Wenn N

22 Agustus 2023 07:32

Iklan

Iklan

Wenn N

22 Agustus 2023 07:32

Pertanyaan

pernyataan tentang proses osmosis


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Agustus 2023 07:57

Jawaban terverifikasi

Osmosis adalah proses perpindahan pelarut (biasanya air) melalui membran semipermeabel dari larutan dengan konsentrasi rendah ke larutan dengan konsentrasi tinggi. Berikut adalah beberapa pernyataan tentang proses osmosis: 1. Osmosis terjadi karena adanya perbedaan konsentrasi antara dua larutan yang dipisahkan oleh membran semipermeabel. 2. Osmosis terjadi secara pasif tanpa memerlukan energi tambahan dari sel. 3. Osmosis berlangsung sampai tercapai kesetimbangan konsentrasi antara dua larutan. 4. Larutan dengan konsentrasi tinggi disebut hipertonik, sedangkan larutan dengan konsentrasi rendah disebut hipotonik. 5. Saat osmosis terjadi, air bergerak dari larutan hipotonik ke larutan hipertonik hingga perbedaan konsentrasi seimbang. Pernyataan ini memberikan gambaran umum tentang proses osmosis dan prinsip dasarnya. Namun demikian, perlu diingat bahwa osmosis juga dapat melibatkan zat-zat selain air dan dapat terjadi dalam berbagai konteks, seperti dalam sel tumbuhan dan hewan. Dalam konteks biologi, penjelasan lebih rinci dapat diberikan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti potensial air, tekanan osmosis, dan keseimbangan osmotik.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

22 Agustus 2023 08:05

Jawaban terverifikasi

Osmosis adalah proses difusi air melalui membran semipermeabel dari larutan yang memiliki konsentrasi air rendah ke larutan yang memiliki konsentrasi air tinggi. Beberapa pernyataan yang menggambarkan proses osmosis adalah: Pengaruh Gradien Konsentrasi: Osmosis terjadi karena adanya perbedaan konsentrasi zat terlarut di antara dua sisi membran semipermeabel. Air bergerak dari larutan dengan konsentrasi rendah ke larutan dengan konsentrasi tinggi hingga mencapai keseimbangan. Membran Semipermeabel: Proses osmosis terjadi melalui membran semipermeabel yang memungkinkan hanya molekul air melewati, sementara partikel terlarut lainnya tidak dapat melewati dengan bebas. Upaya Menyeimbangkan Konsentrasi: Osmosis adalah upaya untuk mencapai kesetimbangan konsentrasi di kedua sisi membran. Air terus bergerak melalui membran sampai perbedaan konsentrasi terlarut antara dua sisi mencapai titik yang setara. Tekanan Osmosis: Tekanan osmosis terjadi ketika air bergerak masuk atau keluar dari sel atau larutan melalui membran semipermeabel. Tekanan osmosis dapat menyebabkan perubahan volume dan tekanan pada sel atau larutan. Membran Sel: Osmosis adalah proses penting dalam biologi karena memengaruhi pergerakan air dalam dan keluar sel. Sel tumbuhan, misalnya, dapat mengalami turgor (tekanan dalam sel) karena osmosis. Penting dalam Fisiologi: Osmosis berperan penting dalam menjaga keseimbangan air dan elektrolit dalam organisme hidup. Proses ini berpengaruh pada fungsi ginjal, regulasi tekanan darah, dan sejumlah proses fisiologis lainnya. Penggunaan dalam Teknologi: Osmosis juga digunakan dalam beberapa teknologi, seperti dalam pengolahan air, desalinasi air laut, dan metode pemisahan bahan kimia. Penting untuk dicatat bahwa osmosis adalah fenomena alami yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan, mulai dari sel hingga ekosistem, serta memiliki implikasi dalam berbagai bidang ilmu seperti biologi, kimia, dan teknologi.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

363

2.0

Jawaban terverifikasi