Lestari R

06 Mei 2022 20:49

Iklan

Iklan

Lestari R

06 Mei 2022 20:49

Pertanyaan

perhatikan ilustrasi berikut! setiap tahun selalu muncul tren model pakaian baru yang digandrungi oleh masyarakat, terutama generasi muda. terkadang, beberapa tren model pakaian tersebut tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dalam masyarakat. meskipun demikian, banyak generasi muda yang acuh tak acuh dan tetap mengikuti tren model pakaian tersebut. tentukan jenis objek kajian sosiologis yang dapat digunakan untuk menjelaskan gejala tersebut!


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

T. TA.Adawiya

13 Mei 2022 12:33

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah objek kajian material. Pembahasan konsep. Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mengkaji tentang hubungan sosial antara individu dengan individu atau kelompok sebagai pemicu munculnya gejala dan fenomena sosial. Dari hal tersebut, dapat dilihat bahwa objek kajian utama dalam ilmu sosiologi adalah masyarakat dengan hubungan sosialnya. Maka dari itu objek kajian sosiologi dibagi menjadi dua jenis yaitu objek kajian material dan objek kajian formal. Jika dilihat dari ilustrasi soal menunjukkan adanya objek kajian material. Pada objek kajian material ini merupakan segala fenomena atau gejala yang mempengaruhi kehidupan sosial. Artinya objek material ini berkaitan dengan adanya pengaruh secara nyata dalam kehidupan masyarakat, yang dapat dilihat secara langsung. Objek material ini dapat dibagi menjadi dua yaitu aspek fisik yang meliputi benda, seperti mobil, motor, pasar, sekolah, uang, ponsel dan lainnya. Aspek non fisik yang meliputi, gagasan, seperti ide, bahasa, aturan, tradisi dan lainnya. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa, fenomena yang terjadi pada soal menjadi objek kajian material dengan aspek fisik. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan perubahan gaya pakaian yang terus berkembang dengan berbagai tren, yang memengaruhi berbagai fenomena dan gejala sosial masyarakat.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

menggambarkan wilayah dan pihak-pihak yang terlibat dalam perbedaan peta konflik (bentuk- bentuk konflik) disebut ..... a mapping of issue b geographical gmaps с mapping of power alignments d mapping of needs andi fears e semua jawaban benar

372

0.0

Jawaban terverifikasi