Aulia N

28 November 2023 13:30

Iklan

Iklan

Aulia N

28 November 2023 13:30

Pertanyaan

perbedaan historiografi nasional dan modern

perbedaan historiografi nasional dan modern


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

17 Februari 2024 12:46

Jawaban terverifikasi

<p><br>Historiografi nasional dan modern merujuk pada dua pendekatan berbeda terhadap penulisan sejarah. Meskipun tidak selalu eksklusif satu sama lain dan dapat tumpang tindih, ada perbedaan dalam fokus, metode, dan tujuan dari kedua pendekatan tersebut.</p><p><strong>Historiografi Nasional:</strong></p><ul><li><strong>Fokus:</strong> Historiografi nasional cenderung lebih menekankan pada pembangunan dan penulisan sejarah dari perspektif nasional. Fokusnya mungkin lebih pada pencarian identitas nasional, pahlawan nasional, peristiwa penting dalam sejarah nasional, dan pembentukan negara.</li><li><strong>Metode:</strong> Sumber daya sejarah yang digunakan dalam historiografi nasional sering kali dipilih untuk memperkuat narasi nasional. Dokumen-dokumen nasional, teks-teks sastra yang dianggap mewakili budaya nasional, atau peristiwa-peristiwa yang memperkuat kesatuan nasional dapat menjadi fokus utama.</li><li><strong>Tujuan:</strong> Tujuan dari historiografi nasional sering kali adalah untuk memperkuat identitas nasional, menyatukan masyarakat, dan mengukuhkan kebanggaan nasional.</li></ul><p><strong>Historiografi Modern:</strong></p><ul><li><strong>Fokus:</strong> Historiografi modern cenderung lebih luas dalam cakupannya, memperhatikan interaksi global, pengaruh lintas budaya, dan dampak perkembangan global terhadap sejarah suatu wilayah.</li><li><strong>Metode:</strong> Metode penelitian dalam historiografi modern sering kali melibatkan analisis lintas disiplin dan penggunaan sumber daya sejarah dari berbagai sumber, termasuk sumber yang tidak hanya bersifat nasional, tetapi juga internasional atau lokal.</li><li><strong>Tujuan:</strong> Tujuan dari historiografi modern adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang sejarah, menghindari kesan sempit atau terbatas, dan memahami sejarah dalam konteks global.</li></ul>


Historiografi nasional dan modern merujuk pada dua pendekatan berbeda terhadap penulisan sejarah. Meskipun tidak selalu eksklusif satu sama lain dan dapat tumpang tindih, ada perbedaan dalam fokus, metode, dan tujuan dari kedua pendekatan tersebut.

Historiografi Nasional:

  • Fokus: Historiografi nasional cenderung lebih menekankan pada pembangunan dan penulisan sejarah dari perspektif nasional. Fokusnya mungkin lebih pada pencarian identitas nasional, pahlawan nasional, peristiwa penting dalam sejarah nasional, dan pembentukan negara.
  • Metode: Sumber daya sejarah yang digunakan dalam historiografi nasional sering kali dipilih untuk memperkuat narasi nasional. Dokumen-dokumen nasional, teks-teks sastra yang dianggap mewakili budaya nasional, atau peristiwa-peristiwa yang memperkuat kesatuan nasional dapat menjadi fokus utama.
  • Tujuan: Tujuan dari historiografi nasional sering kali adalah untuk memperkuat identitas nasional, menyatukan masyarakat, dan mengukuhkan kebanggaan nasional.

Historiografi Modern:

  • Fokus: Historiografi modern cenderung lebih luas dalam cakupannya, memperhatikan interaksi global, pengaruh lintas budaya, dan dampak perkembangan global terhadap sejarah suatu wilayah.
  • Metode: Metode penelitian dalam historiografi modern sering kali melibatkan analisis lintas disiplin dan penggunaan sumber daya sejarah dari berbagai sumber, termasuk sumber yang tidak hanya bersifat nasional, tetapi juga internasional atau lokal.
  • Tujuan: Tujuan dari historiografi modern adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang sejarah, menghindari kesan sempit atau terbatas, dan memahami sejarah dalam konteks global.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

26 April 2024 23:59

Jawaban terverifikasi

<p>Historiografi nasional dan modern adalah dua pendekatan yang berbeda dalam penulisan sejarah. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:</p><p><strong>Fokus Penelitian</strong>:</p><ul><li><strong>Historiografi Nasional</strong>: Cenderung memiliki fokus yang lebih terbatas pada narasi sejarah nasional atau kebangsaan suatu negara. Biasanya mencakup pencapaian, perjuangan, dan identitas nasional yang dipromosikan oleh pemerintah atau kelompok yang berkuasa.</li><li><strong>Historiografi Modern</strong>: Lebih cenderung untuk memiliki pendekatan yang lebih luas dan inklusif, memperhatikan berbagai perspektif dan pengalaman dari berbagai kelompok dalam masyarakat, termasuk kelompok minoritas, perempuan, dan orang-orang yang terpinggirkan.</li></ul><p><strong>Sumber dan Metode Penelitian</strong>:</p><ul><li><strong>Historiografi Nasional</strong>: Sering kali menggunakan sumber-sumber yang dikelola atau diawasi oleh pemerintah atau lembaga negara, seperti arsip nasional, dokumen resmi, dan narasi resmi. Metode penelitiannya mungkin lebih terfokus pada pengumpulan data yang mendukung narasi nasional.</li><li><strong>Historiografi Modern</strong>: Menggunakan berbagai sumber, termasuk arsip resmi, laporan ilmiah, literatur, memoar pribadi, dan sumber-sumber lisan. Metode penelitiannya lebih beragam, mencakup analisis kritis, pemikiran teoritis, dan pendekatan interdisipliner.</li></ul><p><strong>Perspektif dan Interpretasi</strong>:</p><ul><li><strong>Historiografi Nasional</strong>: Cenderung memiliki perspektif yang lebih homogen dan dipimpin oleh narasi resmi atau dominan yang dipromosikan oleh pemerintah atau kelompok berkuasa. Interpretasinya sering kali bersifat heroik atau nasionalis, dengan penekanan pada kebanggaan nasional dan pencapaian besar.</li><li><strong>Historiografi Modern</strong>: Lebih cenderung untuk mengeksplorasi berbagai perspektif dan interpretasi yang berbeda, termasuk sudut pandang yang kritis terhadap narasi resmi. Ini bisa melibatkan revisi terhadap narasi sejarah tradisional atau penyelidikan lebih lanjut tentang aspek-aspek sejarah yang sebelumnya diabaikan atau terpinggirkan.</li></ul>

Historiografi nasional dan modern adalah dua pendekatan yang berbeda dalam penulisan sejarah. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:

Fokus Penelitian:

  • Historiografi Nasional: Cenderung memiliki fokus yang lebih terbatas pada narasi sejarah nasional atau kebangsaan suatu negara. Biasanya mencakup pencapaian, perjuangan, dan identitas nasional yang dipromosikan oleh pemerintah atau kelompok yang berkuasa.
  • Historiografi Modern: Lebih cenderung untuk memiliki pendekatan yang lebih luas dan inklusif, memperhatikan berbagai perspektif dan pengalaman dari berbagai kelompok dalam masyarakat, termasuk kelompok minoritas, perempuan, dan orang-orang yang terpinggirkan.

Sumber dan Metode Penelitian:

  • Historiografi Nasional: Sering kali menggunakan sumber-sumber yang dikelola atau diawasi oleh pemerintah atau lembaga negara, seperti arsip nasional, dokumen resmi, dan narasi resmi. Metode penelitiannya mungkin lebih terfokus pada pengumpulan data yang mendukung narasi nasional.
  • Historiografi Modern: Menggunakan berbagai sumber, termasuk arsip resmi, laporan ilmiah, literatur, memoar pribadi, dan sumber-sumber lisan. Metode penelitiannya lebih beragam, mencakup analisis kritis, pemikiran teoritis, dan pendekatan interdisipliner.

Perspektif dan Interpretasi:

  • Historiografi Nasional: Cenderung memiliki perspektif yang lebih homogen dan dipimpin oleh narasi resmi atau dominan yang dipromosikan oleh pemerintah atau kelompok berkuasa. Interpretasinya sering kali bersifat heroik atau nasionalis, dengan penekanan pada kebanggaan nasional dan pencapaian besar.
  • Historiografi Modern: Lebih cenderung untuk mengeksplorasi berbagai perspektif dan interpretasi yang berbeda, termasuk sudut pandang yang kritis terhadap narasi resmi. Ini bisa melibatkan revisi terhadap narasi sejarah tradisional atau penyelidikan lebih lanjut tentang aspek-aspek sejarah yang sebelumnya diabaikan atau terpinggirkan.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

482

5.0

Jawaban terverifikasi