Struthio C

01 Juni 2022 03:02

Iklan

Iklan

Struthio C

01 Juni 2022 03:02

Pertanyaan

Perhatikan dan cermati data tentang infografis komponen ekosistem berikut ini, kemudian analisislah komponen-komponen apa saja yang menyusun suatu ekosistem tersebut!

alt

8

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Syafnir

01 Juni 2022 14:57

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah sebagai berikut: Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ekosistem terdiri dari dua komponen yaitu komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah komponen benda tak hidup yang menyusun suatu ekosistem. Komponen abiotik meliputi tanah, udara, sinar matahari, dan air. Sebaliknya, komponen biotik terdiri dari komponen makhluk hidup suatu ekosistem, yang meliputi produsen (tumbuhan), konsumen (manusia, hewan), detritivor (cacing, rayap), dan dekomposer (bakteri, jamur). Kedua komponen ini saling berinteraksi dan saling berhubungan. Hubungan yang dihasilkan bisa berupa hubungan antara biotik dan biotik ataupun hubungan antara biotik dan abiotik. Komponen biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem menunjukkan hubungan saling memengaruhi. Contohnya ialah cacing yang hidup di dalam tanah. Sedangkan, hubungan antara biotik dan biotik dapat berupa kompetisi, simbiosis, dan predasi. Contohnya ialah sapi dan kambing disuatu padang rumput yang saling berkompetisi untuk mendapatkan makanan. Jadi, komponen yang menyusun ekosistem adalah komponen biotik dan komponen abiotik.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kemungkinan keturunan anak laki-laki mengalami buta warna dari pernikahan seorang laki-laki normal dengan seorang wanita buta warna ialah...

521

5.0

Jawaban terverifikasi