Iklan

Iklan

Nada N

18 November 2020 08:09

Pertanyaan

perbedaan perubahan sosial dengan perubahan budaya ?


35

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Ayu

04 Januari 2022 02:44

Jawaban terverifikasi

Hai Nada, kakak bantu jawab ya :) Perbedaan perubahan sosial dan perubahan budaya adalah terletak pada proses dan objek yang mengalami perubahan. Yuk simak penjelasannya berikut ini! Perubahan sosial adalah proses berubahnya tatanan atau struktur dalam masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya. Struktur yang dimaksud mencakup pola pikir, sikap, dan nilai-nilai dalam kehidupan sosial. Sedangkan perubahan budaya adalah sebuah perubahan dalam proses tata sosial dalam masyarakat yang menyangkut nilai dan norma yang tertanam di dalam diri masyarakat. Beberapa perubahan budaya yang dimaksud adalah perubahan dalam lingkungan, lembaga, perilaku dan hubungan sosial. Proses perubahan sosial berlangsung lebih cepat daripada perubahan budaya karena perubahan budaya hanya mungkin terjadi jika semua golongan masyarakat menerima perubahan dan beradaptasi dengan mengadopsi hal-hal baru. Sedangkan perubahan sosial berlangsung lebih cepat karena perubahan pada aspek sosial sering kali segera memicu efek berantai yang membuat banyak bidang lain ikut mengalami perubahan. Terimakasih sudah bertanya dan menggunakan Roboguru, semoga membantu :)


Iklan

Iklan

Raka A

27 November 2020 05:29

Perubahan sosial adalah perubahan dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosial, nilai, sikap, dan pola perilaku individu di antara kelompok. Perubahan Budaya adalah perubahan yang terjadi pada nilai dan juga norma yang berlaku di masyarakat.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini! 1) tempat tinggal yang terisolir 2) kuatnya ikatan terhadap adat istiadat 3) tidak adanya fasilitas yang mendukung mobilitas 4) terlalu banyak kendala yang dihadapi dan tidak terpecahkan 5) pengetahuan, pengalaman dan adaptasi rendah Penyebab masyarakat sulit untuk melakukan mobilitas vertikal ditunjukkan nomor.. a. 1), 2), dan 3) b. 1), 3), dan 4) c. 2), 3), dan 4) d. 3), 4), dan 5)

1rb+

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan