Ema D

27 Maret 2020 00:26

Iklan

Iklan

Ema D

27 Maret 2020 00:26

Pertanyaan

Perhatikan sumber pendapatan negara dan belanja negara berikut!1) Subsidi BBM 2) Pajak bumi dan bangunan 3) Pembiayaan pembangunan 4) Hibah 5) Keuntungan perusahaan negara 6) Pembayaran bunga utang. Sumber pendapatan negara ditunjukkan pada nomor ...


72

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

I. Ilahiyyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

25 Desember 2021 13:54

Jawaban terverifikasi

Halo Ema, Kakak bantu jawab ya :) Menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, pendapatan negara diartikan semua penerimaan yang berasal dari perpajakan, penerimaan negara bukan pajak, dan penerimaan hibah dari dalam dan luar negeri. Merujuk pada Anggaran Pendapatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terdapat tiga sumber pendapatan negara, yaitu penerimaan pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan hibah. Berikut merupakan penjelasan dari setiap sumber pendapatan negara: 1. Penerimaan dalam negeri terdiri dari dua jenis, yaitu penerimaan perpajakan dan penerimaan bukan pajak. Penerimaan perpajakan dibedakan dari asalnya, yang terdiri dari pajak dalam negeri dan pajak perdagangan internasional. 2. Pajak Dalam Negeri terdiri atas pajak penghasilan yang terdiri atas migas dan non migas, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), cukai, serta pajak lainnya. 3. Penerimaan Bukan Pajak berasal dari penerimaan sumber daya alam antara lain minyak bumi, gas alam, pertambangan umum, dan perikanan. Penerimaan bukan pajak yang berasal dari bagian laba BUMN dan penerimaan negara bukan pajak lainnya. 4. Hibah yaitu penerimaan bantuan yang tidak harus dikembalikan kepada pemberinya. Sehingga berdasarkan soal tersebut sumber pendapatan negara ditunjukkan pada nomor 2, 4, dan 5. Semoga membantu Ema, have a nice day!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

fungsi distribusi APBN adalah...

9

0.0

Jawaban terverifikasi

1. Pak Tatang pegawai tetap di PT. Sejahtera dengan gaji sebulan Rp 10.000.000. PakTatang sudah menikah dan mempunyai anak 2. PT. Sejahtera masuk programjamsostek, premi jaminan kecelakaan kerja dan premi jaminan kematian dibayar olehpemberi kerja sebesar 1% dan 0,5% dari gaji. Pak Tatang membayar iuran pensiundan jaminan hari tua sebesar Rp 50.000 dan 30.000. Hitung PPh pasal 21 tiapbulannya !2. Peredaran bruto PT Abadi tahun pajak 2012 sebesar Rp 6.000.000.000,00 denganpenghaislan kena pajak Rp 550.000.000.000,00. Hitung PPh terutangnya !

3

0.0

Lihat jawaban (1)