Jihan A

07 Desember 2021 06:48

Iklan

Iklan

Jihan A

07 Desember 2021 06:48

Pertanyaan

Perhatikan faktor penyebab dan penghambat perubahan sosial budaya berikut! 1) Kehidupan masyarakat terasing 2) Adat istiadat atau kebiasaan 3) Prasangka pada hal-hal baru atau asing 4) Pemberontakan atau Revolusi 5) Peperangan Yang merupakan faktor penghambat perubahan sosial budaya ... A. 1, 2, dan 3 B. 2, 3, dan 4 C. 2, 3, dan 5 D. 3, 4, dan 5


92

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Dwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

08 Desember 2021 06:58

Jawaban terverifikasi

Hallo Jihan A, Kakak bantu jawab ya! :) Jawabannya adalah A. 1, 2, dan 3. Yuk simak penjelasannya! :) Perubahan sosial merupakan fenomena yang akan terus terjadi seiring dengan masyarakat yang dinamis. Dalam kajian ilmu sosiologi, perubahan sosial dipahami sebagai suatu perubahan kehidupan masyarakat yang akan terus berlangsung tanpa henti. Adapun faktor penghambat perubahan sosial budaya sebagai berikut. 1. Kehidupan masyarakat terasing : Masyarakat terasing ini ditandai dengan lokasi atau tempat tinggal yang sulit dijangkau. Akibatnya masyarakat tersebut tidak mengetahui perkembbangan masyarakat lain dan mereka cenderung memperkaya kebudayaannya sendiri. Misalnya masyarakat yang berada di pedalaman dengan pola pikir yang masih sederhana. 2. Adat istiadat atau kebiasaan : Setiap adat istiadat atau kebudayaan memiliki daya pengikat tersendiri. Daya pengikat dalam adat istiadat ini menciptakan sanksi baik secara moral maupun sosial bagi masyarakat yang melanggarnya. Oleh karena itu masyarakat yang memiliki adat kebiasaan cenderung sulit untuk berubah. 3. Prasangka terhadap hal-hal baru yang asing : Pemahaman yang masih tradisional membuat masyarakat berprasangka buruk terhadap budaya asing . Akibatnya mereka menolak perubahan yang muncul walaupun dapat membawa dampak perubahan yang positif. 4. Adanya sikap pasrah dalam menghadapi kehidupan : Sikap pasrah cenderung selalu menerima keadaan dan tidak adanya keinginan untuk berubah menjadi yang lebih baik. 5. Perkembangan IPTEK yang cenderung lambat : IPTEK merupakan salah satu contih perubahan sosial yang saat ini berkembang, perkembangan yang cenderung lambat akan menimbulkan ketertinggalan dalam mengalami perubahan. 6. Pendidikan yang rendah : Masyarakat dengan pendidikan yang rendah cenderung memiliki pola pikir yang masih sederhana dan tidak terbuka dengan adanya perkembangan. Semoga jawabannya membantu ya! :)


Nebula N

17 April 2024 11:24

Jawab ny jdi ap a atau b

Iklan

Iklan

Muhammad B

10 Mei 2023 03:14

1. Kehidupan masyarakat terasing 2. Perkembangan IPTEK yang terlambat 3. Adanya prasangka buruk terhadap hal-hal yang baru 4. Penemuan baru 5. Konflik 6. Bertambah dan berkurangnya penduduk Dari data diatas yang termasuk faktor penghambat perubahan sosial budaya terdapat pada nomor …. A.1,2.dan 3 B.1, 3 dan 4 C.2, 3, dan 4 D.4, 5, dan 6


Salsabilaz S

07 Desember 2023 01:32

Penduduk Mesir lebih banyak tinggal di sepanjang sungai Nil dan Delta atau muaranya. Alasan dari sebaran penduduk tersebut adalah ….


Salsabilaz S

07 Desember 2023 01:33

Penduduk Mesir lebih banyak tinggal di sepanjang sungai Nil dan Delta atau muaranya. Alasan dari sebaran penduduk tersebut adalah ….


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa yang dimaksud empati? berikan contohnya

24

0.0

Jawaban terverifikasi