Alahsar B

24 Agustus 2022 22:02

Iklan

Iklan

Alahsar B

24 Agustus 2022 22:02

Pertanyaan

perkembangan sejarah asean termasuk kajian sejarah. a. lokal b. tradisional c. kontemporer d. dunia e. modern


12

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Zaenita

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Nasional Malang

23 September 2022 13:43

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah D.</p><p>&nbsp;</p><p>Yuk disimak penjelasannya.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Historiografi adalah ilmu yang mempelajari metode penggambaran atau penulisan sejarah, seperti asal-usul, riwayat, atau pengetahuan tentang peristiwa di masa lampau. Berikut beberapa Historiografi kajian sejarah:</p><p>&nbsp;</p><ol><li>Sejarah lokal: mengangkat topik atau tema sejarah suatu tempat atau lokalitas. Contohnya peristiwa Lima Hari Semarang, Pemberontakan Petani di Banten, dll.&nbsp;</li><li>Sejarah tradisional: umumnya bercerita tentang kerajaan, kehidupan raja, sifat-sifat yang melebih-lebihkan raja dan para pengikutnya. Contohnya sejarah Melayu, hikayat raja-raja Pasai, dll.&nbsp;</li><li>Sejarah kontemporer: sejarah mutakhir yang masih relatif dekat dan bisa dirasakan kehadirannya oleh kita sekarang. Contohnya Perang Sudan, Konflik Yugoslavia, dll.&nbsp;</li><li>Sejarah dunia: sejarah umat manusia di seluruh dunia, semua daerah di Bumi, dirunut dari zaman batu tua yang terdiri dari kajian rekam arkeologi dan catatan tertulis. Contohnya Perang Dunia, Sejarah ASEAN, dll.&nbsp;</li><li>Sejarah modern: penulisan sejarah Indonesia yang kritis atau sesuai dengan prinsip-prinsip ilmiah. Contohnya Islam dan Masyarakat karya Taufik Abdullah.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan penjelasan diatas maka jawaban yang tepat adalah D. Dunia&nbsp;</p>

Jawaban yang tepat adalah D.

 

Yuk disimak penjelasannya. 

 

Historiografi adalah ilmu yang mempelajari metode penggambaran atau penulisan sejarah, seperti asal-usul, riwayat, atau pengetahuan tentang peristiwa di masa lampau. Berikut beberapa Historiografi kajian sejarah:

 

  1. Sejarah lokal: mengangkat topik atau tema sejarah suatu tempat atau lokalitas. Contohnya peristiwa Lima Hari Semarang, Pemberontakan Petani di Banten, dll. 
  2. Sejarah tradisional: umumnya bercerita tentang kerajaan, kehidupan raja, sifat-sifat yang melebih-lebihkan raja dan para pengikutnya. Contohnya sejarah Melayu, hikayat raja-raja Pasai, dll. 
  3. Sejarah kontemporer: sejarah mutakhir yang masih relatif dekat dan bisa dirasakan kehadirannya oleh kita sekarang. Contohnya Perang Sudan, Konflik Yugoslavia, dll. 
  4. Sejarah dunia: sejarah umat manusia di seluruh dunia, semua daerah di Bumi, dirunut dari zaman batu tua yang terdiri dari kajian rekam arkeologi dan catatan tertulis. Contohnya Perang Dunia, Sejarah ASEAN, dll. 
  5. Sejarah modern: penulisan sejarah Indonesia yang kritis atau sesuai dengan prinsip-prinsip ilmiah. Contohnya Islam dan Masyarakat karya Taufik Abdullah.

 

Berdasarkan penjelasan diatas maka jawaban yang tepat adalah D. Dunia 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa Dampak monopoli dalam perdagangan terhadap VOC

80

0.0

Jawaban terverifikasi