Fajrin Y

24 Januari 2022 08:12

Iklan

Iklan

Fajrin Y

24 Januari 2022 08:12

Pertanyaan

Penggunaan lahan di wilayah Kabupaten Tolitoli mengalami penyimpangan rata-rata sebesar 28,47%. Secara terperinci angka penyimpangan hingga 47,41% untuk kawasan pertanian dan 38,60% untuk kawasan permukiman. Sumber: Evaluasi Pemanfaatan Ruang dan Struktur Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tolitoli oleh Zubair Butudoka Berdasarkan wacana tersebut analisislah masalah yang ada dan upaya menanganinya!


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Ma'Rifati

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

08 Februari 2022 07:09

Jawaban terverifikasi

Halo Fajrin, kakak bantu jawab yaa. Masalah pada soal adalah penyimpangan penggunaan lahan yang dapat diatasi dengan pembuatan peraturan dan sosialisasi terkait pemanfaatan lahan. Berikut adalah penjelasannya. Permasalahan dalam wacana tersebut adalah terjadinya penyimpangan penggunaan lahan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka perlu beberapa upaya untuk menangani masalah tersebut, yaitu sebagai berikut: - Membuat peraturan yang jelas tentang pemanfaatan dan fungsi ruang. - Membuat rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) yang rinci yang menjaga kelestarian lingkungan namun tidak meninggalkan fungsi ruang. - Sosialisasi tentang KB, karena semakin bertambahnya penduduk maka lahan yang digunakan untuk permukiman juga terus bertambah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa masalah pada soal adalah penyimpangan penggunaan lahan yang dapat diatasi dengan pembuatan peraturan dan sosialisasi terkait pemanfaatan lahan. Semoga membantu ya!


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

indonesia merupakan negara yang sangat subur yang mana sektor pertanian sangat berpotensi untuk menjadi pendorong kemajuan nasional, namun saaat ini sektor agrikutur masih mengalami banyak hambatan, jelaskan yang menjadi penghambat perkembangan agrikultur di indonesia

627

0.0

Jawaban terverifikasi