Missella A

01 April 2020 11:37

Iklan

Iklan

Missella A

01 April 2020 11:37

Pertanyaan

Pengaruh Kebijakan KERJA PAKSA (Masa Belanda) Tahun 1808 - 1811


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. Yulianti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

21 Januari 2022 01:22

Jawaban terverifikasi

Hallo Misella A, Kakak bantu jawab ya. Pengaruh Kebijakan Kerja Paksa tahun 1808-1811 yaitu 1) kebencian mendalam baik dari kalangan penguasa daerah maupun rakyat (2) munculnya tanah-tanah partikelir oleh pengusaha swasta (3) pertentangan/perlawanan rakyat (4) kemiskinan dan penderitaan berkepanjangan dan (5) pencopotan Daendels. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Kebijakan pemerintah Kerajaan Belanda yang dikendalikan Prancis pada masa Gubernur Jenderal Daendels (1808-1811). Untuk mempertahankan Pulau Jawa dari Inggris Daendels mengambil beberapa kebijakan seperti (1) membangun ketentaraan, tangsi/banteng, pabrik, dll. (2) membuat jalan pos dari Anyer sampai Panarukan (3) membangun Pelabuhan Anyer dan Ujung Kulon (4) memberlakukan kerja rodi atau tanam paksa. Daendels juga memberlakukan kebijakan pada kehidupan rakyat : - Pegawai pemerintah menerima gaji tetap dan dilarang melakukan perdagangan - Melarang penyewaan desa - Melaksanakan Contingenten - Menetapkan Verplichte Leverantie - Menerapkan sistem kerja paksa (rodi) - Membangun jalan pos dari Anyer sampai Panarukan - Mewajibkan Prianger Stelsel Kebijakan yang diterapkan Daendels membawa pengaruh pada kehidupan rakyat seperti (1) kebencian mendalam baik dari kalangan penguasa daerah maupun rakyat (2) munculnya tanah-tanah partikelir oleh pengusaha swasta (3) pertentangan/perlawanan rakyat (4) kemiskinan dan penderitaan berkepanjangan dan (5) pencopotan Daendels. Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

Annisa H

01 April 2020 14:04

pengaruh kebijakan kerja paksa yaitu: ●mengangkat daendles sebagai pemimpin pemerintah Belanda dengan tugas utama untuk mempertahankan pulau jawa dari serangan bangsa inggris. Untuk itu daendles membangun: 1.jalan dari Anyer-panarukan 2.membangun pabrik senjata 3.membangun pangkalan angkatan laut 4.memperbanyak prajurit 5.membangun benteng ■dalam membangun jalan dari Anyer-panarukan banyak rakyat indonesia yang meninggal dunia karena tenaganya diperas habis"an. ◆ Kebijalan daendles dalam melakukan proyek itu telah diketahui oleh pemerintah Belanda sehingga ia dipecat pada tgl 11 Agustus 1811 dan digantikan oleh Jan William Jansen. Jansen langsung mendapatkan tugas yg berat yaitu mempertahankan pulau jawa dari serangan inggris, namun ia gagal dan akhirnya Belanda menyerah di daerah Salatiga, Jatim. Dan pada akhirnya kekuasaan di pulau jawa jatuh ke tanggan Inggris.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

istilah Pancasila muncul pada sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945 , sehingga tanggal 1 Juni diperingati sebagi hari...

5

5.0

Jawaban terverifikasi