Anonim N

18 Maret 2024 13:38

Iklan

Iklan

Anonim N

18 Maret 2024 13:38

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut dan pilihlah jawaban dibawah ini! Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban , suka memberi pertolongan kepada orang lain , menjauhi sifat boros dan gaya hidup mewah serta menghargai hasil karya orang lain merupakan penerapan sikap positif dalam kehidupan sehari-hari yangsesuai dengan sila ke 5... A. Benar C. Salah


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 07:58

Jawaban terverifikasi

<p>Pernyataan tersebut adalah benar. Pernyataan tersebut merujuk pada penerapan sikap positif dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila ke-5 dalam Pancasila, yaitu "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia". Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai hubungan antara poin-poin dalam pernyataan tersebut dengan sila ke-5:</p><p><strong>Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban</strong>: Ini mencerminkan prinsip keadilan dalam memperlakukan individu secara adil, di mana hak-hak individu diimbangi dengan kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi untuk kepentingan bersama.</p><p><strong>Suka memberi pertolongan kepada orang lain</strong>: Prinsip solidaritas dan gotong royong tercermin dalam sikap untuk memberikan pertolongan kepada sesama, yang merupakan nilai yang dijunjung tinggi dalam keadilan sosial.</p><p><strong>Menjauhi sifat boros dan gaya hidup mewah</strong>: Ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sumber daya yang bijaksana dan distribusi yang adil untuk mewujudkan keadilan sosial bagi semua lapisan masyarakat.</p><p><strong>Menghargai hasil karya orang lain</strong>: Sikap menghargai hasil karya orang lain mencerminkan sikap saling menghormati dan menghargai, yang merupakan bagian integral dari prinsip keadilan sosial.</p><p><br>&nbsp;</p>

Pernyataan tersebut adalah benar. Pernyataan tersebut merujuk pada penerapan sikap positif dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila ke-5 dalam Pancasila, yaitu "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia". Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai hubungan antara poin-poin dalam pernyataan tersebut dengan sila ke-5:

Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban: Ini mencerminkan prinsip keadilan dalam memperlakukan individu secara adil, di mana hak-hak individu diimbangi dengan kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi untuk kepentingan bersama.

Suka memberi pertolongan kepada orang lain: Prinsip solidaritas dan gotong royong tercermin dalam sikap untuk memberikan pertolongan kepada sesama, yang merupakan nilai yang dijunjung tinggi dalam keadilan sosial.

Menjauhi sifat boros dan gaya hidup mewah: Ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sumber daya yang bijaksana dan distribusi yang adil untuk mewujudkan keadilan sosial bagi semua lapisan masyarakat.

Menghargai hasil karya orang lain: Sikap menghargai hasil karya orang lain mencerminkan sikap saling menghormati dan menghargai, yang merupakan bagian integral dari prinsip keadilan sosial.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 Maret 2024 06:17

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah A.</p><p>&nbsp;</p><p>Pernyataan tersebut merujuk pada nilai dan sikap positif yang sesuai dengan Sila Kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia. Berikut penjelasan mengapa pernyataan tersebut sesuai dengan Sila Kelima:</p><p><strong>Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban</strong>: Keadilan sosial menekankan pentingnya setiap individu memperoleh hak yang sepadan dengan kewajiban yang harus mereka laksanakan. Dengan menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, maka tercipta hubungan yang adil antara individu dan masyarakat.</p><p><strong>Suka memberi pertolongan kepada orang lain</strong>: Salah satu prinsip dalam keadilan sosial adalah gotong royong dan solidaritas sosial. Suka memberi pertolongan kepada orang lain mencerminkan semangat gotong royong, di mana setiap individu saling membantu untuk kepentingan bersama dan kesejahteraan bersama.</p><p><strong>Menjauhi sifat boros dan gaya hidup mewah</strong>: Keadilan sosial menuntut adanya distribusi sumber daya yang merata dan penggunaan sumber daya yang bijaksana untuk kepentingan bersama. Dengan menjauhi sifat boros dan gaya hidup mewah, maka sumber daya dapat dialokasikan secara lebih adil dan efisien.</p><p><strong>Menghargai hasil karya orang lain</strong>: Keadilan sosial juga mengandung prinsip penghargaan terhadap hasil karya dan kontribusi setiap individu dalam masyarakat. Dengan menghargai hasil karya orang lain, maka tercipta lingkungan sosial yang menghormati hak-hak dan martabat setiap individu.</p><p><br>&nbsp;</p>

jawabannya adalah A.

 

Pernyataan tersebut merujuk pada nilai dan sikap positif yang sesuai dengan Sila Kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia. Berikut penjelasan mengapa pernyataan tersebut sesuai dengan Sila Kelima:

Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban: Keadilan sosial menekankan pentingnya setiap individu memperoleh hak yang sepadan dengan kewajiban yang harus mereka laksanakan. Dengan menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, maka tercipta hubungan yang adil antara individu dan masyarakat.

Suka memberi pertolongan kepada orang lain: Salah satu prinsip dalam keadilan sosial adalah gotong royong dan solidaritas sosial. Suka memberi pertolongan kepada orang lain mencerminkan semangat gotong royong, di mana setiap individu saling membantu untuk kepentingan bersama dan kesejahteraan bersama.

Menjauhi sifat boros dan gaya hidup mewah: Keadilan sosial menuntut adanya distribusi sumber daya yang merata dan penggunaan sumber daya yang bijaksana untuk kepentingan bersama. Dengan menjauhi sifat boros dan gaya hidup mewah, maka sumber daya dapat dialokasikan secara lebih adil dan efisien.

Menghargai hasil karya orang lain: Keadilan sosial juga mengandung prinsip penghargaan terhadap hasil karya dan kontribusi setiap individu dalam masyarakat. Dengan menghargai hasil karya orang lain, maka tercipta lingkungan sosial yang menghormati hak-hak dan martabat setiap individu.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Arjuna berteman akrab dengan Bambang. Mereka satu kelas dan berasal dari suku yang sama yaitu Jawa. Dalam berkomunikasi di sekolah, Arjuna sering menggunakan bahasa Jawa. Namun, Bambang selalu menanggapinya dengan bahasa Indonesia karena teman-teman mereka berasal dari berbagai daerah. Perilaku Bambang sesuai dengan Pancasila yakni .... A. Mengakui dan menghormati hak-hak orang lain B. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban C. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan D. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara tolong jawabnya dengan akal sehat dan jangan cari di Google.com yah, lov u &lt;3

21

0.0

Jawaban terverifikasi