Lia L

27 September 2023 10:17

Iklan

Lia L

27 September 2023 10:17

Pertanyaan

Pengembangan teknologi energi arus laut mengadopsi teknologi energi angin, yaitu mengubah energi kinetik arus laut menjadi energi listrik. Daya yang dihasilkan turbin arus laut lebih besar daripada turbin angin karena massa air laut hampir 800 kali rapat massa udara. Jika Indonesia mampu mengoptimalkan potensi kelautan untuk sektor tersebut, manfaatnya bagi kehidupan penduduk adalah .... a. pengembangan pembangkit listrik lebih mudah karena banyaknya modal b. biaya listrik yang dikeluarkan oleh penduduk mengalami kenaikan c. kebutuhan sumber energi penduduk terpenuhi secara ramah lingkungan d. kegiatan pelayaran makin terbatas karena terbatasnya ruang di wilayah laut e. pemasangan kabel bawah laut makin sulit karena terhambat operasional turbin

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

23

:

22

:

52

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Vincent M

Community

28 September 2023 06:01

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah: c. kebutuhan sumber energi penduduk terpenuhi secara ramah lingkungan Memanfaatkan teknologi energi arus laut untuk menghasilkan energi listrik memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan sumber energi penduduk secara ramah lingkungan. Karena daya yang dihasilkan oleh turbin arus laut lebih besar dibandingkan dengan turbin angin, ini dapat memberikan pasokan listrik yang lebih besar dengan dampak lingkungan yang lebih rendah. Selain itu, sumber energi ini bersifat berkelanjutan karena arus laut terus bergerak, sehingga dapat menjadi solusi yang baik untuk menyediakan energi listrik yang lebih bersih dan berkelanjutan bagi penduduk.


Iklan

Nanda R

Community

27 September 2023 22:32

jawabannya adalah E. Salah satu potensi laut dan samudra yang belum banyak diketahui masyarakat umum adalah potensi energi laut dan samudra untuk menghasilkan listrik. Negara yang melakukan penelitian dan pengembangan potensi energi samudra untuk menghasilkan listrik adalah Inggris, Prancis dan Jepang.Secara umum, potensi energi samudra yang dapat menghasilkan listrik dapat dibagi kedalam 3 jenis potensi energi yaitu energi pasang surut (tidal power), energi gelombang laut (wave energy) dan energi panas laut (ocean thermal energy). Energi pasang surut adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan air laut akibat perbedaan pasang surut. Energi gelombang laut adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan gelombang laut menuju daratan dan sebaliknya.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan