Sheniqua S

25 Mei 2024 14:32

Iklan

Iklan

Sheniqua S

25 Mei 2024 14:32

Pertanyaan

peran kapitan Pattimura dalam peristiwa fase sebelum kebangkitan nasional


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

25 Mei 2024 14:52

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: Kapitan Pattimura memainkan peran penting dalam peristiwa fase sebelum kebangkitan nasional Indonesia. Dia adalah pemimpin perang Pattimura yang terjadi di Maluku pada tahun 1817. Perang ini merupakan salah satu perlawanan terhadap penjajahan Belanda di Indonesia. 【Penjelasan】: Kapitan Pattimura, yang bernama asli Thomas Matulessy, adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Maluku. Dia dikenal karena perjuangannya melawan penjajahan Belanda di Indonesia. Perang Pattimura, yang berlangsung dari tahun 1817 hingga 1818, adalah salah satu perlawanan terhadap penjajahan Belanda di Indonesia. Perang ini dipicu oleh kebijakan ekonomi Belanda yang merugikan rakyat Maluku, serta penindasan dan eksploitasi oleh pemerintah kolonial. Kapitan Pattimura memimpin perang ini dan menjadi simbol perlawanan terhadap penjajahan. Meskipun perang ini akhirnya dipadamkan oleh Belanda, perjuangan Kapitan Pattimura tetap diingat sebagai salah satu perlawanan terhadap penjajahan di Indonesia.


Iklan

Iklan

Dea K

25 Mei 2024 22:50

Jawaban terverifikasi

<p>Kapitan Pattimura, yang dikenal juga dengan nama Thomas Matulessy, adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam sejarah perjuangan rakyat Maluku melawan penjajahan Belanda. Perannya menjadi sangat penting dalam fase sebelum kebangkitan nasional Indonesia karena dia memimpin salah satu perlawanan bersenjata terhadap Belanda yang paling signifikan di awal abad ke-19.</p><p>&nbsp;</p><p>Perlawanan Pattimura tidak hanya merupakan perjuangan lokal rakyat Maluku tetapi juga menjadi simbol perlawanan terhadap penindasan kolonialisme Belanda secara lebih luas. Ini menjadi inspirasi bagi banyak pergerakan nasionalis di seluruh Indonesia dan membantu menanamkan semangat kebangkitan nasional yang kemudian berkembang menjadi pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pattimura dihormati sebagai pahlawan nasional karena dedikasi dan pengorbanannya dalam memperjuangkan kebebasan dan keadilan bagi rakyatnya.</p>

Kapitan Pattimura, yang dikenal juga dengan nama Thomas Matulessy, adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam sejarah perjuangan rakyat Maluku melawan penjajahan Belanda. Perannya menjadi sangat penting dalam fase sebelum kebangkitan nasional Indonesia karena dia memimpin salah satu perlawanan bersenjata terhadap Belanda yang paling signifikan di awal abad ke-19.

 

Perlawanan Pattimura tidak hanya merupakan perjuangan lokal rakyat Maluku tetapi juga menjadi simbol perlawanan terhadap penindasan kolonialisme Belanda secara lebih luas. Ini menjadi inspirasi bagi banyak pergerakan nasionalis di seluruh Indonesia dan membantu menanamkan semangat kebangkitan nasional yang kemudian berkembang menjadi pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pattimura dihormati sebagai pahlawan nasional karena dedikasi dan pengorbanannya dalam memperjuangkan kebebasan dan keadilan bagi rakyatnya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kedatangan Jepang ke Indonesia disambut baik oleh para tokoh nasional kita, seperti Sukarno, hatta, dan Ki Hajar Dewantara. Terdapat beberapa alasan yang melandasi perasaan optimis para tokoh tersebut terhadap kedatangan Jepang ke Indonesia Kecuali… a. Jepang menjanjikan kemudahan bagi bangsa Indonesia dalam melakukan ibadah, mengibarkan bendera merah putih b. Jepang bersikap simpatik terhadap aktivitas pergerakan nasional c. Jepang ingin mengadakan kerjasama perdagangan dengan Indonesia d. Jepang berjanji jika Perang Pasifik dimenangi, maka bangsa Asia akan mendapatkan kemerdekaannya e. Jepang sudah membicarakan tentang kemerdekaan yang akan diberikan secara bertahap kepada bangsa-bangsa Asia

36

5.0

Jawaban terverifikasi