IPS.Vanessa I

27 Februari 2024 03:08

Iklan

Iklan

IPS.Vanessa I

27 Februari 2024 03:08

Pertanyaan

Perjuangan rakyat Indonesia setelah abad ke 20 menggunakan organisasi modern seperti ....


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Yuni H

28 Februari 2024 09:51

Jawaban terverifikasi

<p>Beberapa organisasi tersebut antara lain:</p><p><strong>Partai Politik:</strong></p><ul><li><strong>Partai Nasional Indonesia (PNI):</strong> Didirikan pada 1927, PNI merupakan salah satu partai politik pertama yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.</li><li><strong>Masyumi:</strong> Didirikan pada 1945, Masyumi adalah partai politik Islam yang juga berperan dalam perjuangan kemerdekaan.</li></ul><p><strong>Badan-badan Perjuangan:</strong></p><ul><li><strong>Badan Keamanan Rakyat (BKR):</strong> Didirikan pada 1943, BKR merupakan badan paramiliter yang dibentuk oleh pemerintah Jepang namun kemudian dimanfaatkan untuk melibatkan masyarakat dalam perjuangan kemerdekaan.</li><li><strong>Laskar Rakyat:</strong> Merupakan kelompok relawan yang berperan dalam pertempuran melawan pasukan Sekutu dan Belanda.</li></ul><p><strong>Gerakan Mahasiswa:</strong></p><ul><li><strong>Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI):</strong> Berdiri pada 5 Februari 1947, HMI telah aktif dalam perjuangan politik dan sosial.</li></ul><p><strong>Organisasi Pekerja:</strong></p><ul><li><strong>Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (SOBSI):</strong> Didirikan pada 1946, SOBSI merupakan organisasi pekerja yang ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan.</li></ul><p><strong>Gerakan Wanita:</strong></p><ul><li><strong>Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani):</strong> Berdiri pada 1950, Gerwani aktif dalam perjuangan politik dan hak-hak perempuan.</li></ul><p><strong>Organisasi-organisasi Keagamaan:</strong></p><ul><li><strong>Nahdlatul Ulama (NU):</strong> Sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia, NU turut serta dalam memberikan dukungan dan pandangan dalam proses kemerdekaan.</li><li><strong>Muhammadiyah:</strong> Merupakan organisasi Islam modern yang juga terlibat dalam perjuangan politik dan sosial.</li></ul><p>Organisasi-organisasi tersebut memiliki peran yang beragam dalam menyatukan rakyat Indonesia dan melibatkan mereka dalam perjuangan kemerdekaan serta pembangunan negara setelah merdeka pada tahun 1945.</p>

Beberapa organisasi tersebut antara lain:

Partai Politik:

  • Partai Nasional Indonesia (PNI): Didirikan pada 1927, PNI merupakan salah satu partai politik pertama yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
  • Masyumi: Didirikan pada 1945, Masyumi adalah partai politik Islam yang juga berperan dalam perjuangan kemerdekaan.

Badan-badan Perjuangan:

  • Badan Keamanan Rakyat (BKR): Didirikan pada 1943, BKR merupakan badan paramiliter yang dibentuk oleh pemerintah Jepang namun kemudian dimanfaatkan untuk melibatkan masyarakat dalam perjuangan kemerdekaan.
  • Laskar Rakyat: Merupakan kelompok relawan yang berperan dalam pertempuran melawan pasukan Sekutu dan Belanda.

Gerakan Mahasiswa:

  • Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI): Berdiri pada 5 Februari 1947, HMI telah aktif dalam perjuangan politik dan sosial.

Organisasi Pekerja:

  • Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (SOBSI): Didirikan pada 1946, SOBSI merupakan organisasi pekerja yang ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan.

Gerakan Wanita:

  • Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani): Berdiri pada 1950, Gerwani aktif dalam perjuangan politik dan hak-hak perempuan.

Organisasi-organisasi Keagamaan:

  • Nahdlatul Ulama (NU): Sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia, NU turut serta dalam memberikan dukungan dan pandangan dalam proses kemerdekaan.
  • Muhammadiyah: Merupakan organisasi Islam modern yang juga terlibat dalam perjuangan politik dan sosial.

Organisasi-organisasi tersebut memiliki peran yang beragam dalam menyatukan rakyat Indonesia dan melibatkan mereka dalam perjuangan kemerdekaan serta pembangunan negara setelah merdeka pada tahun 1945.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 22:45

Jawaban terverifikasi

<p>Perjuangan rakyat Indonesia setelah abad ke-20 melibatkan berbagai organisasi modern yang memainkan peran kunci dalam mencapai kemerdekaan, reformasi, dan perubahan sosial. Beberapa organisasi tersebut termasuk:</p><p><strong>Budi Utomo (1908):</strong></p><ul><li>Meskipun didirikan pada awal abad ke-20, Budi Utomo menjadi cikal bakal pergerakan nasional Indonesia. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia di bawah kebijakan kolonial Belanda.</li></ul><p><strong>Sarekat Islam (SI):</strong></p><ul><li>Didirikan pada tahun 1912, SI awalnya merupakan organisasi serikat buruh yang kemudian berkembang menjadi organisasi politik dengan perjuangan melawan kolonialisme dan menuntut hak-hak politik bagi orang Indonesia.</li></ul><p><strong>Partai Komu-nis Indonesia (PKI):</strong></p><ul><li>Didirikan pada tahun 1920, PKI menjadi salah satu organisasi yang aktif dalam perjuangan melawan penjajahan dan ketidaksetaraan sosial. Terlibat dalam perlawanan bersama dengan organisasi-organisasi lain pada masa revolusi dan perjuangan kemerdekaan.</li></ul><p><strong>Perserikatan Perjuangan Semesta Alam (PETA):</strong></p><ul><li>Organisasi ini didirikan pada masa pendudukan Jepang sebagai bagian dari upaya melibatkan rakyat Indonesia dalam pertahanan wilayah. Meskipun awalnya diinisiasi oleh Jepang, PETA kemudian ikut aktif dalam perjuangan kemerdekaan.</li></ul><p><strong>Masyumi (1947):</strong></p><ul><li>Masyumi didirikan sebagai partai politik pada tahun 1947 dan menjadi salah satu kekuatan politik utama di awal kemerdekaan. Organisasi ini mewakili aspirasi Islam di tingkat politik.</li></ul><p><strong>Gerakan 30 September (G30S):</strong></p><ul><li>Meskipun G30S diidentifikasi sebagai organisasi yang terlibat dalam kudeta militer pada tahun 1965, peristiwa ini memengaruhi perjalanan sejarah Indonesia secara signifikan dan membawa dampak besar pada kehidupan politik dan sosial.</li></ul><p><strong>Gerakan Mahasiswa:</strong></p><ul><li>Mahasiswa selalu memainkan peran kunci dalam perjuangan politik. Gerakan mahasiswa yang mencuat pada tahun 1998, terutama dalam konteks Reformasi, memainkan peran penting dalam menggulingkan rezim Orde Baru dan membawa perubahan politik dan sosial di Indonesia.</li></ul><p><strong>Reformasi 1998:</strong></p><ul><li>Demonstrasi mahasiswa dan aktivisme masyarakat yang melibatkan berbagai kelompok dan organisasi menjadi pendorong utama jatuhnya rezim Orde Baru pada tahun 1998 dan munculnya era Reformasi.</li></ul>

Perjuangan rakyat Indonesia setelah abad ke-20 melibatkan berbagai organisasi modern yang memainkan peran kunci dalam mencapai kemerdekaan, reformasi, dan perubahan sosial. Beberapa organisasi tersebut termasuk:

Budi Utomo (1908):

  • Meskipun didirikan pada awal abad ke-20, Budi Utomo menjadi cikal bakal pergerakan nasional Indonesia. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia di bawah kebijakan kolonial Belanda.

Sarekat Islam (SI):

  • Didirikan pada tahun 1912, SI awalnya merupakan organisasi serikat buruh yang kemudian berkembang menjadi organisasi politik dengan perjuangan melawan kolonialisme dan menuntut hak-hak politik bagi orang Indonesia.

Partai Komu-nis Indonesia (PKI):

  • Didirikan pada tahun 1920, PKI menjadi salah satu organisasi yang aktif dalam perjuangan melawan penjajahan dan ketidaksetaraan sosial. Terlibat dalam perlawanan bersama dengan organisasi-organisasi lain pada masa revolusi dan perjuangan kemerdekaan.

Perserikatan Perjuangan Semesta Alam (PETA):

  • Organisasi ini didirikan pada masa pendudukan Jepang sebagai bagian dari upaya melibatkan rakyat Indonesia dalam pertahanan wilayah. Meskipun awalnya diinisiasi oleh Jepang, PETA kemudian ikut aktif dalam perjuangan kemerdekaan.

Masyumi (1947):

  • Masyumi didirikan sebagai partai politik pada tahun 1947 dan menjadi salah satu kekuatan politik utama di awal kemerdekaan. Organisasi ini mewakili aspirasi Islam di tingkat politik.

Gerakan 30 September (G30S):

  • Meskipun G30S diidentifikasi sebagai organisasi yang terlibat dalam kudeta militer pada tahun 1965, peristiwa ini memengaruhi perjalanan sejarah Indonesia secara signifikan dan membawa dampak besar pada kehidupan politik dan sosial.

Gerakan Mahasiswa:

  • Mahasiswa selalu memainkan peran kunci dalam perjuangan politik. Gerakan mahasiswa yang mencuat pada tahun 1998, terutama dalam konteks Reformasi, memainkan peran penting dalam menggulingkan rezim Orde Baru dan membawa perubahan politik dan sosial di Indonesia.

Reformasi 1998:

  • Demonstrasi mahasiswa dan aktivisme masyarakat yang melibatkan berbagai kelompok dan organisasi menjadi pendorong utama jatuhnya rezim Orde Baru pada tahun 1998 dan munculnya era Reformasi.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ketika menjabat sebagai khatib di Masjid Agung Kesultanan, K.H. Ahmad Dahlan mulai melakukan ide pembaruan. Pernyataan yang terkait ialah HOTS a. Mengimbau untuk merapatkan saf ketika salat b. Menggarisi lantai masjid sesuai tarah kiblat C. Memindahkan tata letak tempat skhotbah d. Menggunakan pengeras suara bagi imam masjid e. Mengimbau jamaah anak-anak ditempatkan di saf belakang

22

0.0

Jawaban terverifikasi