandung mikroorganisme yang mampu mengubah pati dalam singkong menjadi asam laktat dan etanol melalui proses fermentasi. Selain itu, ragi juga memberikan karakteristik rasa dan aroma khas pada tape.</p><p>c. <strong>Bagaimana cara mengetahui bahwa tape singkong sudah siap untuk dikonsumsi?</strong></p><p>Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa tape singkong sudah siap untuk dikonsumsi:</p><ul><li><strong>Aroma:</strong> Tape akan memiliki aroma khas hasil fermentasi yang cukup kuat.</li><li><strong>Warna dan Tekstur:</strong> Warna singkong akan berubah menjadi agak transparan atau kuning kecokelatan, dan teksturnya menjadi lebih lembut.</li><li><strong>Rasa:</strong> Rasa tape menjadi sedikit asam dan manis karena asam laktat dan etanol yang dihasilkan selama fermentasi.</li><li><strong>Munculnya gelembung:</strong> Adanya gelembung gas pada tape menandakan bahwa proses fermentasi telah berlangsung.</li></ul><p>Penting untuk mencicipi dan memeriksa karakteristik fisik dan organoleptik tape singkong sebelum dikonsumsi untuk memastikan bahwa proses fermentasi telah berjalan dengan baik dan tape sudah matang.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


a. Apa yang terjadi pada singkong setelah proses fermentasi?

Setelah proses fermentasi, singkong mengalami perubahan kimia yang disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme, terutama ragi. Ragi memfermentasi pati dalam singkong menjadi asam laktat dan etanol. Selain itu, tekstur singkong juga menjadi lebih lembut dan rasa tape menjadi sedikit asam dan manis.

b. Mengapa ragi tape ditambahkan dalam pembuatan tape singkong?

Penambahan ragi tape dalam pembuatan tape singkong memiliki peran penting dalam menginisiasi proses fermentasi. Ragi tersebut mengandung mikroorganisme yang mampu mengubah pati dalam singkong menjadi asam laktat dan etanol melalui proses fermentasi. Selain itu, ragi juga memberikan karakteristik rasa dan aroma khas pada tape.

c. Bagaimana cara mengetahui bahwa tape singkong sudah siap untuk dikonsumsi?

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa tape singkong sudah siap untuk dikonsumsi:

  • Aroma: Tape akan memiliki aroma khas hasil fermentasi yang cukup kuat.
  • Warna dan Tekstur: Warna singkong akan berubah menjadi agak transparan atau kuning kecokelatan, dan teksturnya menjadi lebih lembut.
  • Rasa: Rasa tape menjadi sedikit asam dan manis karena asam laktat dan etanol yang dihasilkan selama fermentasi.
  • Munculnya gelembung: Adanya gelembung gas pada tape menandakan bahwa proses fermentasi telah berlangsung.

Penting untuk mencicipi dan memeriksa karakteristik fisik dan organoleptik tape singkong sebelum dikonsumsi untuk memastikan bahwa proses fermentasi telah berjalan dengan baik dan tape sudah matang.

 

 


 


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pak Arif memiliki sebidang kebun berbentuk trapesium siku-siku dari panjang sisi sejajar 18 m dan 27 m serta panjang sisi siku-siku 12 m. Di sekeliling kebun akan dipasang pagar dari kawat dengan biaya rp.30.000.00 per meter pertanyaan yang benar dari data di atas adalah.. a. Panjang salah satu sisi kebun milik pari pada dasar 19 m b. Keliling tanah milik pak Arif 72 m c. Luas tanah milik pak Arif 260m² d. Biaya yang dibutuhkan pak Arif untuk memasang pagar sejumlah Rp. 2.200.000.00

23

0.0

Jawaban terverifikasi