Cintaning A

29 Januari 2024 16:20

Iklan

Iklan

Cintaning A

29 Januari 2024 16:20

Pertanyaan

Perhatian utama politik luar negeri Indonesia pada masa awal reformasi diarahkan pada upaya... a. mencari bantuan moneter dari negara- negara maju b. pemulihan ekonomi nasional c. berperan aktif dalam PBB d. memainkan peranan lebih besar di ASEAN e memperbaiki hubungan dengan negara-negara tetangga Mohon bantuannya, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™

Perhatian utama politik luar negeri Indonesia pada masa awal reformasi diarahkan pada upaya...

a. mencari bantuan moneter dari negara- negara maju

b. pemulihan ekonomi nasional

c. berperan aktif dalam PBB

d. memainkan peranan lebih besar di ASEAN

e memperbaiki hubungan dengan negara-negara tetangga

Mohon bantuannya, terima kasih πŸ˜ŠπŸ™


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 07:04

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalah E.</p><p>&nbsp;</p><p>Pada masa awal reformasi di Indonesia, yang dimulai pada akhir tahun 1990-an, terjadi perubahan besar dalam politik luar negeri. Beberapa faktor dan peristiwa penting yang memengaruhi perhatian utama politik luar negeri Indonesia pada masa itu antara lain:</p><p><strong>Perubahan Politik dan Ekonomi Internal:</strong></p><ul><li>Pergolakan politik dan ekonomi yang terjadi pada akhir era Orde Baru, khususnya Krisis Moneter Asia pada tahun 1997, mengakibatkan gejolak di dalam negeri. Perubahan rezim dari Orde Baru ke reformasi membawa implikasi besar pada politik luar negeri Indonesia.</li></ul><p><strong>Hubungan Dengan Negara-Negara Tetangga:</strong></p><ul><li>Hubungan Indonesia dengan negara-negara tetangga, terutama Malaysia dan Australia, menjadi tegang pada masa-masa sebelum reformasi. Pada masa awal reformasi, ada upaya nyata untuk memperbaiki hubungan bilateral dan menciptakan iklim kerjasama yang lebih baik.</li></ul><p><strong>Peran Lebih Aktif di ASEAN:</strong></p><ul><li>Sambil memperbaiki hubungan bilateral, Indonesia juga menunjukkan keinginan untuk memainkan peran yang lebih besar di dalam organisasi regional, seperti ASEAN. Ini mencerminkan upaya untuk meningkatkan kerjasama dan solidaritas di antara negara-negara Asia Tenggara.</li></ul><p><strong>Reintegrasi di Tingkat Internasional:</strong></p><ul><li>Pemerintahan reformasi berusaha untuk mengembalikan citra Indonesia di mata dunia internasional yang mungkin terpengaruh oleh sejumlah isu, termasuk hak asasi manusia. Ada upaya untuk mendapatkan dukungan dan pemahaman dari komunitas internasional.</li></ul><p><strong>Pemulihan Ekonomi Nasional:</strong></p><ul><li>Meskipun bukan fokus utama politik luar negeri, upaya pemulihan ekonomi nasional juga memiliki dampak pada hubungan dengan negara-negara lain. Stabilitas ekonomi nasional menjadi dasar untuk membangun dan memperbaiki hubungan internasional.</li></ul>

jawabannya adalah E.

 

Pada masa awal reformasi di Indonesia, yang dimulai pada akhir tahun 1990-an, terjadi perubahan besar dalam politik luar negeri. Beberapa faktor dan peristiwa penting yang memengaruhi perhatian utama politik luar negeri Indonesia pada masa itu antara lain:

Perubahan Politik dan Ekonomi Internal:

  • Pergolakan politik dan ekonomi yang terjadi pada akhir era Orde Baru, khususnya Krisis Moneter Asia pada tahun 1997, mengakibatkan gejolak di dalam negeri. Perubahan rezim dari Orde Baru ke reformasi membawa implikasi besar pada politik luar negeri Indonesia.

Hubungan Dengan Negara-Negara Tetangga:

  • Hubungan Indonesia dengan negara-negara tetangga, terutama Malaysia dan Australia, menjadi tegang pada masa-masa sebelum reformasi. Pada masa awal reformasi, ada upaya nyata untuk memperbaiki hubungan bilateral dan menciptakan iklim kerjasama yang lebih baik.

Peran Lebih Aktif di ASEAN:

  • Sambil memperbaiki hubungan bilateral, Indonesia juga menunjukkan keinginan untuk memainkan peran yang lebih besar di dalam organisasi regional, seperti ASEAN. Ini mencerminkan upaya untuk meningkatkan kerjasama dan solidaritas di antara negara-negara Asia Tenggara.

Reintegrasi di Tingkat Internasional:

  • Pemerintahan reformasi berusaha untuk mengembalikan citra Indonesia di mata dunia internasional yang mungkin terpengaruh oleh sejumlah isu, termasuk hak asasi manusia. Ada upaya untuk mendapatkan dukungan dan pemahaman dari komunitas internasional.

Pemulihan Ekonomi Nasional:

  • Meskipun bukan fokus utama politik luar negeri, upaya pemulihan ekonomi nasional juga memiliki dampak pada hubungan dengan negara-negara lain. Stabilitas ekonomi nasional menjadi dasar untuk membangun dan memperbaiki hubungan internasional.

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

16 Februari 2024 12:30

Dari pertanyaan yang diajukan, tampaknya ini berkaitan dengan politik luar negeri Indonesia pada masa awal reformasi. Pada masa tersebut, perhatian utama politik luar negeri Indonesia diarahkan pada upaya pemulihan ekonomi nasional. Penjelasan: 1. Setelah masa Orde Baru, Indonesia mengalami krisis ekonomi yang parah. Oleh karena itu, fokus utama politik luar negeri Indonesia pada masa awal reformasi adalah pemulihan ekonomi nasional. 2. Pemerintah Indonesia melakukan upaya untuk mencari bantuan moneter dari negara-negara maju, namun hal ini bukan menjadi perhatian utama. 3. Meskipun Indonesia tetap berperan aktif dalam PBB, namun perhatian utama politik luar negeri tidak diarahkan pada hal ini. 4. Memainkan peranan lebih besar di ASEAN dan memperbaiki hubungan dengan negara-negara tetangga juga penting, namun bukan menjadi perhatian utama pada masa awal reformasi. Kesimpulan: Jadi, jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan ini adalah b. pemulihan ekonomi nasional. Semoga penjelasan ini membantu kamu πŸ™‚.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

KAA (Konferensi Asia-Afrika) yang diselenggarakan di Bandung pada tahun 1955 tidak terlepas dari peranan Ali Sastroamidjojo yang terus berupaya meyakinkan negara-negara yang hadir dalam Konferensi Kolombo untuk mendukung Indonesia dalam menyelenggarakan konferensi yang dihadiri oleh negara-negara dari dua benua Asia-Afrika. Salah satu faktor utama Ali Sastroamidjojo berhasil meyakinkan peserta Konferensi Kolombo untuk mendukung Indonesia menyelenggarakan KAA adalah …. A. KAA berupaya membangun aliansi militer negara-negara Asia Afrika B. KAA menentang segala bentuk bantuan Amerika Serikat dan Uni Soviet di Asia-Afrika C. KAA berupaya membangun solidaritas negara Asia-Afrika untuk terlibat dalam Perang Dingin D. KAA berupaya membangun kerja sama politik Asia-Afrika dalam menjaga perdamaian dunia E. KAA berupaya membangun blok baru dalam menghadapi Perang Dingin antara Blok Barat dan Blok Timur

9

0.0

Jawaban terverifikasi