Anji V

27 Desember 2021 13:55

Pertanyaan

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 28- 30! (1 ) Persebaran penduduk di Indonesia sejak dahulu tidak merata. (2) Sejak tahun 1930 sebagian besar dari penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa, padahalluas kepulauan itu kurang dari 7% dari luas total wilayah daratan Indonesia. (3) Berikut adalah tabel persebaran penduduk Indonesia di tiga wilayah. (4) Namun, secara perlahan persentase penduduk Indonesia yang tinggal di Pulau Jawa menu run, yakni dari sekitar 59,1% pada tahun 2000 menjadi 55.4% pada tahun 2005. (5) Sebaliknya persentase penduduk di Pulau Sumatra naik dari 20,7% hingga 22.7% dan penduduk di Kalimantan naik dari 5,5% menjadi 6,5% pada periode yang sama. (6) Selain itu pertumbuhan alami di pulau-pulau tersebut memang lebih tinggi dari pertumbuhan alami di Pulau Jawa. Faktor arus perpindahan yang mulai menyebar ke pulau-pulau tersebut juga menentukan distribusi penduduk. 28. Kalimat tidak efektif terdapat pad a kalimat bernomor .... A. 1 dan 3. B. 2 dan 5. C. 3 dan 4. D. 5 dan 6.


34

1

Jawaban terverifikasi

B. Lisa

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

28 Desember 2021 04:35

Jawaban terverifikasi

Halo, Anji V. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab, ya. Jawaban yang tepat adalah pilihan B, kalimat 2 dan 5. Mari kita simak pembahasannya. Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun sesuai dengan kaidah bahasa, baik itu ejaan maupun penggunaan tanda bacanya, sehingga pembaca dapat memahami maksud yang diungkapkan penulis. Ciri-ciri kalimat efektif sebagai berikut. 1. Kesepadanan struktur, yaitu keseimbangan antara pikiran (gagasan) dan struktur bahasa yang dipakai. 2. Keparalelan/kesejajaran bentuk, yaitu kesamaan bentuk kata yang digunakan dalam kalimat. 3. Kehematan kata, yaitu hemat mempergunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang dianggap tidak perlu. 4. Ketegasan makna, yaitu tidak menimbulkan makna ganda dan tepat dalam pilihan kata. 5. Kepaduan gagasan, yaitu kepaduan pernyataan dalam kalimat itu sehingga informasi yang disampaikannya tidak terpecah-pecah. 6. Kelogisan penalaran, yaitu makna kalimat dapat diterima oleh akal dan logis. Kalimat 2 dan 5 dalam paragraf tersebut tidak efektif karena tidak sesuai dengan ciri kalimat efektif yang pertama, yaitu kesepadanan struktur. Kedua kalimat tersebut tidak memiliki subjek (S) atau predikat (P) yang jelas. Kalimat 2: "Sejak tahun 1930 sebagian besar dari penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa, padahal luas kepulauan itu kurang dari 7% dari luas total wilayah daratan Indonesia." Kalimat 2 tidak memiliki subjek yang jelas karena "Sejak tahun 1930 sebagian besar dari penduduk Indonesia" bukanlah sebuah subjek, melainkan dua frasa yang menduduki fungsi keterangan (K) dan subjek (S). Agar menjadi kalimat efektif, perlu dibubuhkan tanda koma di antara kedua frasa tersebut. Kalimat efektifnya adalah "Sejak tahun 1930, sebagian besar dari penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa, padahal luas kepulauan itu kurang dari 7% dari luas total wilayah daratan Indonesia." Kalimat 5: "Sebaliknya persentase penduduk di Pulau Sumatra naik dari 20,7% hingga 22.7% dan penduduk di Kalimantan naik dari 5,5% menjadi 6,5% pada periode yang sama." Kalimat 5 juga tidak memiliki subjek yang jelas karena "Sebaliknya persentase penduduk di Pulau Sumatra" bukanlah sebuah subjek, melainkan kata penghubung (konjungsi) dan frasa yang menduduki fungsi subjek (S). Agar menjadi kalimat efektif, perlu dibubuhkan tanda koma. Kalimat efektifnya adalah "Sebaliknya, persentase penduduk di Pulau Sumatra naik dari 20,7% hingga 22.7% dan penduduk di Kalimantan naik dari 5,5% menjadi 6,5% pada periode yang sama." Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B, kalimat 2 dan 5. Semoga membantu, ya.


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

Pada saat itu, alam semesta memiliki ukuran nol dan berada pada kerapatan dan panas tidak terhingga. (43) ๐—ž๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ฑ๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—น๐—ฒ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—น๐—ฎ๐—ท๐˜‚ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ธ๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ถ๐˜€, ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—น๐—ฎ๐—น๐˜‚ ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐˜ ๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐˜‚๐—ฎ๐˜๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ด๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—ฟ๐˜‚๐˜ ๐˜€๐—ฒ๐—ต๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ฎ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐—ธ๐˜‚๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—น๐—ฒ๐—ฏ๐—ถ๐—ต ๐—ธ๐—ผ๐˜€๐—ผ๐—ป๐—ด. Sesudah itu, kurang lebih jutaan tahun berikutnya, alam semesta akan terus mengembang tanpa kejadian kejadian lain apa pun. Alam semesta secara keseluruhan akan terus mengembang dan mendingin. (44) ๐—”๐—น๐—ฎ๐—บ ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐—ฒ๐˜€๐˜๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ธ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด, ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—น๐—ฎ๐—ท๐˜‚ 5%-10% ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ ๐˜€๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—ฏ๐˜‚ ๐—ท๐˜‚๐˜๐—ฎ ๐˜๐—ฎ๐—ต๐˜‚๐—ป. Alam semesta akan mengembang terus, tetapi dengan kelajuan yang semakin kecil dan semakin kecil meskipun tidak benar-benar mencapai nol. (45) ๐—ช๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐˜‚๐—ฝ๐˜‚๐—ป ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐—ฒ๐˜€๐˜๐—ฎ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ธ๐—ผ๐—ป๐˜๐—ฟ๐—ฎ๐—ธ๐˜€๐—ถ ๐—ถ๐—ป๐—ถ ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ ๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐—บ๐—ถ๐—น๐˜†๐—ฎ๐—ฟ ๐˜๐—ฎ๐—ต๐˜‚๐—ป ๐—น๐—ฎ๐—ด๐—ถ. Nomor (43) (A) TIDAK PERLU DIPERBAIKI (B) Kemudian, meledak dan mengembang dengan laju pengembangan yang kritis, tidak terlalu lambat untuk membuatnya segera mengerut sehingga menjadi kurang lebih kosong. (C) Kemudian, alam semesta meledak dan mengembang dengan laju pengembangan yang kritis, tidak terlalu lambat untuk membuatnya segera mengerut sehingga menjadi kurang lebih kosong. (D) Kemudian alam semesta meledak da mengembang dengan laju pengembangan yang kritis tidak terlalu lambat untuk membuatnya segera mengerut sehingga menjadi kurang lebih kosong. (E) Kemudian alam semesta, meledak dan mengembang dengan laju pengembangan yang kritis, tidak terlalu lambat untuk membuatnya segera mengerut sehingga menjadi kurang lebih kosong

21

5.0

Jawaban terverifikasi

(1) Potensi pariwisata danau Toba sangat layak untuk dikembangkan menjadi Destinasi Pariwisata Nasional. (2) Pasalnya, daya tarik wisata yang dimilikinya cukup banyak, mulai dari potensi alam, budaya, serta kesenian yang unik dan ๐—ธ๐—ต๐—ฎ๐˜€. (3) "Untuk menjadikan danau Toba sebagai ๐—ผ๐—ฏ๐˜†๐—ฒ๐—ธ tujuan wisata bertaraf nasional, danau vulkanik terluas di dunia tersebut perlu segera dibenahi dan sistem pemasarannya harus ditata lebih baik," kata Kabag Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, Gomgom Naibaho di Pangururan. (4) Bahkan daya tarik wisata yang dimiliki danau tropis terindah pada jalur ๐—ธ๐—ต๐—ฎ๐˜๐˜‚๐—น๐—ถ๐˜€๐˜๐—ถ๐˜„๐—ฎ berukuran panjang 87 kilometer dan lebar 27 kilometer itu meliputi berbagai unsur menarik dengan latar belakang sejarah yang unik, hingga cukup layak dikembangkan sebagai tujuan wisata bertaraf internasional. (5) Menurut Gomgom, potensi pariwisata danau Toba harus lebih gencar dipromosikan, baik melalui berbagai kegiatan nasional maupun internasional, guna menarik wisatawan mancanegara sekaligus pengembangan wisata daerah yang tentunya akan berdampak pada peningkatan penghasilan para pelaku pariwisata, terutama masyarakat setempat. (6) Dalam ๐—บ๐—ฒ๐˜„๐˜‚๐—ท๐˜‚๐—ฑ๐—ธ๐—ฎ๐—ป danau Toba sebagai obyek tujuan wisata, lanjut Gomgom, fasilitas infrastruktur perlu dibenahi sehingga tercipta daya tarik pariwisata melalui ๐—ฎ๐—ธ๐˜€๐—ฒ๐˜€๐—ถ๐—ฏ๐—ถ๐—น๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€ sebagai dukungan transportasi, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas SDM. (7) Oleh karena itu, Pemprov Sumut dan Kabupaten/ Kota sekawasan Danau Toba harus bersama-sama secara terpadu memajukan industri pariwisata karena hasilnya untuk kesejahteraan masyarakat. Pernyataan manakah yang benar terkait kata bercetak tebal? (A) Kata khas seharusnya diganti menjadi kas. (B) Kata obyek tidak baku sehingga harus diganti menjadi objek. (C) Bentuk baku dari khatulistiwa adalah katulistiwa. (D) Apabila imbuhan me-kan bertemu dengan wujud, terbentuklah mengwujudkan. (E) Sebagai kata asing, aksesibilitas seharusnya ditulis bercetak miring.

8

5.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 12 sampai dengan nomor 20. Pemerintah berupaya meningkatkan akses layanan pendidikan maupun sarana dan prasarana pendidikan dalam rangka optimalisasi layanan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing. Salah satu upaya tersebut dilakukan melalui kebijakan regrouping/penggabungan sekolah dasar negeri yang masih berlanjut beberapa tahun belakangan. Kebijakan penggabungan sekolah menjadi kebijakan pemerintah untuk mengatasi permasalahan kurangnya tenaga pengajar ataupun minimnya daya serap siswa. Hal tersebut dilakukan sehubungan dengan efektivitas pembelajaran dan pengelolaan pendidikan, efisiensi pengangguran, serta permasalahan kondisi geografis. Konsekuensi dari adanya kebijakan tersebut adalah berkurangnya jumlah SD negeri jika dibandingkan dengan tahun ajaran sebelumnya. Namun demikian, penurunan jumlah sekolah dasar negeri tersebut diimbangi dengan ,bertambahnya jumlah SD swasta yang dibangun sehingga jumlah sekolah dasar secara keseluruhan masih meningkat jumlahnya. Tabel 2 memperlihatkan perkembangan jumlah sekolah per jenjang pendidikan selama dua tahun terakhir. Kenaikan jumlah sekolah tertinggi terjadi pada jenjang pendidikan menengah, yaitu SMK (3,58 persen) dan SMP (3,17 persen). Tabel 2. Perkembangan Jumlah Sekolah menurut Jenjang Pendidlkan. Tahun Ajaran 2016/2017 dan 2017/2018 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 menyebutkan bahwa pendidikan dapat diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat sehingga swasta dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan pendidikan. Keterbatasan pemerintah dalam bentuk penggabungan sekolah negeri seolah ditanggapi oleh swasta dengan menambah sekolah swasta. Sebagaimana data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun ajaran 2017-2018 yang menunjukkan adanya penurunan jumlah SD negeri sebanyak 48 sekolah dibandingkan tahun ajaran sebelumnya.Sementara, jumlah SD yang dikelola swasta jumlahmyaj ustru bertambah 789 sekolah. Bagan Jumlah Sekolah Dasar Menurut Status Sekolah pada Tahun Ajaran 2016/2017 dan 2017/2018 20. Level 3 (HOTS) Berd asarkan bag an pad a bacaan tersebut, jika terjadi penurunan jumlah SD negeri secara konstan. Berapakah jumlah SD negeri 5 tahun yang akan datang ? A. 130.686 sekolah B. 130.734 sekolah C. 131 .686 sekolah D. 131.734 sekolah E. 131.782 sekolah

30

5.0

Jawaban terverifikasi

(1) Dalam tataran ideal, pelaku industri menjadi satu di antara pemain utama pelaksanaan sistem vokasi (2) Dunia industri dapat membantu menyiapkan kurikulum kompetensi hingga instruktur yang memiliki spesialisasi dan dedikasi mengajar. (3) .... (4) Tetapi, realitasnya masih sedikit perusahaan di Indonesia yang menterapkannya karena kebanyakan perusahaan belum sadar. (5) Program vokasi atau diploma di beberapa perguruan tinggi negeri/ swasta sudah lama dilaksanakan di Indonesia dan menghasilkan lulusan berkualitas. (6) Jika manajemen membutuhkan tenaga terampil dan di perusahaan/organisasi tidak cukup, mereka lebih suka membuka lowongan pekerjaan atau โ€œmembajakโ€ tenaga terampil perusahaan lain. (7) Di sejumlah negara yang lebih dahulu mengimplementasikan sistem vokasi, seperti di Jerman, maka para pelaku industrinya memegang prinsip ideal sistem vokasional dan pabrik menjadi lokasi tujuan praktik. (8) Menurut Direktur Polman Astra, dinamika industri saat ini makin menantang, satu di antara yang memengaruhinya adalah tren teknologi digital yang berubah cepat. (9) Oleh karena itu, Grup Astra mengimplementasikan kurikulum pendidikan tinggi vokasi, seperti lewat program magang mahasiswa. (10) Dalam laporan ๐˜š๐˜ต๐˜ข๐˜ต๐˜ฆ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜š๐˜ฐ๐˜ถ๐˜ต๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ข๐˜ด๐˜ต ๐˜ˆ๐˜ด๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜›๐˜ฆ๐˜ค๐˜ฉ ๐˜™๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ต 2018 oleh Monks Hill Ventures dan Slush Singapore disebutkan, kesenjangan keterampilan selalu menjadi perhatian industri, khususnya sektor teknologi digital. (11) Ada tiga keterampilan teratas yang menjadi ajang perebutan, yaitu rekayasa perangkat lunak, pengolahan data, managemen produk. (12) Pelaku industri Indonesia dikenal sebagai salah satu di Asia Tenggara yang ikut dalam persaingan penawaran gaji mahal bagi pekerja kompeten di tiga keterampilan itu. (13) Untuk profesi pengembang perangkat lunak, misalnya, penawaran rata-rata nilai gaji tertinggi mencapai 41.344 dolar AS. (14) Sementara itu, pendiri dan CEO Urbanhire, Benson Engelbert Kawegian, menceritakan, pihaknya mempunyai ๐˜œ๐˜ณ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜•๐˜ฆ๐˜น๐˜ต ๐˜ˆ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜บ yang diperuntukkan bagi karyawan setiap hari Jumat sore dan lewat program ini mereka akan mendapat pelatihan dan diskusi terkait kompetensi apa pun di dunia industri. Penulisan huruf yang tidak memenuhi PUEBI terlihat pada ... (A) Direktur pada kalimat (8). (B) pendidikan tinggi vokasi pada kalimat (9). (C) State of Southeast Asian Tech Report 2018 pada kalimat (10). (D) CEO Urbanhire pada kalimat (14). (E) Urban Next Akademy pada kalimat (14).

3

0.0

Jawaban terverifikasi