Kevin F

25 Februari 2022 03:03

Iklan

Iklan

Kevin F

25 Februari 2022 03:03

Pertanyaan

Perhatikan pembentukan magnet berikut! Saat kutub-kutub logam P-Q dan R-S didekatkan, interaksi yang benar adalah .... a. P menolak R b. Q menarik U c. R menarik T d. U menolak Q

alt

111

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Subadri

10 Maret 2022 01:54

Jawaban terverifikasi

Hallo Kevin F, kakak bantu jawab ya. Jawaban yang tepat adalah D. U menolak Q. Mari simak pembahasan berikut! Membuat magnet dapat dilakukan dengan 3 cara: 1. Menggosok 2. Induksi 3. Elektromagnetik Membuat magnet dengan cara menggosok dilakukan dengan menggosokan magnet pada bahan dengan arah gosokan searah. Bahan yang disentuh kutub magnet adalah kutub yang sama dengan magnet. Maka : R merupakan kutub utara dan S kutub selatan. R = U S = S Membuat magnet dengan cara induksi adalah dengan cara mendekatkan magnet pada bahan. ujung bahan yang berdekatan dengan magnet akan memiliki kutub sebaliknya dengan magnet. Maka : P merupakan kutub Selatan dan S kutub utara. P = S Q = U Membuat magnet dengan cara elektromagnetik, yaitu dengan cara mengaliri arus DC pada bahan. Arus listik mengalir dari kutub positif ke kutub negatif. Untuk menentukan kutub magnet pada bahan dapat digunakan kaidah tangan kanan, ibu jari menunjukan kutub utara, dan 4 lipatan jari arah arus. Maka: T merupakan kutub utara dan U kutub selatan. T = U U = S ketika kutub logam P-Q dan R-S didekatkan maka: P-Q dan R-S S-U dan U-S P - R = S - U (tarik menarik) Q - U = S - S (tolak menolak) R - T = U - U (tolak menolak) U - Q = S - S (tolak menolak) Jadi, jawaban yang tepat adalah D. U menolak Q. Semoga membantu.


Lan L

30 Januari 2024 12:16

Jawabannya yang benar B saya coba koreksi ada yang janggal

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Planet yang memiliki keadaan hampir mirip dengan Bumi, mempunyai lapisan atmosfer tipis, dan memiliki dua satelit, yaitu Demos dan Fobos adalah ….

33

5.0

Jawaban terverifikasi