Tasya A

22 Maret 2020 12:11

Iklan

Iklan

Tasya A

22 Maret 2020 12:11

Pertanyaan

Penjelajahan samudra bangsa Belanda erat kaitannya dengan keberhasilan bangsa portugis menemukan jalur menuju Kepulauan Nusantara. Buatlah ulasan singkat mengenai fakta tersebut!


415

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Andrian

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

02 Februari 2022 05:51

Jawaban terverifikasi

Hallo Tasya A, kakak bantu jawab ya. Kaitan Kedatangan Belanda dengan perjalanan Portugis karena Belanda melakukan transaksi dengan membeli rempah-rempah dari Portugis, sehingga Belanda dengan memutuskan melakukan perjalanan ke Nusantara. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami pembahasan dibawah ini. Kedatangan Portugis ke Nusantara adalah dengan tujuan pencarian rempah-rempah, setelah berhasil melakukan monopoli perdagangan di Indonesia, Portugis kemudian menjual rempah-rempah tersebut ke Eropa termasuk Belanda. Belanda yang membeli rempah-rempah di Lisabon akhirnya terlibat perang dengan Portugis. Sehingga Belanda memutuskan untuk datang ke Nusantara dengan mencari rempah-rempah sendiri. Perjalanan pertama dilakukan oleh Cornelis de Houtman dengan awak kapal dan berlabuh di Banten tahun 1511. Kedatangan rombongan ini membuka jalan bangsa Belanda untuk melakukan penjajahan di Indonesia. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

Erlando N

22 Maret 2020 22:17

Penjelajahan samudra bangsa Belanda erat  kaitannya dengan keberhasilan bangsa Portugis  menemukan jalur menuju Kepulauan Nusantara yaitu Belanda mengunakan rute yang digunakan oleh bangsa Portugis yang datang ke Indonesia, karena Belanda melakukan perdagangan dengan bangsa Portugis di Lisabon, saat itu bangsa portugis membawa rempah-rempah yang berasal dari Nusantara. Penjelasan: Belanda melakukan perdagangan dengan Portugis di Lisabon, barang yang diperjual belikan pada saat itu adalah remah-rempah, Bangsa portugis mendapatkan rempah-rempah dari Nusantara dan dijual di kawasan Eropa, dan Belanda membawa rempah tersebut ke kawasan Eropa Utara, Dikarenakan Belanda berperang dengan Portugis, maka bangsa Belanda tidak boleh lagi berdagang di Lisabon, dan akhirnya mereka mencari tahu rute yang digunakan Portugis untuk datang ke Indonesia mencari rempah-rempah secara langsung.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Peristiwa di Benteng Sao Paulo menjadi salah satu dorongan bagi Sultan Baabullah memimpin perlawanan rakyat Ternate menghadapi VOC. Peristiwa di Benteng Sao Paulo yang dimaksud adalah… a.Serangan Portugis terhadap istana Kerajaan Ternate b.Penangkapan pemuka agama Islam yang melewati benteng c.Pembunuhan Sultan Hairun pada saat perundingan damai dengan Portugis d.Penerapan kerja paksa bagi rakyat untuk menyelesaikan pembangunan benteng

22

0.0

Jawaban terverifikasi