Muhammad F

22 Maret 2020 04:03

Iklan

Iklan

Muhammad F

22 Maret 2020 04:03

Pertanyaan

perbedaan piagam Jakarta dengan UUD 1845


5

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Sere

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

12 Januari 2022 10:09

Jawaban terverifikasi

Halo Muhammad F, kakak bantu jawab yaa Perbedaan Pancasila yang tercantum di Piagam Jakarta dengan yang tercantum di Pembukaan UUD 1945 adalah pada sila pertama. Dalam Piagam Jakarta sila pertama berbunyi "Ketuhanan dengan menjalankan syariat Islam bagi para pemeluknya", sedangkan di dalam Pembukaan UUD 1945 sila pertama sudah diubah dengan bunyi "Ketuhanan yang maha esa". Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut Piagam Jakarta yang disepakati pada 22 Juni 1945 menghasilkan 5 sila dasar negara. Kelima sila tersebut meliputi ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam perkembangannya, sila pertama mendapat kritik dari sejumlah pihak, terutama para tokoh Indonesia bagian Timur atas pemakaian kata-kata tersebut, sebab berarti rumusan itu tidak berlaku bagi pemeluk agama lain. Menanggapi hal tersebut dan untuk menghindari perpecahan. Akhirnya dalam sidang PPKI I, sila pertama Piagam Jakarta diubah menjadi "Ketuhanan yang maha Esa" dan Pancasila resmi ditetapkan sebagai dasar negara. Semoga membantu:)


Iklan

Iklan

Ur D

22 Maret 2020 08:45

perbedaannya terletak di alinea ke 4 yaitu di piagam Jakarta:"ketuhanan,dengan kewajiban menjalankan syari'at Islam bagi pemeluk-pemeluknya". sedangkan di UUD 1945: "Ketuhanan Yang Maha Esa"


Cindy R

22 Maret 2020 12:24

perbedaan nya adalah pada keputusan di dalam piagam jakarta tidak di setujui dan di ganti dengan keputusan yang tercantum dalam UUD 1945 yang sampai sekarang di ikrarkan oleh rakyat indonesia yaitu " ketuhanan yang maha esa" sedangkan dalam piagam jakarta yaitu " ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat syariat berdasarkan pemeluk pemeluknya"


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

ada berapa pemberontakan di Indonesia

6

0.0

Jawaban terverifikasi