Sara K

23 Maret 2022 13:41

Iklan

Iklan

Sara K

23 Maret 2022 13:41

Pertanyaan

Perhatikan teks laporan berikut! Fakta Unik Penyu Penyu merupakan salah satu jenis reptilia. Sebagian besar penyu hidup di laut. Penyu memiliki cara unik untuk berkembang biak. Biasanya, penyu yang siap bertelur akan berenang menuju tepi pantai. Sesampainya di pantai, penyu akan menggali pasir hingga cukup dalam untuk menyimpan telur-telurnya. Hal ini bertujuan agar telur-telur penyu tidak diburu pemangsa. Setiap masa bertelur, penyu mengeluarkan 30 hingga 150 butir telur. Setelah menetas, anak-anak penyu bergegas pergi ke laut. Terangnya cahaya bulan di atas samudra serta kemiringan lereng pasir membantu anak-anak penyu mencari arah menuju laut. Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi teks laporan adalah …. a. Apa alat pernapasan penyu? b. Mengapa penyu termasuk salah satu jenis reptilia? c. Berapa banyak telur yang dihasilkan penyu setiap masa bertelur? d. Bagaimana penyu beradaptasi dengan lingkungannya?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rahmawati

14 April 2022 09:55

Jawaban terverifikasi

Halo Sara K. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, kakak bantu jawab ya. Jawaban yang tepat adalah pilihan C. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya. Adiksimba adalah singkatan dari kata tanya apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Adiksimba biasa digunakan untuk mencari informasi penting, baik dalam teks berupa paragraf, berita, atau mencari kesimpulan, ataupun digunakan untuk memperoleh informasi secara langsung, seperti dalam wawancara. Namun dalam penggunaannya terdapat pula kata tanya lain seperti berapa. Penggunaan Adiksimba adalah sebagai berikut. 1. Apa (what) menanyakan hal yang sedang diberitakan. 2. Di mana (where) menanyakan tempat/lokasi diberitakan itu terjadi. 3. Kapan (when) menanyakan waktu kejadian. 4. Siapa (who) menanyakan objek yang yang diberitakan. 5. Mengapa (why) menanyakan sebab terjadinya kejadian. 6. Bagaimana (how) proses terjadinya kejadian. 7. Berapa menanyakan bilangan yang mewakili mewakili jumlah, ukuran, nilai, harga, satuan, waktu. Berdasarkan pemaparan tersebut, kalimat pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan teks tersebut adalah "Berapa banyak telur yang dihasilkan penyu setiap masa bertelur?" Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan kalimat "Setiap masa bertelur, penyu mengeluarkan 30 hingga 150 butir telur." Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah bagian "30 hingga 150 butir telur". Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bambang Pamungkas adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim sepakbola Indonesia. Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan biografi tersebut adalah

118

5.0

Jawaban terverifikasi