Firduas A

20 Agustus 2023 12:50

Iklan

Iklan

Firduas A

20 Agustus 2023 12:50

Pertanyaan

Perbedaan latar belakang anggota dapat memicu terjadinya konflik sehingga memengaruhi dinamika kelompok sosial. Sikap apa yang dibutuhkan agar dinamika tersebut tidak berakhir pada pembubaran kelompok?

Perbedaan latar belakang anggota dapat memicu terjadinya konflik sehingga memengaruhi dinamika kelompok sosial. Sikap apa yang dibutuhkan agar dinamika tersebut tidak berakhir pada pembubaran kelompok?


10

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

20 Agustus 2023 13:36

Jawaban terverifikasi

Untuk mencegah konflik yang diakibatkan oleh perbedaan latar belakang anggota dan menjaga dinamika positif kelompok sosial, diperlukan sikap-sikap berikut: 1. Toleransi: Mengembangkan sikap toleransi terhadap perbedaan adalah kunci utama dalam menjaga harmoni kelompok. Memahami dan menghargai perbedaan latar belakang, keyakinan, dan nilai-nilai anggota lain dapat membantu mengurangi ketegangan dan konflik. 2. Keterbukaan dan komunikasi yang efektif: Membuka saluran komunikasi yang baik dan transparan di antara anggota kelompok dapat membantu mengatasi misinterpretasi dan meningkatkan pemahaman. Menghargai pendapat dan ide-ide anggota lain serta mendengarkan dengan baik adalah sikap yang penting untuk mencegah konflik. 3. Empati: Membangun kemampuan untuk memahami perspektif, perasaan, dan pengalaman anggota lain dapat membantu menciptakan empati. Dengan memahami latar belakang dan konteks individu, anggota kelompok dapat menghindari konflik yang disebabkan oleh ketidakpahaman atau prasangka. 4. Kolaborasi: Memiliki sikap kolaboratif dan kerjasama dalam mencapai tujuan kelompok dapat mengurangi potensi konflik. Mengutamakan kepentingan kelompok secara keseluruhan daripada kepentingan individu dapat memperkuat ikatan dan menciptakan lingkungan kerja sama yang baik. 5. Manajemen konflik: Mengetahui cara mengelola dan menyelesaikan konflik dengan cara yang konstruktif penting untuk menjaga dinamika kelompok. Mengimplementasikan pendekatan mediasi, kompromi, dan mencari solusi yang saling menguntungkan dapat membantu mengatasi perbedaan dan memperkuat hubungan dalam kelompok. 6. Pengembangan kesadaran diri: Menjadi sadar akan sikap, nilai-nilai, dan prasangka pribadi yang mungkin dimiliki adalah penting untuk menghindari mempengaruhi dinamika kelompok secara negatif. Melakukan refleksi diri dan memperkuat kesadaran akan diri sendiri dapat membantu dalam menghindari konflik yang disebabkan oleh pembedaan atau diskriminasi. Dengan mengadopsi sikap-sikap ini, anggota kelompok dapat menjaga dinamika kelompok sosial dengan baik dan melibatkan perbedaan latar belakang sebagai sumber kekuatan dalam mencapai tujuan bersama.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan contoh perilaku dalam menghadapi perubahan sosial yang sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

453

5.0

Jawaban terverifikasi