Ammar A

24 Mei 2024 03:59

Iklan

Iklan

Ammar A

24 Mei 2024 03:59

Pertanyaan

Pernyatan berikut merupakan aplikasi bioteknologi dalam kehidupan sehari- hari: 1. antibodi monoklonal 2. protein sel tunggal 3. hormon insulin manusia oleh bakteri 4. antibiotik penisilin 5. tanaman transgenik Yang termasuk produk bioteknologi moderen adalah... Tandai satu obal saja. 1,2,3 1,3,5 2,3,4 2,3,5 3,4,5 1000

 Pernyatan berikut merupakan aplikasi bioteknologi dalam kehidupan sehari- hari: 1. antibodi monoklonal 2. protein sel tunggal 3. hormon insulin manusia oleh bakteri 4. antibiotik penisilin 5. tanaman transgenik Yang termasuk produk bioteknologi moderen adalah... Tandai satu obal saja. 1,2,3 1,3,5 2,3,4 2,3,5 3,4,5 1000

alt

18

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Mei 2024 04:10

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: 1,3,5 【Penjelasan】: Bioteknologi modern adalah teknologi yang memanfaatkan organisme hidup, sel, atau molekul untuk menghasilkan produk atau proses yang bermanfaat bagi manusia. Dalam konteks pertanyaan ini, antibodi monoklonal (1), hormon insulin manusia oleh bakteri (3), dan tanaman transgenik (5) adalah contoh produk bioteknologi modern. Antibodi monoklonal digunakan dalam terapi kanker dan penyakit lainnya. Hormon insulin manusia yang diproduksi oleh bakteri digunakan untuk mengobati diabetes. Tanaman transgenik adalah tanaman yang telah dimodifikasi secara genetik untuk menghasilkan sifat-sifat tertentu. Oleh karena itu, jawabannya adalah 1,3,5.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Mei 2024 06:01

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah B.</p><p>&nbsp;</p><p>Untuk menentukan produk bioteknologi modern di antara pilihan yang diberikan, kita harus memahami bahwa bioteknologi modern sering melibatkan teknologi DNA rekombinan, teknik hibridoma, atau modifikasi genetik. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing pernyataan:</p><ol><li><strong>Antibodi monoklonal</strong>: Menggunakan teknik hibridoma atau rekayasa genetik, banyak digunakan dalam terapi dan diagnosis penyakit.</li><li><strong>Protein sel tunggal</strong>: Dihasilkan dari mikroorganisme seperti alga, ragi, atau bakteri, sering digunakan sebagai sumber makanan atau pakan ternak.</li><li><strong>Hormon insulin manusia oleh bakteri</strong>: Diproduksi menggunakan teknologi rekayasa genetika dengan memasukkan gen insulin manusia ke dalam bakteri.</li><li><strong>Antibiotik penisilin</strong>: Dihasilkan dari jamur Penicillium, meskipun merupakan penemuan penting, tidak termasuk dalam bioteknologi modern karena tidak melibatkan teknologi rekayasa genetika.</li><li><strong>Tanaman transgenik</strong>: Tanaman yang dimodifikasi secara genetik untuk memiliki sifat-sifat tertentu, seperti tahan terhadap hama atau penyakit.</li></ol><p>Berdasarkan analisis di atas, yang termasuk produk bioteknologi modern adalah:</p><ul><li><strong>Antibodi monoklonal</strong> (1)</li><li><strong>Hormon insulin manusia oleh bakteri</strong> (3)</li><li><strong>Tanaman transgenik</strong> (5)</li></ul>

jawabannya adalah B.

 

Untuk menentukan produk bioteknologi modern di antara pilihan yang diberikan, kita harus memahami bahwa bioteknologi modern sering melibatkan teknologi DNA rekombinan, teknik hibridoma, atau modifikasi genetik. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing pernyataan:

  1. Antibodi monoklonal: Menggunakan teknik hibridoma atau rekayasa genetik, banyak digunakan dalam terapi dan diagnosis penyakit.
  2. Protein sel tunggal: Dihasilkan dari mikroorganisme seperti alga, ragi, atau bakteri, sering digunakan sebagai sumber makanan atau pakan ternak.
  3. Hormon insulin manusia oleh bakteri: Diproduksi menggunakan teknologi rekayasa genetika dengan memasukkan gen insulin manusia ke dalam bakteri.
  4. Antibiotik penisilin: Dihasilkan dari jamur Penicillium, meskipun merupakan penemuan penting, tidak termasuk dalam bioteknologi modern karena tidak melibatkan teknologi rekayasa genetika.
  5. Tanaman transgenik: Tanaman yang dimodifikasi secara genetik untuk memiliki sifat-sifat tertentu, seperti tahan terhadap hama atau penyakit.

Berdasarkan analisis di atas, yang termasuk produk bioteknologi modern adalah:

  • Antibodi monoklonal (1)
  • Hormon insulin manusia oleh bakteri (3)
  • Tanaman transgenik (5)

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Mendel telah menemukan bahwa sifat-sifat makhluk hidup dapat diturunkan melalui faktor-faktor keturunan.Penemuan ini selanjutnya dikembangkan melalui penelitian-penelitian yang akhirnya menghasilkan fakta bahwa DNA membawa materi genetik.Melalui perkembangan bioteknologi munculah teknik rekayasa genetika.Dalam bidang kedokteran teknik rekayasa dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan... a.vaksin hepatitis B dan interferon alfa b.insulin manusia dan antibodi monoklonal c.antibiotik dan hormon pertumbuhan d.enzim restriksi dan protein sel tunggal e.asam amino dan vitamin

255

5.0

Jawaban terverifikasi