. .

11 Februari 2024 12:42

Iklan

Iklan

. .

11 Februari 2024 12:42

Pertanyaan

Perhatikan dilingkungan sekitarmu! Pernahkah kamu melihat seseorang dilingkunganmu yang mempunyai pengaruh dan dihormati oleh masyarakat karena pengetahuannya (kepandaiannya), budi pekertinya, kekayaan, ataupun kesuksesan hidupnya? Apakah orang tersebut dijadikan panutan dan sebagai tempat bertanya dan meminta nasihat bagi masyarakat? Kemudian tuliskanlah peranan tokoh masyarakat yang kamu kenal tersebut dalam menanamkan semangat dan komitmen kebangsaan.


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

18 Februari 2024 08:49

Jawaban terverifikasi

<h2>Tokoh Masyarakat di Lingkungan Saya</h2><p>Di lingkungan saya, terdapat seorang tokoh masyarakat yang bernama Pak Budi. Beliau dikenal sebagai orang yang <strong>bijaksana, berbudi pekerti luhur, dan memiliki pengetahuan luas</strong>. Pak Budi dihormati oleh masyarakat karena kedermawanan dan kepeduliannya terhadap orang lain. Beliau selalu membantu orang yang membutuhkan dan aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan.</p><p><strong>Peranan Pak Budi dalam Menanamkan Semangat dan Komitmen Kebangsaan:</strong></p><ul><li><strong>Menjadi panutan dalam kehidupan sehari-hari:</strong> Pak Budi selalu menunjukkan sikap nasionalisme dan patriotisme dalam kesehariannya. Beliau selalu mengibarkan bendera merah putih di rumahnya dan selalu mengikuti upacara bendera pada Hari Kemerdekaan Indonesia.</li><li><strong>Memberikan nasihat dan motivasi kepada masyarakat:</strong> Pak Budi sering memberikan nasihat dan motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. Beliau juga sering mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga nilai-nilai luhur bangsa dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.</li><li><strong>Menyelenggarakan kegiatan yang menumbuhkan semangat kebangsaan:</strong> Pak Budi sering menyelenggarakan kegiatan yang menumbuhkan semangat kebangsaan di lingkungannya, seperti lomba puisi dan pidato tentang kemerdekaan, dan kegiatan karang taruna.</li><li><strong>Menjadi contoh dalam menjaga kerukunan antarumat beragama:</strong> Pak Budi selalu menjaga kerukunan antarumat beragama di lingkungannya. Beliau selalu menghormati perbedaan dan selalu aktif dalam kegiatan keagamaan bersama.</li></ul><p><strong>Pengaruh Pak Budi terhadap Masyarakat:</strong></p><p>Pak Budi memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat di lingkungannya. Masyarakat selalu menghormati dan menghargai pendapatnya. Beliau menjadi panutan bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat juga sering meminta nasihat dan bantuan kepada Pak Budi.</p><p><strong>Kesimpulan:</strong></p><p>Pak Budi adalah contoh tokoh masyarakat yang berperan aktif dalam menanamkan semangat dan komitmen kebangsaan di lingkungannya. Beliau menjadi panutan dan sumber inspirasi bagi masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.</p>

Tokoh Masyarakat di Lingkungan Saya

Di lingkungan saya, terdapat seorang tokoh masyarakat yang bernama Pak Budi. Beliau dikenal sebagai orang yang bijaksana, berbudi pekerti luhur, dan memiliki pengetahuan luas. Pak Budi dihormati oleh masyarakat karena kedermawanan dan kepeduliannya terhadap orang lain. Beliau selalu membantu orang yang membutuhkan dan aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan.

Peranan Pak Budi dalam Menanamkan Semangat dan Komitmen Kebangsaan:

  • Menjadi panutan dalam kehidupan sehari-hari: Pak Budi selalu menunjukkan sikap nasionalisme dan patriotisme dalam kesehariannya. Beliau selalu mengibarkan bendera merah putih di rumahnya dan selalu mengikuti upacara bendera pada Hari Kemerdekaan Indonesia.
  • Memberikan nasihat dan motivasi kepada masyarakat: Pak Budi sering memberikan nasihat dan motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. Beliau juga sering mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga nilai-nilai luhur bangsa dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.
  • Menyelenggarakan kegiatan yang menumbuhkan semangat kebangsaan: Pak Budi sering menyelenggarakan kegiatan yang menumbuhkan semangat kebangsaan di lingkungannya, seperti lomba puisi dan pidato tentang kemerdekaan, dan kegiatan karang taruna.
  • Menjadi contoh dalam menjaga kerukunan antarumat beragama: Pak Budi selalu menjaga kerukunan antarumat beragama di lingkungannya. Beliau selalu menghormati perbedaan dan selalu aktif dalam kegiatan keagamaan bersama.

Pengaruh Pak Budi terhadap Masyarakat:

Pak Budi memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat di lingkungannya. Masyarakat selalu menghormati dan menghargai pendapatnya. Beliau menjadi panutan bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat juga sering meminta nasihat dan bantuan kepada Pak Budi.

Kesimpulan:

Pak Budi adalah contoh tokoh masyarakat yang berperan aktif dalam menanamkan semangat dan komitmen kebangsaan di lingkungannya. Beliau menjadi panutan dan sumber inspirasi bagi masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

23 Maret 2024 09:12

Jawaban terverifikasi

<p><br>Seorang tokoh masyarakat yang saya kenal dan memiliki pengaruh serta dihormati di lingkungan sekitar saya adalah Pak Ahmad. Beliau adalah seorang yang sangat dihormati oleh masyarakat karena kepandaiannya, budi pekertinya, serta kesuksesan hidupnya. Pak Ahmad memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi dan memiliki pengetahuan yang luas, terutama dalam bidang pertanian dan pembangunan pedesaan.</p><p>Sebagai seorang yang dihormati dan dipercaya oleh masyarakat, Pak Ahmad sering dijadikan panutan dan tempat bertanya bagi warga sekitar, terutama dalam hal-hal yang berkaitan dengan pertanian, pengembangan usaha kecil, dan perencanaan pembangunan desa. Beliau selalu bersedia memberikan nasihat dan bimbingan kepada siapa pun yang membutuhkannya, baik itu mengenai pengelolaan lahan pertanian, pemilihan bibit tanaman yang tepat, atau strategi pengembangan usaha.</p><p>Peran Pak Ahmad dalam menanamkan semangat dan komitmen kebangsaan terutama terlihat dalam upayanya untuk membangun kesadaran akan pentingnya kemandirian ekonomi dan pembangunan pedesaan. Beliau aktif dalam mengorganisir pelatihan dan workshop bagi petani dan pelaku usaha kecil di desa, serta memberikan dorongan kepada masyarakat untuk bersatu dan bekerja sama dalam mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi.</p><p>Pak Ahmad juga selalu mengajak masyarakat untuk menjaga kebersamaan dan gotong royong, serta menghargai keberagaman yang ada di dalam masyarakat. Beliau meyakini bahwa dengan saling membantu dan bekerja sama, masyarakat dapat mencapai kemajuan yang lebih baik, serta memperkuat jati diri bangsa sebagai bangsa yang berbudaya, beradab, dan berdaya saing.</p><p>Melalui sikap dan tindakan nyata beliau, Pak Ahmad menjadi contoh yang inspiratif bagi masyarakat sekitar, yang membantu menggerakkan semangat dan komitmen kebangsaan dalam membangun desa dan memperjuangkan kesejahteraan bersama.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Seorang tokoh masyarakat yang saya kenal dan memiliki pengaruh serta dihormati di lingkungan sekitar saya adalah Pak Ahmad. Beliau adalah seorang yang sangat dihormati oleh masyarakat karena kepandaiannya, budi pekertinya, serta kesuksesan hidupnya. Pak Ahmad memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi dan memiliki pengetahuan yang luas, terutama dalam bidang pertanian dan pembangunan pedesaan.

Sebagai seorang yang dihormati dan dipercaya oleh masyarakat, Pak Ahmad sering dijadikan panutan dan tempat bertanya bagi warga sekitar, terutama dalam hal-hal yang berkaitan dengan pertanian, pengembangan usaha kecil, dan perencanaan pembangunan desa. Beliau selalu bersedia memberikan nasihat dan bimbingan kepada siapa pun yang membutuhkannya, baik itu mengenai pengelolaan lahan pertanian, pemilihan bibit tanaman yang tepat, atau strategi pengembangan usaha.

Peran Pak Ahmad dalam menanamkan semangat dan komitmen kebangsaan terutama terlihat dalam upayanya untuk membangun kesadaran akan pentingnya kemandirian ekonomi dan pembangunan pedesaan. Beliau aktif dalam mengorganisir pelatihan dan workshop bagi petani dan pelaku usaha kecil di desa, serta memberikan dorongan kepada masyarakat untuk bersatu dan bekerja sama dalam mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi.

Pak Ahmad juga selalu mengajak masyarakat untuk menjaga kebersamaan dan gotong royong, serta menghargai keberagaman yang ada di dalam masyarakat. Beliau meyakini bahwa dengan saling membantu dan bekerja sama, masyarakat dapat mencapai kemajuan yang lebih baik, serta memperkuat jati diri bangsa sebagai bangsa yang berbudaya, beradab, dan berdaya saing.

Melalui sikap dan tindakan nyata beliau, Pak Ahmad menjadi contoh yang inspiratif bagi masyarakat sekitar, yang membantu menggerakkan semangat dan komitmen kebangsaan dalam membangun desa dan memperjuangkan kesejahteraan bersama.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan

Iklan