Rania C

14 April 2022 12:51

Rania C

14 April 2022 12:51

Pertanyaan

Perhatikan ilustrasi berikut! Fadli melakukan penelitian tentang eksistensi kerajinan songket. Untuk mengumpulkan data, Fadli mewawancarai Pak Hari, kepala desa dari daerah yang menjadi lokasi penelitiannya. Kepala desa memberikan informasi secara lengkap tentang sejarah kerajinan songket di daerahnya. Saat wawancara selesai, Fadli meminta rekomendasi Pak Hari mengenai pihak-pihak yang dapat ia wawancarai terkait kerajinan songket. Pak Hari merekomendasikan ketua asosiasi perajin kain songket, warga perajin kain songket, dan para peminat kain songket. Analisislah teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti berdasarkan ilustrasi tersebut!

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

19

:

43

:

17

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

M. Khabib

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

20 April 2022 04:34

Jawaban terverifikasi

Hallo kak Rania, kakak bantu jawab ya ! Jawabannya adalah : Snowball sampling Yuk, simak pembahasan berikut ! Sampel merupakan bagian dari populasi yang menjadi objek penelitian yang dapat menggambarkan sifat atau ciri populasi tersebut. Terdapat beberapa teknik dalam pengambilan sampel, salah satunya snowball sampling. Snowball sampling merupakan penarikan sampel bertahap yang makin lama jumlah respondennya semakin bertambah besar. Cara pengambilan sampel ini berlangsung secara berantai dari satu responden kepada responden lain berdasarkan informasi dari responden pertama. Umumnya responden pertama adalah orang yang dianggap paling mengetahui. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Fadli dalam pengambilan sampel melalui kepala desa yang kemudian meminta rekomendasi untuk responden lainnya. Terima kasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru, semoga membantu ya :)


Josse M

14 Maret 2024 00:06

Guru P Kn mengadakan sebuah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui tentang tingkat partisipasi siswa dalam mendukung program-program OSIS di sekolahnya. Di sekolah tersebut ada 18 lokal. Terdiri dari: 5 kelas X, 7 kelas XI dan 6 kelas XII dengan jumlah total seluruh siswanya 540 anak. Teknik pengambilan sampel yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah ...


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan contoh perilaku dalam menghadapi perubahan sosial yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi