Anonim N

18 Maret 2024 13:37

Iklan

Iklan

Anonim N

18 Maret 2024 13:37

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut dan pilihlah jawaban yang benar! Negara kebangsaan modern adalah negarayang pembentukannya didasrakan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme , yaitu tekad sebuah masyarakat untuk membangun masadepan bersama di bawah satu negara yang sama walupun berbeda-beda agama, ras , etnik atau golongan! A. Benar B. Salah


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 07:59

Jawaban terverifikasi

<p>Pernyataan tersebut adalah benar. Pernyataan tersebut menggambarkan prinsip dasar dari negara kebangsaan modern, yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:</p><p><strong>Negara Kebangsaan Modern</strong>: Negara kebangsaan modern adalah bentuk negara yang diorganisasi berdasarkan konsep kebangsaan, di mana warga negara dianggap sebagai bagian dari satu kesatuan nasional yang memiliki identitas bersama.</p><p><strong>Semangat Kebangsaan atau Nasionalisme</strong>: Pembentukan negara kebangsaan modern didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme, yang merupakan tekad sebuah masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama. Ini mencakup ide bahwa warga negara memiliki kesetiaan dan identitas terhadap negara tersebut, meskipun mereka memiliki perbedaan dalam agama, ras, etnis, atau golongan.</p><p><strong>Kesatuan dalam Keberagaman</strong>: Negara kebangsaan modern mengakui dan menghargai keberagaman di antara warga negaranya, namun juga menegaskan kesatuan dalam keragaman tersebut. Prinsip ini mengandalkan inklusivitas, di mana semua individu diakui sebagai bagian dari kesatuan nasional, tanpa memandang perbedaan agama, ras, etnis, atau golongan.</p><p><br>&nbsp;</p>

Pernyataan tersebut adalah benar. Pernyataan tersebut menggambarkan prinsip dasar dari negara kebangsaan modern, yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

Negara Kebangsaan Modern: Negara kebangsaan modern adalah bentuk negara yang diorganisasi berdasarkan konsep kebangsaan, di mana warga negara dianggap sebagai bagian dari satu kesatuan nasional yang memiliki identitas bersama.

Semangat Kebangsaan atau Nasionalisme: Pembentukan negara kebangsaan modern didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme, yang merupakan tekad sebuah masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama. Ini mencakup ide bahwa warga negara memiliki kesetiaan dan identitas terhadap negara tersebut, meskipun mereka memiliki perbedaan dalam agama, ras, etnis, atau golongan.

Kesatuan dalam Keberagaman: Negara kebangsaan modern mengakui dan menghargai keberagaman di antara warga negaranya, namun juga menegaskan kesatuan dalam keragaman tersebut. Prinsip ini mengandalkan inklusivitas, di mana semua individu diakui sebagai bagian dari kesatuan nasional, tanpa memandang perbedaan agama, ras, etnis, atau golongan.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 Maret 2024 06:18

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah A.</p><p>&nbsp;</p><p>Perjalanan negara kebangsaan modern sering kali didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme, di mana masyarakat suatu wilayah atau negara bersatu untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, meskipun mereka memiliki perbedaan dalam agama, ras, etnis, atau golongan.</p><p>Pada dasarnya, nasionalisme adalah ideologi yang menekankan pada kepentingan, identitas, dan kebanggaan nasional suatu bangsa. Semangat kebangsaan ini mendorong individu-individu dari berbagai latar belakang untuk merasa terikat satu sama lain oleh satu identitas nasional, yang kemudian menjadi landasan pembentukan negara kebangsaan modern.</p><p>Dengan semangat kebangsaan ini, perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat seperti agama, ras, etnis, atau golongan diharapkan tidak menjadi penghalang untuk bersatu dan membangun negara yang kuat. Sebaliknya, perbedaan-perbedaan tersebut diharapkan dapat menjadi kekuatan dalam menciptakan masyarakat yang beragam namun bersatu dalam mencapai tujuan bersama.</p>

jawabannya adalah A.

 

Perjalanan negara kebangsaan modern sering kali didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme, di mana masyarakat suatu wilayah atau negara bersatu untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, meskipun mereka memiliki perbedaan dalam agama, ras, etnis, atau golongan.

Pada dasarnya, nasionalisme adalah ideologi yang menekankan pada kepentingan, identitas, dan kebanggaan nasional suatu bangsa. Semangat kebangsaan ini mendorong individu-individu dari berbagai latar belakang untuk merasa terikat satu sama lain oleh satu identitas nasional, yang kemudian menjadi landasan pembentukan negara kebangsaan modern.

Dengan semangat kebangsaan ini, perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat seperti agama, ras, etnis, atau golongan diharapkan tidak menjadi penghalang untuk bersatu dan membangun negara yang kuat. Sebaliknya, perbedaan-perbedaan tersebut diharapkan dapat menjadi kekuatan dalam menciptakan masyarakat yang beragam namun bersatu dalam mencapai tujuan bersama.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada dasarnya nasionalisme merupakan gejala psikologis dalam wujud rasa persamaan sekelompok manusia, yang memunculkan kesadaran sebagai bangsa. Berikut ini yang tidak termasuk konsep dasar yang mendasari rasa persamaan tersebut adalah : …. A. Pengalaman sejarah bangsa B. Persatuan dan cita-cita bersama C. Semangat persatuan dan kesatuan D. Rasa senasib sepenanggungan E. Rasa bangga yang berlebihan terhadap bangsa dan negara

4

0.0

Jawaban terverifikasi

20. Lemahnya penegakan hukum salah satunya disebabkan oleh kinerja aparat penegak hukum seperti hakim, kepolisian, jaksa atau advokat dan penyidik pegawai negeri sipil yang belum menunjukkan sikap profesional dan integritas moral yang tinggi, membuat kepercayaan masyarakat terhadap hukum yang ada menjadi kritis salah satu kasus di Indonesia yang menjadi pusat perhatian di masyarakat adalah kasus yang tidak ditangani oleh penegak hukum namun saat media massa bergerak kemudian kasus langsung ditangani, fenomena ini banyak disalati masyarakat menilai bahwa ini adalah penegak hukum yang dipicu oleh media massa ramai media menaikkan tag "no viral no justice" bagaimana upaya lembaga penegak hukum agar anggapan masyarakat tersebut hilang? A. Harus pemerintah harus mengevaluasi para lembaga penegak hukum kembali. B. Kepolisian harus lebih adil dalam menanggapi laporan kasus yang terjadi di masyarakat. C. Lembaga hukum harus lebih profesional dalam menjalankan tugasnya. D. Pemerintah memberi sanksi yang serius terhadap aparat yang melakukan tindakan mengacuhkan kasus atau menyepelekan kasus. E. Semua jawaban benar. 21. Adanya iptek di indonesia tentunya memberikan dampak positif dan negatif. Berbagai macam dampak positif memberikan pengaruh baik bagi kemajuan negara ini. Sedangkan, dampak negatif yang diberikan iptek ternyata memberikan ancaman yang bisa membahayakan rakyat indonesia. Lalu, bagaimana pemerintah menghindari ancaman tersebut? A. Pemerintah menyiptakan strategi dalam upaya menghindari ancaman iptek. B. Membuat peraturan dalam penggunaan iptek. C. Memblokir adanya iptek agar tidak ada ancaman apapun. D. Memaksa masyarakat agar tidak menggunakan iptek. E. Tidak melakukan apa-apa. 22. Dampak negatif yang timbul dari kemajuan iptek dalam aspek ini antara lain akan menimbulkan tindakan anarkis dari masyarakat yang dapat menggangu stabilitas nasional, ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, peran masyarakat dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kedaulatan negara semakin berkurang. Hal-hal negatif hukum, pertahanan dan keamanan melalui media internet adalah? A. Pelaku teroris dapat meretas radio melalui handphone B. Pelaku teroris dapat berkomunikasi dengan sesama teroris. C. Tidak terjadinya perang informasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. D. Teroris bisa mengajak masyarakat secara langsung. E. Pelaku teroris dapat mendapatkan informasi melalui internet.

11

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan