Sasa S

21 Agustus 2023 12:54

Iklan

Iklan

Sasa S

21 Agustus 2023 12:54

Pertanyaan

pengaruh ketingian tempat yang dilihat dari permukaan laut. Sistem bioma merupakan salah satu cara untuk mempelajari persebaran flora yang ada. dua hal tersebut maksudnya apa ya??

pengaruh ketingian tempat yang dilihat dari permukaan laut. Sistem bioma merupakan salah satu cara untuk mempelajari persebaran flora yang ada. dua hal tersebut maksudnya apa ya??


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

21 Agustus 2023 13:06

Jawaban terverifikasi

Pengaruh ketinggian tempat yang dilihat dari permukaan laut merujuk pada perbedaan iklim, suhu, tekanan udara, dan lainnya yang terjadi karena perubahan ketinggian. Semakin tinggi lokasi dari permukaan laut, umumnya suhu akan semakin rendah, tekanan udara akan semakin menurun, dan iklim dapat menjadi lebih dingin dan lembab. Ketinggian juga dapat mempengaruhi sirkulasi udara, pembentukan awan, dan pola cuaca, yang pada gilirannya mempengaruhi distribusi flora dan fauna. Sistem bioma adalah cara untuk mengklasifikasikan dan mempelajari persebaran flora (tumbuhan) yang ada di berbagai wilayah. Bioma merupakan wilayah geografis yang memiliki iklim, tanah, dan vegetasi yang serupa. Klasifikasi ini membantu kita memahami pola distribusi tumbuhan di seluruh dunia dan mengkategorikan mereka berdasarkan karakteristik yang serupa. Jadi, pengaruh ketinggian tempat yang dilihat dari permukaan laut dapat berdampak pada perbedaan iklim dan kondisi lingkungan, yang pada gilirannya mempengaruhi jenis flora yang ada di suatu wilayah. Sistem bioma digunakan sebagai cara untuk mempelajari dan mengorganisir persebaran flora berdasarkan pola ini.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

21 Agustus 2023 13:55

<p>Dua hal yang Anda sebutkan, yaitu "pengaruh ketinggian tempat yang dilihat dari permukaan laut" dan "sistem bioma," berkaitan dengan ilmu biologi dan ekologi dalam konteks studi tentang persebaran flora dan fauna di berbagai lingkungan. Mari kita bahas keduanya lebih lanjut:</p><p><strong>Pengaruh Ketinggian Tempat yang Dilihat dari Permukaan Laut</strong>: Ketinggian tempat yang dilihat dari permukaan laut mempengaruhi iklim, suhu, tekanan atmosfer, dan kelembaban. Semakin tinggi suatu lokasi dari permukaan laut, umumnya suhu akan lebih rendah dan tekanan atmosfer akan lebih rendah. Dengan kenaikan ketinggian, juga sering terjadi perubahan dalam tipe vegetasi dan komunitas biologis karena perubahan kondisi fisik dan iklim. Daerah-daerah dengan ketinggian yang berbeda memiliki karakteristik ekologi yang unik, dan berbagai spesies tumbuhan dan hewan dapat berkembang di ketinggian tertentu yang sesuai dengan adaptasi mereka terhadap kondisi tersebut.</p><p><strong>Sistem Bioma</strong>: Bioma adalah kumpulan ekosistem yang memiliki karakteristik serupa berdasarkan tipe vegetasi dan lingkungannya. Pemahaman tentang bioma membantu ilmuwan memahami persebaran alami flora dan fauna di berbagai bagian dunia. Setiap bioma memiliki tumbuhan dan hewan khas yang telah beradaptasi dengan lingkungan tertentu. Misalnya, hutan hujan tropis memiliki karakteristik berbeda dengan padang rumput atau padang pasir. Bioma dapat terbentuk oleh faktor-faktor seperti iklim, tanah, dan topografi.</p><p>Kaitannya dengan pertanyaan Anda, ketinggian tempat yang dilihat dari permukaan laut adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan berbagai bioma di berbagai ketinggian. Misalnya, pegunungan tinggi cenderung memiliki bioma yang berbeda dari daerah dataran rendah karena perbedaan suhu, tekanan atmosfer, dan komposisi vegetasi yang sesuai dengan setiap ketinggian.</p><p>Jadi, pada intinya, dua hal tersebut berbicara tentang bagaimana faktor lingkungan seperti ketinggian tempat dan sistem bioma mempengaruhi persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Dua hal yang Anda sebutkan, yaitu "pengaruh ketinggian tempat yang dilihat dari permukaan laut" dan "sistem bioma," berkaitan dengan ilmu biologi dan ekologi dalam konteks studi tentang persebaran flora dan fauna di berbagai lingkungan. Mari kita bahas keduanya lebih lanjut:

Pengaruh Ketinggian Tempat yang Dilihat dari Permukaan Laut: Ketinggian tempat yang dilihat dari permukaan laut mempengaruhi iklim, suhu, tekanan atmosfer, dan kelembaban. Semakin tinggi suatu lokasi dari permukaan laut, umumnya suhu akan lebih rendah dan tekanan atmosfer akan lebih rendah. Dengan kenaikan ketinggian, juga sering terjadi perubahan dalam tipe vegetasi dan komunitas biologis karena perubahan kondisi fisik dan iklim. Daerah-daerah dengan ketinggian yang berbeda memiliki karakteristik ekologi yang unik, dan berbagai spesies tumbuhan dan hewan dapat berkembang di ketinggian tertentu yang sesuai dengan adaptasi mereka terhadap kondisi tersebut.

Sistem Bioma: Bioma adalah kumpulan ekosistem yang memiliki karakteristik serupa berdasarkan tipe vegetasi dan lingkungannya. Pemahaman tentang bioma membantu ilmuwan memahami persebaran alami flora dan fauna di berbagai bagian dunia. Setiap bioma memiliki tumbuhan dan hewan khas yang telah beradaptasi dengan lingkungan tertentu. Misalnya, hutan hujan tropis memiliki karakteristik berbeda dengan padang rumput atau padang pasir. Bioma dapat terbentuk oleh faktor-faktor seperti iklim, tanah, dan topografi.

Kaitannya dengan pertanyaan Anda, ketinggian tempat yang dilihat dari permukaan laut adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan berbagai bioma di berbagai ketinggian. Misalnya, pegunungan tinggi cenderung memiliki bioma yang berbeda dari daerah dataran rendah karena perbedaan suhu, tekanan atmosfer, dan komposisi vegetasi yang sesuai dengan setiap ketinggian.

Jadi, pada intinya, dua hal tersebut berbicara tentang bagaimana faktor lingkungan seperti ketinggian tempat dan sistem bioma mempengaruhi persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

indonesia merupakan negara yang sangat subur yang mana sektor pertanian sangat berpotensi untuk menjadi pendorong kemajuan nasional, namun saaat ini sektor agrikutur masih mengalami banyak hambatan, jelaskan yang menjadi penghambat perkembangan agrikultur di indonesia

565

0.0

Jawaban terverifikasi