Shinta R

21 Agustus 2023 07:09

Iklan

Iklan

Shinta R

21 Agustus 2023 07:09

Pertanyaan

pepatah yang terdapat dalam nilai-nilai pancasila

pepatah yang terdapat dalam nilai-nilai pancasila


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Agustus 2023 10:33

Jawaban terverifikasi

Dalam nilai-nilai Pancasila, terdapat beberapa pepatah atau peribahasa yang mencerminkan nilai-nilai tersebut. Berikut adalah beberapa contoh pepatah yang terkait dengan nilai-nilai Pancasila: 1. "Bhinneka Tunggal Ika" - Berbeda-beda tetapi tetap satu. Pepatah ini menggambarkan nilai Bhinneka Tunggal Ika, yang menghargai keberagaman dan persatuan dalam masyarakat Indonesia. 2. "Gotong royong" - Bersama-sama kita bisa. Pepatah ini mencerminkan nilai gotong royong, yang mengajarkan pentingnya kerjasama dan saling membantu dalam mencapai tujuan bersama. 3. "Adil dan beradab" - Pepatah ini menekankan pentingnya keadilan dan sikap beradab dalam berinteraksi dengan sesama, mencerminkan nilai keadilan sosial dalam Pancasila. 4. "Jujur itu pahit, tapi manis akhirnya" - Pepatah ini menggambarkan pentingnya integritas dan kejujuran dalam menjalani kehidupan, mencerminkan nilai integritas dalam Pancasila. 5. "Tak kenal maka tak sayang" - Pepatah ini mengajarkan pentingnya saling mengenal dan memahami satu sama lain, mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan dalam Pancasila. 6. "Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian" - Pepatah ini mengajarkan pentingnya kerja keras, ketekunan, dan pengorbanan untuk mencapai kesuksesan, mencerminkan nilai kerja keras dan pengabdian dalam Pancasila. Pepatah-petatah ini mencerminkan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Nilai-nilai ini mengajarkan pentingnya persatuan, keadilan, gotong royong, integritas, dan kerja keras dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

21 Agustus 2023 12:33

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam nilai-nilai Pancasila, terdapat beberapa pepatah atau ungkapan yang mencerminkan nilai-nilai tersebut. Beberapa contohnya adalah:</p><p><strong>Gotong Royong</strong>: "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh." - Menggambarkan pentingnya kerjasama dan saling membantu dalam mencapai tujuan bersama.</p><p><strong>Kemanusiaan yang Adil dan Beradab</strong>: "Treat others as you want to be treated." - Mengajarkan untuk memperlakukan orang lain dengan adil, seperti hal yang kita inginkan untuk diterima oleh kita sendiri.</p><p><strong>Persatuan Indonesia</strong>: "Bhinneka Tunggal Ika" (berbeda-beda tetapi tetap satu) - Menekankan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya, agama, dan suku di Indonesia.</p><p><strong>Keadilan Sosial</strong>: "Adil rupa rupa, adil pangkat pangkat." - Mengajarkan bahwa keadilan harus diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan.</p><p><strong>Demokrasi yang Terpimpin</strong>: "Musyawarah mufakat" - Menunjukkan pentingnya berdialog dan mencapai kesepakatan bersama dalam pengambilan keputusan.</p><p><strong>Ketuhanan Yang Maha Esa</strong>: "Beribadahlah dengan segenap hatimu dan kasihilah sesamamu manusia." - Menekankan pentingnya hubungan vertikal dengan Tuhan dan hubungan horizontal dengan sesama manusia.</p><p>Pepatah dan ungkapan ini menggambarkan nilai-nilai yang mendasari Pancasila dan memberikan panduan bagi perilaku dan interaksi antara warga negara Indonesia.</p>

Dalam nilai-nilai Pancasila, terdapat beberapa pepatah atau ungkapan yang mencerminkan nilai-nilai tersebut. Beberapa contohnya adalah:

Gotong Royong: "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh." - Menggambarkan pentingnya kerjasama dan saling membantu dalam mencapai tujuan bersama.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: "Treat others as you want to be treated." - Mengajarkan untuk memperlakukan orang lain dengan adil, seperti hal yang kita inginkan untuk diterima oleh kita sendiri.

Persatuan Indonesia: "Bhinneka Tunggal Ika" (berbeda-beda tetapi tetap satu) - Menekankan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya, agama, dan suku di Indonesia.

Keadilan Sosial: "Adil rupa rupa, adil pangkat pangkat." - Mengajarkan bahwa keadilan harus diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Demokrasi yang Terpimpin: "Musyawarah mufakat" - Menunjukkan pentingnya berdialog dan mencapai kesepakatan bersama dalam pengambilan keputusan.

Ketuhanan Yang Maha Esa: "Beribadahlah dengan segenap hatimu dan kasihilah sesamamu manusia." - Menekankan pentingnya hubungan vertikal dengan Tuhan dan hubungan horizontal dengan sesama manusia.

Pepatah dan ungkapan ini menggambarkan nilai-nilai yang mendasari Pancasila dan memberikan panduan bagi perilaku dan interaksi antara warga negara Indonesia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

azas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa keberanian, berfikir, berkata dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar biarpun realita dan ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya, adalah

323

0.0

Jawaban terverifikasi