Santi T

21 Februari 2024 13:08

Iklan

Santi T

21 Februari 2024 13:08

Pertanyaan

Perhatikan paragraf berikut! 1) Salah satu lokasi pendidikan gajah-gajah liar ada di Sebanga, tepatnya terdapat di Desa Sebanga, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. 2) Di lokasi tersebut, gajah akan mulai dilatih untuk dijinakkan dan dididik untuk berbagai macam-macam keperluan. 3) Wisatawan akan melihat gajah dilatih berbaris, berdiri, duduk, atau memberi hormat. 4) Gajah-gajah yang terlatih tersebut berasal dari gajah-gajah liar yang ditangkap. 5) Gajah yang sudah terlatih dan mahir dapat melakukan berbagai atraksi memukau, seperti duduk di balok kayu, memberi hormat kepada penonton, berbaris, melangkahi potongan kayu, dan melangkahi manusia yang berbaring di tanah. Temukan kesalahan penggunaan kalimat pada paragraf tersebut!

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

00

:

11

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Salsabila M

Community

07 Maret 2024 12:39

Jawaban terverifikasi

<p>Terdapat beberapa kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf tersebut:</p><p>Pada kalimat ke-2, frase "berbagai macam-macam" terdapat pengulangan kata "macam". Sebaiknya, cukup digunakan satu kali saja sehingga menjadi "berbagai macam keperluan."</p><p>Pada kalimat ke-4, ada penggunaan kata yang kurang tepat dalam frasa "gajah-gajah liar yang ditangkap." Seharusnya, lebih tepat menggunakan "gajah liar yang ditangkap."</p><p>Selain itu, untuk peningkatan keterbacaan, kalimat pertama dapat diperjelas dengan menyusunnya lebih baik secara gramatikal:</p><p>"Salah satu lokasi pendidikan gajah liar terletak di Sebanga, yaitu di Desa Sebanga, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis."</p><p>Dengan penyuntingan tersebut, paragraf akan menjadi lebih jelas dan mudah dipahami.</p>

Terdapat beberapa kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf tersebut:

Pada kalimat ke-2, frase "berbagai macam-macam" terdapat pengulangan kata "macam". Sebaiknya, cukup digunakan satu kali saja sehingga menjadi "berbagai macam keperluan."

Pada kalimat ke-4, ada penggunaan kata yang kurang tepat dalam frasa "gajah-gajah liar yang ditangkap." Seharusnya, lebih tepat menggunakan "gajah liar yang ditangkap."

Selain itu, untuk peningkatan keterbacaan, kalimat pertama dapat diperjelas dengan menyusunnya lebih baik secara gramatikal:

"Salah satu lokasi pendidikan gajah liar terletak di Sebanga, yaitu di Desa Sebanga, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis."

Dengan penyuntingan tersebut, paragraf akan menjadi lebih jelas dan mudah dipahami.


Iklan

Mercon M

Community

29 April 2024 09:56

<p>Jawaban:</p><p>Kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor 4. Kata "terlatih" sebaiknya diganti menjadi "dilatih" agar sesuai dengan konteks kalimat. Sehingga kalimat yang benar adalah:</p><p>&nbsp;</p><p>"Gajah-gajah yang dilatih tersebut berasal dari gajah-gajah liar yang ditangkap."</p>

Jawaban:

Kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor 4. Kata "terlatih" sebaiknya diganti menjadi "dilatih" agar sesuai dengan konteks kalimat. Sehingga kalimat yang benar adalah:

 

"Gajah-gajah yang dilatih tersebut berasal dari gajah-gajah liar yang ditangkap."


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan