Adeluna A

28 Februari 2024 04:02

Iklan

Iklan

Adeluna A

28 Februari 2024 04:02

Pertanyaan

persatuan dan kesatuan dalam keberagaman adalah suatu kondisi di mana terdapat kesamaan visi misi dan tujuan dalam...


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Yuni H

28 Februari 2024 10:18

Jawaban terverifikasi

<p>Persatuan dan kesatuan dalam keberagaman adalah suatu kondisi di mana terdapat kesamaan visi, misi, dan tujuan dalam mempertahankan keharmonisan, kerukunan, serta mencapai tujuan bersama meskipun terdapat perbedaan dalam berbagai aspek seperti budaya, agama, etnis, dan lainnya. Dalam konteks ini, individu atau kelompok dengan latar belakang yang berbeda dapat bersatu untuk mencapai tujuan bersama dengan menghargai dan memahami keberagaman mereka serta bekerja sama dengan penuh rasa saling menghormati dan toleransi.</p>

Persatuan dan kesatuan dalam keberagaman adalah suatu kondisi di mana terdapat kesamaan visi, misi, dan tujuan dalam mempertahankan keharmonisan, kerukunan, serta mencapai tujuan bersama meskipun terdapat perbedaan dalam berbagai aspek seperti budaya, agama, etnis, dan lainnya. Dalam konteks ini, individu atau kelompok dengan latar belakang yang berbeda dapat bersatu untuk mencapai tujuan bersama dengan menghargai dan memahami keberagaman mereka serta bekerja sama dengan penuh rasa saling menghormati dan toleransi.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 21:48

Jawaban terverifikasi

<p>keberagaman, di mana meskipun terdapat perbedaan dalam berbagai aspek seperti budaya, suku bangsa, agama, dan latar belakang lainnya, tetapi masyarakat tetap bersatu untuk mencapai visi, misi, dan tujuan bersama. Dalam konteks ini, persatuan dan kesatuan mencerminkan kemampuan suatu komunitas atau negara untuk mengelola dan merangkul keberagaman sebagai sumber kekuatan, inovasi, dan kekayaan, tanpa meniadakan identitas atau hak individu.</p><p>Persatuan dan kesatuan dalam keberagaman melibatkan beberapa elemen kunci:</p><p><strong>Hormati Perbedaan:</strong></p><ul><li>Masyarakat menerima dan menghormati perbedaan sebagai bagian dari kekayaan budaya dan manusia. Ini melibatkan sikap terbuka terhadap nilai-nilai, keyakinan, dan praktik-praktik yang beragam.</li></ul><p><strong>Dialog dan Komunikasi:</strong></p><ul><li>Terbentuknya kesatuan memerlukan dialog terus-menerus dan komunikasi yang efektif antara kelompok-kelompok yang berbeda. Ini membantu menciptakan pemahaman dan membangun kepercayaan di antara anggota masyarakat.</li></ul><p><strong>Kesamaan Nilai dan Tujuan:</strong></p><ul><li>Walaupun terdapat keberagaman, terdapat juga kesamaan nilai, tujuan, dan visi yang mendasari keberagaman tersebut. Adanya konsensus mengenai hal-hal ini memperkuat persatuan dalam keragaman.</li></ul><p><strong>Keadilan Sosial:</strong></p><ul><li>Masyarakat bekerja menuju keadilan sosial, di mana hak dan kebebasan individu dihormati dan dipelihara tanpa memandang latar belakang atau keberagaman mereka.</li></ul><p><strong>Kesadaran akan Identitas Bersama:</strong></p><ul><li>Terdapat kesadaran bersama akan identitas sebagai bagian dari satu entitas yang lebih besar, seperti negara atau komunitas. Identitas bersama ini dapat menjadi dasar untuk persatuan.</li></ul><p><strong>Pendidikan dan Kesadaran:</strong></p><ul><li>Pendidikan mengenai keberagaman dan penghargaan terhadap keberagaman penting untuk membangun kesatuan. Kesadaran akan sejarah, budaya, dan nilai-nilai bersama membentuk landasan yang kuat</li></ul>

keberagaman, di mana meskipun terdapat perbedaan dalam berbagai aspek seperti budaya, suku bangsa, agama, dan latar belakang lainnya, tetapi masyarakat tetap bersatu untuk mencapai visi, misi, dan tujuan bersama. Dalam konteks ini, persatuan dan kesatuan mencerminkan kemampuan suatu komunitas atau negara untuk mengelola dan merangkul keberagaman sebagai sumber kekuatan, inovasi, dan kekayaan, tanpa meniadakan identitas atau hak individu.

Persatuan dan kesatuan dalam keberagaman melibatkan beberapa elemen kunci:

Hormati Perbedaan:

  • Masyarakat menerima dan menghormati perbedaan sebagai bagian dari kekayaan budaya dan manusia. Ini melibatkan sikap terbuka terhadap nilai-nilai, keyakinan, dan praktik-praktik yang beragam.

Dialog dan Komunikasi:

  • Terbentuknya kesatuan memerlukan dialog terus-menerus dan komunikasi yang efektif antara kelompok-kelompok yang berbeda. Ini membantu menciptakan pemahaman dan membangun kepercayaan di antara anggota masyarakat.

Kesamaan Nilai dan Tujuan:

  • Walaupun terdapat keberagaman, terdapat juga kesamaan nilai, tujuan, dan visi yang mendasari keberagaman tersebut. Adanya konsensus mengenai hal-hal ini memperkuat persatuan dalam keragaman.

Keadilan Sosial:

  • Masyarakat bekerja menuju keadilan sosial, di mana hak dan kebebasan individu dihormati dan dipelihara tanpa memandang latar belakang atau keberagaman mereka.

Kesadaran akan Identitas Bersama:

  • Terdapat kesadaran bersama akan identitas sebagai bagian dari satu entitas yang lebih besar, seperti negara atau komunitas. Identitas bersama ini dapat menjadi dasar untuk persatuan.

Pendidikan dan Kesadaran:

  • Pendidikan mengenai keberagaman dan penghargaan terhadap keberagaman penting untuk membangun kesatuan. Kesadaran akan sejarah, budaya, dan nilai-nilai bersama membentuk landasan yang kuat

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

22. Pernyataan berikut yang menunjukkan dimensi negatif hak adalah A. Rini membelikan Sani sepasang sepatu sekolah agar bisa mengganti sepatunya yang sobek. B. Anto meminta Rio untuk membantunya menagih uangnya yang dipinjam Dimas enam bulan lalu. .C. Pak Ipul memberi potongan harga untuk baju yang dibeli Feri karena menjadi pembeli pertamanya hari ini. D. Dalam perjalanan, Pebri memberitahu Egi agar berhenti dan menunggunya melaksanakan salat magrib.

7

0.0

Jawaban terverifikasi