Mufid A

12 November 2023 11:00

Iklan

Iklan

Mufid A

12 November 2023 11:00

Pertanyaan

pengaruh efek rumah kaca terhadap pemanasan global

pengaruh efek rumah kaca terhadap pemanasan global


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Jayahadi S

12 November 2023 11:06

Jawaban terverifikasi

<p>Efek rumah kaca merujuk pada fenomena di mana gas-gas tertentu di atmosfer bumi menahan sebagian panas dari matahari, mencegahnya terlepas ke luar angkasa dan menjaga suhu di permukaan bumi tetap cukup hangat untuk mendukung kehidupan. Efek ini alami dan penting bagi keberlangsungan hidup di Bumi. Namun, aktivitas manusia, terutama pembakaran bahan bakar fosil dan deforestasi, telah meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca, seperti karbon dioksida (CO<sub>2</sub>), metana (CH<sub>4</sub>), dan nitrous oksida (N<sub>2</sub>O), dalam atmosfer.</p><p>Peningkatan konsentrasi gas rumah kaca menyebabkan pemanasan global, yang merupakan peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. Beberapa dampak efek rumah kaca terhadap pemanasan global meliputi:</p><p><strong>Peningkatan Suhu:</strong></p><ul><li>Kenaikan konsentrasi gas rumah kaca menyebabkan peningkatan suhu rata-rata di seluruh dunia. Ini dapat mengakibatkan perubahan iklim yang signifikan dengan dampak yang luas, seperti perubahan pola cuaca ekstrem, naiknya permukaan laut, dan perubahan iklim regional.</li></ul><p><strong>Perubahan Cuaca dan Pola Iklim:</strong></p><ul><li>Efek rumah kaca dapat menyebabkan perubahan dalam pola cuaca dan iklim. Beberapa daerah dapat mengalami suhu yang lebih ekstrem, kekeringan, banjir, dan badai yang lebih intens.</li></ul><p><strong>Kenaikan Permukaan Laut:</strong></p><ul><li>Pemanasan global menyebabkan pencairan es di kutub dan pegunungan, yang dapat menyebabkan kenaikan permukaan laut. Ini berpotensi mengancam pulau-pulau kecil dan daerah pesisir.</li></ul><p><strong>Perubahan Ekosistem:</strong></p><ul><li>Peningkatan suhu dan perubahan pola hujan dapat mempengaruhi ekosistem, termasuk pergeseran habitat, migrasi spesies, dan kehilangan keanekaragaman hayati.</li></ul><p><strong>Ancaman bagi Kesehatan Manusia:</strong></p><ul><li>Pemanasan global dapat memiliki dampak kesehatan yang serius, termasuk peningkatan risiko penyakit terkait panas, penyebaran penyakit menular, dan dampak psikologis.</li></ul><p>&nbsp;</p>

Efek rumah kaca merujuk pada fenomena di mana gas-gas tertentu di atmosfer bumi menahan sebagian panas dari matahari, mencegahnya terlepas ke luar angkasa dan menjaga suhu di permukaan bumi tetap cukup hangat untuk mendukung kehidupan. Efek ini alami dan penting bagi keberlangsungan hidup di Bumi. Namun, aktivitas manusia, terutama pembakaran bahan bakar fosil dan deforestasi, telah meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca, seperti karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dan nitrous oksida (N2O), dalam atmosfer.

Peningkatan konsentrasi gas rumah kaca menyebabkan pemanasan global, yang merupakan peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. Beberapa dampak efek rumah kaca terhadap pemanasan global meliputi:

Peningkatan Suhu:

  • Kenaikan konsentrasi gas rumah kaca menyebabkan peningkatan suhu rata-rata di seluruh dunia. Ini dapat mengakibatkan perubahan iklim yang signifikan dengan dampak yang luas, seperti perubahan pola cuaca ekstrem, naiknya permukaan laut, dan perubahan iklim regional.

Perubahan Cuaca dan Pola Iklim:

  • Efek rumah kaca dapat menyebabkan perubahan dalam pola cuaca dan iklim. Beberapa daerah dapat mengalami suhu yang lebih ekstrem, kekeringan, banjir, dan badai yang lebih intens.

Kenaikan Permukaan Laut:

  • Pemanasan global menyebabkan pencairan es di kutub dan pegunungan, yang dapat menyebabkan kenaikan permukaan laut. Ini berpotensi mengancam pulau-pulau kecil dan daerah pesisir.

Perubahan Ekosistem:

  • Peningkatan suhu dan perubahan pola hujan dapat mempengaruhi ekosistem, termasuk pergeseran habitat, migrasi spesies, dan kehilangan keanekaragaman hayati.

Ancaman bagi Kesehatan Manusia:

  • Pemanasan global dapat memiliki dampak kesehatan yang serius, termasuk peningkatan risiko penyakit terkait panas, penyebaran penyakit menular, dan dampak psikologis.

 


Iklan

Iklan

Kaylila K

12 November 2023 12:25

Jawaban terverifikasi

<p>Disebut dengan efek rumah kaca karena adanya peningkatan suhu bumi akibat suhu panas yang terjebak di dalam atmosfer bumi. Hal ini menyebabkan meningkatnya suhu di permukaan bumi yang dapat berpotensi terjadinya perubahan iklim yang extreme di bumi yang juga dapat menimbulkan terganggunya hutan dan ekosistem yang lain.</p>

Disebut dengan efek rumah kaca karena adanya peningkatan suhu bumi akibat suhu panas yang terjebak di dalam atmosfer bumi. Hal ini menyebabkan meningkatnya suhu di permukaan bumi yang dapat berpotensi terjadinya perubahan iklim yang extreme di bumi yang juga dapat menimbulkan terganggunya hutan dan ekosistem yang lain.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tuliskan persamaan reaksi yang terjadi bila: C2H5OH + PCl5

307

0.0

Jawaban terverifikasi