Falco P

05 Februari 2022 00:11

Iklan

Iklan

Falco P

05 Februari 2022 00:11

Pertanyaan

Perhatian pernyataan berikut! (1) Lebah mengisap madu pada tanaman berbunga. (2) Ikan remora selalu mendekat dengan ikan hiu. (3) Pohon anggrek tumbuh di pohon mangga. (4) Bakteri colii hidup di dalam usus besar. (5) Pohon benalu tumbuh di pohon belimbing. (6) Kutu hidup di rambut manusia. Bentuk simbiosis yang tepat sesuai pernyataan adalah …. A. (1) dan (3) adalah simbiosis parasitisme B. (1) dan (4) adalah simbiosis komensalisme C. (2) dan (3) adalah simbiosis mutualisme D. (5) dan (6) adalah simbiosis parasitisme


67

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Anissa

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

13 Maret 2022 15:08

Jawaban terverifikasi

Hallo Falco P, kakak bantu jawab ya :) Jawaban yang tepat yaitu D. (5) dan (6) adalah simbiosis parasitisme Yuk simak pembahasan berikut! Simbiosis merupakan pola interaksi berupa timbal balik antar 2 makhluk hidup yang berbeda. Berikut beberapa macam simbiosis : 1. Simbiosis mutualisme adalah hubungan 2 makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contohnya : - Lebah dan tanaman berbunga, lebah mendapat makanan dan tanaman dibantu dalam penyerbukan. - Bakteri 𝘌.𝘀𝘰𝘭π˜ͺ tumbuh di dalam usus besar, bakteri 𝘌.𝘀𝘰𝘭π˜ͺ mendapat inang dan sumber makanan, sementara manusia terbantu pencernaanya dan mendapat zat gizi penting seperti vitamin K. 2. Simbiosis komensalisme adalah hubungan 2 makhluk hidup dimana hanya satu pihak saja yang diuntungkan, sementara pihak lain tidak mendapat pengaruh apa pun. Contohnya : - Ikan remora selalu hidup dekat dengan Hiu, Ikan remora mendapat keuntungan karena mendapat sisa makanan hiu dan mendapat perlindungan, sementara ikan hiu tidak mendapatkan pengaruh. - Pohon anggrek tumbuh di pohon mangga, pohon anggrek bisa mendapatkan cahaya untuk berfotosintesis, sedangkan pohon mangga tidak mendapat pengaruh. 3. Simbiosis Parasitisme adalah hubungan 2 makhluk hidup dimana salah satunya mendapat keuntungan namun salah satunya dirugikan. Contohnya : - Kutu hidup di rambut manusia, kutu menghisap darah manusia dan manusia merasakan gatal pada kepala akibat kutu tersebut. - Pohon benalu tumbuh di pohon belimbing, pohon benalu menyerap makanan pada inangnya, sedangkan inangnya menjadi kekurangan nutrisi. Sehingga jawaban yang tepat yaitu D. (5) dan (6) adalah simbiosis parasitisme Seperti itu Falco, semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

W. Ayu

18 Februari 2022 15:50

Hallo Falco P, kakak bantu jawab ya :) Jawaban yang tepat adalah D. (5) dan (6) adalah simbiosis parasitisme Yuk simak pembahasan berikut! Simbiosis merupakan pola interaksi berupa timbal balik antar 2 makhluk hidup yang berbeda. Berikut beberapa macam simbiosis diantaranya. 1. Simbiosis mutualisme adalah hubungan 2 makhluk yang saling menguntungkan. Contohnya : - Lebah dan tanaman berbunga, lebah mendapat makanan dan tanaman dibantu dalam penyerbukan. - Bakteri E.coli tumbuh di dalam usus besar, bakteri E.coli mendapat inang dan sumber makanan, sementara manusia terbantu pencernaanya dan mendapat zat gizi penting seperti vitamin K 2. Simbiosis komensalisme adalah hubungan 2 makhluk dimana hanya satu pihak saja yang diuntungkan, sementara pihak lain tidak mendapat pengaruh apa pun. Contohnya : - Ikan remora selalu hidup dekat dengan Hiu, Ikan remora mendapat keuntungan karena mendapat sisa makanan hiu dan mendapat perlindungan, sementara ikan hiu tidak mendapatkan pengaruh. - Pohon anggrek tumbuh di pohon mangga, pohon anggrek bisa mendapatkan cahaya untuk berfotosintesis, sedangkan pohon mangga tidak mendapat pengaruh. 3. Simbiosis Parasitisme adalah hubungan dua makhluk yang salah satunya untung namun salah satunya dirugikan. Contohnya adalah : - Kutu hidup di rambut manusia, kutu menghisap darah manusia dan manusia merasakan gatal pada kepala akibat kutu tersebut. - Pohon benalu tumbuh di pohon belimbing, pohon benalu menyerap makanan pada inangnya, sedangkan inangnya menjadi kekurangan nutrisi makanan. Semoga membantu ya :)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa yang dimaksud dengan PUBERTAS ?

38

0.0

Jawaban terverifikasi