Nadila A

23 Agustus 2023 12:06

Iklan

Iklan

Nadila A

23 Agustus 2023 12:06

Pertanyaan

Perbedaan in order to, so,dan so that


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Halo N

23 Agustus 2023 13:18

Jawaban terverifikasi

<p><strong>1. In order to:</strong> "In order to" digunakan untuk menyatakan tujuan atau niat dari suatu tindakan. Ungkapan ini menunjukkan alasan mengapa seseorang melakukan sesuatu.</p><p>Contoh: <strong>I studied hard in order to pass the exam.</strong> (Saya belajar keras agar bisa lulus ujian.)</p><p>Penjelasan: Frasa "in order to" menjelaskan bahwa tujuan belajar keras adalah untuk lulus ujian.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>2. So:</strong> "So" digunakan untuk menyatakan akibat atau hasil dari suatu tindakan yang terjadi sebelumnya. Biasanya digunakan dalam kalimat pendek dan informal.</p><p>Contoh: <strong>I studied hard, so I passed the exam.</strong> (Saya belajar keras, sehingga saya lulus ujian.)</p><p>Penjelasan: Di sini, kata "so" menunjukkan bahwa lulus ujian adalah hasil atau akibat langsung dari belajar keras.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>3. So that:</strong> "So that" digunakan untuk mengungkapkan tujuan atau alasan di balik suatu tindakan. Ini memberikan informasi lebih rinci tentang maksud di balik tindakan tersebut.</p><p>Contoh: <strong>I studied hard so that I could pass the exam.</strong> (Saya belajar keras agar saya bisa lulus ujian.)</p><p>Penjelasan: "So that" menjelaskan bahwa tujuan belajar keras adalah agar bisa lulus ujian dengan memberikan tambahan informasi tentang niat tersebut.</p>

1. In order to: "In order to" digunakan untuk menyatakan tujuan atau niat dari suatu tindakan. Ungkapan ini menunjukkan alasan mengapa seseorang melakukan sesuatu.

Contoh: I studied hard in order to pass the exam. (Saya belajar keras agar bisa lulus ujian.)

Penjelasan: Frasa "in order to" menjelaskan bahwa tujuan belajar keras adalah untuk lulus ujian.

 

2. So: "So" digunakan untuk menyatakan akibat atau hasil dari suatu tindakan yang terjadi sebelumnya. Biasanya digunakan dalam kalimat pendek dan informal.

Contoh: I studied hard, so I passed the exam. (Saya belajar keras, sehingga saya lulus ujian.)

Penjelasan: Di sini, kata "so" menunjukkan bahwa lulus ujian adalah hasil atau akibat langsung dari belajar keras.

 

3. So that: "So that" digunakan untuk mengungkapkan tujuan atau alasan di balik suatu tindakan. Ini memberikan informasi lebih rinci tentang maksud di balik tindakan tersebut.

Contoh: I studied hard so that I could pass the exam. (Saya belajar keras agar saya bisa lulus ujian.)

Penjelasan: "So that" menjelaskan bahwa tujuan belajar keras adalah agar bisa lulus ujian dengan memberikan tambahan informasi tentang niat tersebut.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

23 Agustus 2023 15:59

Jawaban terverifikasi

<p>"In order to," "so," dan "so that" adalah tiga bentuk frasa atau kata penghubung dalam bahasa Inggris yang sering digunakan untuk menyatakan alasan, tujuan, atau akibat dari suatu tindakan. Meskipun memiliki kesamaan dalam fungsi mereka, ada perbedaan dalam penggunaan dan konteks di mana masing-masing frasa digunakan. Berikut adalah perbedaan antara ketiga frasa tersebut:</p><p><strong>"In Order To"</strong>:</p><ul><li>Digunakan untuk menyatakan tujuan atau alasan di balik suatu tindakan.</li><li>Biasanya diikuti oleh bentuk dasar dari kata kerja (infinitive).</li><li>Lebih formal dalam penggunaannya dan sering ditemukan dalam tulisan resmi.</li><li>Contoh: "She studies hard in order to pass the exam." (Dia belajar keras agar lulus ujian.)</li></ul><p><strong>"So"</strong>:</p><ul><li>Digunakan untuk menghubungkan sebab dengan akibat atau konsekuensi dari tindakan atau peristiwa sebelumnya.</li><li>Dapat diikuti oleh klausa yang menjelaskan alasan atau penjelasan mengapa sesuatu terjadi.</li><li>Lebih umum dalam penggunaan sehari-hari.</li><li>Contoh: "The weather was bad, so they stayed at home." (Cuaca buruk, jadi mereka tinggal di rumah.)</li></ul><p><strong>"So That"</strong>:</p><ul><li>Digunakan untuk menghubungkan tindakan dengan tujuan yang ingin dicapai.</li><li>Biasanya digunakan bersama dengan kata kerja dalam bentuk kalimat dengan dua klausa terpisah.</li><li>Bagian pertama menjelaskan tindakan yang diambil, sementara bagian kedua menjelaskan tujuan dari tindakan tersebut.</li><li>Contoh: "She brought an umbrella so that she wouldn't get wet in the rain." (Dia membawa payung agar tidak basah dalam hujan.)</li></ul><p>Singkatnya, "in order to" digunakan untuk mengungkapkan tujuan atau alasan yang lebih formal, "so" menghubungkan akibat atau konsekuensi, dan "so that" menghubungkan tindakan dengan tujuan yang ingin dicapai. Memahami perbedaan ini dapat membantu Anda menggunakan ketiga frasa tersebut dengan tepat dalam kalimat-kalimat Anda.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

"In order to," "so," dan "so that" adalah tiga bentuk frasa atau kata penghubung dalam bahasa Inggris yang sering digunakan untuk menyatakan alasan, tujuan, atau akibat dari suatu tindakan. Meskipun memiliki kesamaan dalam fungsi mereka, ada perbedaan dalam penggunaan dan konteks di mana masing-masing frasa digunakan. Berikut adalah perbedaan antara ketiga frasa tersebut:

"In Order To":

  • Digunakan untuk menyatakan tujuan atau alasan di balik suatu tindakan.
  • Biasanya diikuti oleh bentuk dasar dari kata kerja (infinitive).
  • Lebih formal dalam penggunaannya dan sering ditemukan dalam tulisan resmi.
  • Contoh: "She studies hard in order to pass the exam." (Dia belajar keras agar lulus ujian.)

"So":

  • Digunakan untuk menghubungkan sebab dengan akibat atau konsekuensi dari tindakan atau peristiwa sebelumnya.
  • Dapat diikuti oleh klausa yang menjelaskan alasan atau penjelasan mengapa sesuatu terjadi.
  • Lebih umum dalam penggunaan sehari-hari.
  • Contoh: "The weather was bad, so they stayed at home." (Cuaca buruk, jadi mereka tinggal di rumah.)

"So That":

  • Digunakan untuk menghubungkan tindakan dengan tujuan yang ingin dicapai.
  • Biasanya digunakan bersama dengan kata kerja dalam bentuk kalimat dengan dua klausa terpisah.
  • Bagian pertama menjelaskan tindakan yang diambil, sementara bagian kedua menjelaskan tujuan dari tindakan tersebut.
  • Contoh: "She brought an umbrella so that she wouldn't get wet in the rain." (Dia membawa payung agar tidak basah dalam hujan.)

Singkatnya, "in order to" digunakan untuk mengungkapkan tujuan atau alasan yang lebih formal, "so" menghubungkan akibat atau konsekuensi, dan "so that" menghubungkan tindakan dengan tujuan yang ingin dicapai. Memahami perbedaan ini dapat membantu Anda menggunakan ketiga frasa tersebut dengan tepat dalam kalimat-kalimat Anda.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Complete the following sentences with the correct verb form. Sisca ________ (go, always) to school every morning.

179

0.0

Jawaban terverifikasi