Herlina K

13 Februari 2020 00:43

Pertanyaan

perhatikanlah kalimat berikut! kita harus belajar dari sekarang, supaya saat ujian kita tidak mengalami kesulitan. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah... a. Koma (,) tidak digunakan pada kalimat yang bukan perincian b. koma (,) tidak digunakan jika anak kalimat setelah induk kalimat c. koma (,) hanya digunakan untuk memisahkan keterangan oposisi d. koma (,) tidak digunakan jika kalimat tersebut bukan kalimat majemuk bertingkat


112

1

Jawaban terverifikasi

A. Rahmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

03 Januari 2022 03:37

Jawaban terverifikasi

Halo Herlina K. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, kakak bantu jawab ya. Jawaban yang tepat adalah pilihan D. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya. Kalimat dalam bahasa Indonesia haruslah baik dan benar. Baik berarti bisa menyampaikan informasi secara tepat dan benar berarti sesuai dengan aturan berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Berikut beberapa aturan penggunaan tanda koma. 1. Tanda koma dipakai di antara unsur-unsur pemerincian atau pembilangan. 2. Tanda koma dipakai sebelum kata penghubung dalam kalimat majemuk setara. 3. Tanda koma dipakai setelah kata penghubung dalam kalimat majemuk bertingkat. 4. Tanda koma dipakai untuk memisahkan anak kalimat yang mendahului induk kalimat. 5. Tanda koma dipakai untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat. Penggunaan tanda koma (,) pada kalimat tersebut seharusnya tidak digunakan jika kalimat tersebut bukan kalimat majemuk bertingkat yang mengandung konjungsi antarkalimat. Tanda koma (,) sebelum kata supaya seharusnya dihapus saja sebab termasuk konjungsi intrakalimat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. Semoga membantu ya :)


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

sebetulnya tidak pernah ada larangan bagi seorang remaja untuk berteman dengan prinsip kebebasan dan kesetaraan kamu boleh berteman dengan siapa saja tapi apakah itu berarti kamu harus Sangat terbuka untuk berteman dengan siapapun dan tidak membatasi diri kenyataannya banyak remaja yang terjerumus kedalam perilaku negatif karena mereka memiliki tanah teman yang juga berperilaku negatif. simpulan isi teks tersebut adalah?

132

0.0

Jawaban terverifikasi